SKRIPSI PAI
Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Upaya Pembentukan Karakter Religius Siswa di SMK Negeri 2 Pekalongan
Kata Kunci: internalisasi, nilai-nilai Pancasila, karakter religius.
Saat ini, bangsa Indonesia mengalami degradasi moral yang ditandai dengan krisis karakter religius. Penyebab terjadinya krisis moral dan karakter di kalangan peserta didik di karenakan adanya dikotomi keilmuan, yakni pemisahan antara pendidikan intelektual dengan pendidikan karakter. Kegiatan belajar mengajar hanya fokus pada aspek kognitif dan psikomotorik sehingga mengabaikan aspek afektif yang berkaitan dengan sikap dan karakter siswa.
Adapun rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah mengenai 1) bagaimana internalisasi nilai-nilai Pancasila dalam upaya pembentukan karakter religius siswa di SMK Negeri 2 Pekalongan, kemudian2) mengenai faktor yang mempengaruhi internalisasi nilai-nilai Pancasila dalam upaya pembentukan karakter religius siswa di SMK Negeri 2 Pekalongan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui internalisasi nilai-nilai Pancasila sebagai upaya membentuk karakter religius siswa di SMK Negeri 2 Pekalongan.
Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan atau field research. Penelitian ini menggunakan data primer yaitu observasi dan wawancara kepada narasumber yang bersangkutan dengan penelitian ini.
Hasil penelitian ini adalah, pertama internalisasi nilai-nilai Pancasila dapat dilakukan melalui kurikulum pendidikan, pembelajaran PPKn, pembelajaran PAI, serta melalui budaya yang diterapkan di sekolah. Adapun faktor yang mempengaruhi internalisasi nilai-nilai Pancasila berasal dari faktor internal yaitu motivasi untuk menginternalisasikan nilai-nilai Pancasila yang berasal dari diri sendiri dan faktor eksternal, yaitu faktor yang berasal dari luar antara lain sarana dan prasarana, kondisi pandemi covid-19, program sekolah, dan faktor lingkungan.
DAFTAR PUSTAKA :
Ananda, Adeliya Putri dan Hudaidah. 2021. “Perkembangan Kurikulum Pendidikan Indonesia Dari Masa ke Masa”, Jurnal Pendidikan Sejarah dan Kajian Sejarah, Vol. 3, Nomor 2.
Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Diva Press
Azzet, Akmad Muhaimin. 2011. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Azwardi. 2018. Metode Penelitian: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.
Baiquni, Ahmad Baiquni. 2019. “Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa di SMP Negeri 26 Surabaya” Skripsi Pendidikan Agama Islam.
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Ed. IV. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Depdiknas. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Fatmah, Nirra. 2018. “Pembentukan Karakter dalam Pendidikan” Jurnal Institut Agama Islam Tribakti, Vol. 29, Nomor 2.
Fathurrohman M. 2018. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan: Mengulas dasar-Dasar Pancasila dan Internalisasi serta Pemahaman Kewarganegaraan bagi Masyarakat Indonesia. Yogyakarta: Kalimedia.
Gunawan, Heri. 2017. Pendidikan Karakter, Konsep, dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Hidayat, Muhamad Harun. 2019. “Implementasi Hidden Curriculum Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa-Siswi Di MA Al-Khoiriyyah Semarang Tahun Ajaran 2018/ 2019” Skripsi Pendidikan Agama Islam.
http://kbbi.web.id/internalisasi. Diakses 10 Januari 2022.
Ihsan, Hamdani dan Fuad Ihsan. 2007. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Inswide. 2021. Wawasan Pendidikan Karakter. Pekalongan: NEM.
Irawan, Bambang. “Analisis Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Pembelajaran Pkn di Kelas VIII”, Jurnal Kultur Demokrasi, Vol. 2, Nomor 6.
Kaelan dan Achmad Zubaidi. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi, Yogyakarta: Paradigma.
Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. Desain Induk Pendidikan Karakter Kementerian Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemendiknas.
Kemendiknas. 2010. Pengembangan Karakter dan Budaya Bangsa. Jakarta: Puskur.
Kemendiknas. 2010. Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kurikulum.
Komariah, Marbawi Komariah. 2019. “Pedagogi Kritis Pancasila”, Jurnal Studi Pancasila dan Kurikulum Pendidikan Agama Islam.
Mahbubi, M. 2012. Pendidikan Karakter: Implementasi Aswaja sebagai Nilai Penddikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.
Majid, Abdul dan Dian Andayani. 2017. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muhaimin. 2012. Paradigma Pendidikan Islam (Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mustari, Mohamad. 2014. Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ningsih, Tutik. 2015. Implementasi Pendidikan Karakter. Purwokerto: STAIN Press.
Nurizka, Rian dan Abdul Rahim. 2020. “Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah”, Jurnal Elementary School, Vol. 7, Nomor 1.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017, Penguatan Pendidikan Karakter, Pasal (3)
Purnama, Frea Purnama dan Azwar Ananda. 2020. “Proses Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Terhadap Generasi Muda Karang Taruna Balai Tongah Koto”, Jurnal Pembangunan dan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, Vol. 8, Nomor2.
Purwadi, M. 10 SMK Terbaik di Indonesia Berdasarkan Nilai UTBK, (https://edukasi.sindonews.com/read/441500/212/10-smk-terbaik-di-indonesia-berdasarkan-nilai-utbk-1622358327, Diakses pada 20 Juli 2021, 19:20)
Putri, Lintang Waskita. 2017. “Peran Konselor dalam Mengembangkan Budaya Sekolah Berbasis Karakter”, Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, Vol. 2, Nomor. 5.
Safrizal. 2019. “Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Pada Madrasah Aliyah Negeri Darussalam Kabupaten Aceh Besar” Skripsi Pendidikan Kewarganegaraan.
Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2013. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Samsuri. 2011. Pendidikan Karakter Warga Negara. Yogyakarta: Dindra.
Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode, dan Prosedur. Jakarta: Kencana.
Setyowati, Afifah Dyah Setyowati. 2020. “Implementasi Pendidikan Karakter Religius Dalam Kegiatan Forum Remaja Islam di SMK Negeri 1 Batang”, Skripsi Pendidikan Agama Islam.
Siyoto, Sandu. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Suhayati, Iis Yeti. 2013. “Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Budaya Sekolah dan Kinerja Mengajar Guru”, Jurnal Administrasi Pendidikan, Vol. XVII, Nomor. 1.
Suharto, Toto dan Noer Huda. 2013. Arah Baru Studi Islam Indonesia: Teori dan Metodologi. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Susilo J.R, Sutarjo Adi. 2013. Pembelajaran Nilai-Nilai Karakter. Jakarta: Rajawali Pers.
Syafri, Ulil Amri. Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an. Jakarta: Rajawali Pers.
Tayibnafis, Farida Yusuf. 2008. Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi untuk Program Pendidikan dan Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Thoha, Chabib. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tim Penyusun. 2015. Pedoman Penulisan Skripsi STAIN Pekalongan. Pekalongan, STAIN Press.
Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1989, pasal 4.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, pasal 3.
Yusuf, Mu’allim Akbar. 2014. “Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Melalui Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Sebagai Upaya Membangun Sikap Toleransi Pada Siswa Kelas VIII SMP 7 Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/ 2014” Skripsi Pendidikan Kewarganegaraan.
23SK2321148.00 | SK PAI 23.148 HES i | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain