SKRIPSI PAI
Implementasi Penanaman Akhlak Dalam Perspektif Islam Dan Psikologi di SMP Muhammadiyah 2 Comal Kabupaten Pemalang
Kata Kunci: Penanaman Akhlak, Islam, Psikologi
Urgensi dari penanaman akhlak yaitu membentuk dan mengembangkan potensi peserta didik agar dapat berfikir secara baik dan dapat berhati-hati dalam berperilaku. Selain itu dengan adanya implementasi penanaman akhlak dapat memperkuat serta memperbaiki peran kesatuan pendidikan, keluarga dan masyarakat agar dapat ikut berpartisipasi dalam mengembangkan potensi yang lebih maju tanpa melupakam etika, moral serta akhlak yang berlaku.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penanaman akhlak dalam perspektif Islam di SMP Muhammadiyah 2 Comal Kabupaten Pemalang ? (2) Bagaimana penanaman akhlak dalam perspektif psikologi di SMP Muhammadiyah 2 Comal Kabupaten Pemalang. (3) Bagaimana kendala dan solusi penanaman akhlak dalam perspektif Islam dan psikologi di SMP Muhammadiyah 2 Comal Kabupaten Pemalang.
Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitalif dengan jenis penelitian lapangan. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah Guru PAI dan Guru BK. Sedangkan sumber data sekundernya adalah buku dan jurnal, serta siswa di SMP Muhammadiyah 2 Comal Kabupaten Pemalang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian dalam implementasi penanaman akhlak perspektif Islam ada empat metode yang diterapkan dalam penanaman akhlak diantaranya yaitu metode pembiasaan, metode keteladanan, motode nasihat dan metode cerita. Sementara itu penanaman akhlak dalam perspektif psikologi ada empat tahapan yang harus ditempuh diantaranya, tahap perhatian, tahap retensi, tahap produksi perilaku, dan motivasi. Dari metode penanaman akhlak perspektif Islam dan psikologi tersebut bertujuan untuk membentuk karakter terpuji, yang akan di implementasikan pada sikap atau akhlak kepada Allah SWT, akhlak terhadap sesama manusia dan akhlak terhadap lingkungan.
DAFTAR PUSTAKA :
Abddun Nata. 2005. Internalisasi Ilmu Agama dan Ilmu Umum. Jakarta: PT. Grafindo
Abdul Khamid dan Beni Ahmad Saebeni. 2012. Ilmu Akhlak. Bandung: CV. Pustaka Setia
Abdul Mujib, Jusuf Mudzakir. 2006. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media
Abdurrahman Muhammad. 2016. Akhlak. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Abuddin Nata. 2012. Akhlak Tasawuf. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ali Abdul Halim Mahmud. 2004. Akhlak Mulia. Jakarta: Gema Insani
Anisah Barokah. “Implementasi Strategi Pembiasaan Akhlak Terpuji Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak di MA Sabiilul Muttaqien Desa Sukaraja Naban Kec. Batanghari Nuban Lampung Timur”. Thesis : PAI : IAIN Metro 2020.
An-Nahlawi Abdurrahman. 1992. Prinsip-Prinsip dan Metode Pendidikan Agama Islam: Dalam Keluarga, di Sekolah, dan Masyarakat. Bandung: CV. Diponegoro.
Cousins Ewert. 2018. Hakikat Keyakinan dan Spiritualitas dalam Dialog Antaragama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Creswell. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajawali Press.
Fauziati Endang dan Gantini Herlina. “Penanaman Karakter Siswa di Sekolah Dasar Melalui Pembiasaan Harian dalam Perspektif Behaviorisme Siswa SD Negeri 3 Bejen Karanganyar”. Surakarta: Jurnal Papeda: Vol 3 No. 2 Juli 2021
Fiqih Fadilah. “Pengaruh Pendidikan Akhlak Terhadap Siswa di Lingkungan Sekolah”. Skripsi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah 2017
Firdaus. “Membentuk Pribadi Berakkhlakul KarimahSecara Psikologi”. Jurnal Al-Dzikra. Vol. 11 No. 1 Januari 2017
Firman Mansir. 2018. Pendekatan Psikologi dalam Kajian pendidikan Islam. Pamulang: Psikis: Jurnal Psikologi Islam. Vol 4 No. 1
Hamzah Ya’qub. 2010. Etika Islam (Pembinaan Akhlakul Karimah). Bandung: CV. Diponegoro.
Hasan Baharun and Rohmatul Ummah, “Strengthening Students’ Character in Akhlak Subject Through Problem Based Learning Model. Tadris :Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, Vol. 3 No. 1. Juni. 2018
Heri Gunawan. 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Heri. 2017. Uang Saku Malah di Pakai Beli Miras. KEBUMEN EKSPRESS. 4 April. Hlm 3
Herlina Gantini dan Endang Fauziati. “Penanaman Karater Siswa di Sekolah Dasar Melalui Pembiasaan Harian dalam Perspektif Behaviorisme Siswa SD Negeri 3 Bejen Karanganyar”. Surakarta: Jurnal Papeda : Vol. 3 No. 2 Juli 2021
Hery Kristanto Vigih. 2018. Metodologi Penelitian Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI). Sleman: CV. Budi Utama.
Isnani Muhammad. 2013. Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter di Madrasah. Jurnal Al-Ta’lim. Jilid I No. 6
Irfan Mudzakir Guru PAI SMP Muhammadiyah 2 Comal Kabupaten Pemalang, Wawancara Pribadi, Pemalang, 10 Juni 2022
Kartini Kartono. 2005. Pengantar Metodoloiogi Research Sosial. Bandung: Penerbit Alumni.
Lexy. J. Moleong. 1999. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.
M. Daud Ali. 2000. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
M. Yatimin. 2007. Studi Akhlak dalam Prespekti Al-Quran. Jakarta: Amzah
Majid Abdul. 2017. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Makassar: Penerbit Aksara Timur
Makin dan Alfionita Nisa. “Peran Guru Bimbingan Konseling dan Guru Akidah Akhlak Dalam Membimbing Akhlak Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2019/2020”. Yogyakarta: Jurnal Bimbingan dan Koseling: Vol. 2 No 2 Juli 2020.
Mansur. 2011. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Matimba D Ahmad. 2004. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Al-Ma’arif
Maya Rehendra. 2017. Pemikira Pendidikan Muhammad Qoth Metode Keteladanan (AL-TARBIYAH BI AL-QUDWAH). Jurnal Pendidikan Islam No. 11.
Moh Miptakhul Ulum. “Relasi Pendidikan Akhlak dan Ilmu Laduni Menurut Imam Al-Gazali”. Tegal: HIKMATUNA : Vol. 2 No. 1 April 2016.
Moh Zuhri. 2003. Ihya Ulumudin Imam Al Ghazali. Semarang: CV. Asy Syifa’.
Moh. Miptakhul Ulum. “Relasi Pendidikan Akhlak dan Ilmu Laduni Menurut Imam al-Gazali”. Tegal : HIKMATUNA : Vol. 2 No. 1 April 2016.
Morissan. 2019. Riset Kualitatif. Jakarta: L. Kencana
Muh Amran. “Strategi Guru BK dalam Membina Akhlak Siswa di SMA N2 Slayar Kabupaten Slayar”. Skripsi Pendidikan Agama Islam. Slayar: Universitas Muhammadiyah Makassar 2020.
Muh Ridwan. Konsep Tarbiyah, Ta’lim dan Ta’dib Dalam Al-Quran, Nuzhruna : Jurnal Pendidikan Islam, Vol 1. No.1. Agutus. 2018.
Muhammad Alim. 2006. Pendidikan Agama Islam: upaya pembentukan pikiran dan kepribadian muslim. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhammad Edward. Viral, Siswa SMP di Kabupaten Maros Laporkan Guru Usai Ditegur Ketahuan Merokok. Tribun Sumsel, 21 Januari 2019
Muhibbin Syah. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Press.
Muri Yusuf. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Gabungan. Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri.
Nasution. 2012. Kurikulum dan Pengajaran, Jakarta: Bumi Aksara.
Nugroho Warasto Hestu. “Pembentukan Akhlak Siswa”. Pamulang: Jurnal Mandiri: Vol. 2 No. 1 Juni 2018
Nurul Ilaina, Guru BK SMP Muhammadiyah 2 Comal Kabupaten Pemalang, Wawancara Pribadi, Pemalang, 11 Juni 2022
Nurul Iman, Guru PAI SMP Muhammadiyah 2 Comal Kabupaten Pemalang, Wawancara Pribadi, Pemalang, 9 Juni 2022
Rahmadi Dedi. 2020. Tawuran di Palmerah Disebabkan Cuma Ingin Viral di Medsos. MERDEKA.COM. 1 September. Hlm. 4
Rahmat Djatmika. 2010. Sistem Etia Islam. Jakarta: Citra Serumpun Padi
Rifkiana Shifa. 2021. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Psikologi Transpersonal Islam. Yogyakarta: Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan dan Agama Islam. Vol 20 No. 2
Rois Mahfud. 2011. Al-Islam: Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Erlangga.
Saifudin Azwar. 2004. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Singgih. 2004. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.
Sugiarti Atik. “Strategi Pembentukan Akhlak Melalui Metode Keteladanan Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA N4 Pasuruan”. Skripsi Pendidikan Agama Islam. Pasuruan: STIT-PGRI Kota Pasuruan.
Sugiyono. 2008. Metode Kuantitatif, Kualitatif dan R dan D. Bandung: CV Alfabeta.
Sukidi. 2002. Rahasia Sukses Hidup Bahagia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Tajiri Hajir, Kusnawan Aep dan Hendiani Mira. “Strategi Kolaborasi Guru BK dengan Guru PAI dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa di MTS Al-Mukhlisin Desa Lengkong Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung”. Bandung: Jurnal Bimbingan Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi: Vol 6 No. 1 Maret 2018.
Tim Penyunting. 2011. Pedoman Penulisan Skripsi Jurusan Tarbiyah PAI. Pekalongan : Perpustakaan STAIN Pekalongan Press.
23SK2321150.00 | SK PAI 23.150 ARI i | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain