SKRIPSI PAI
Integrasi Karakter Kedisiplinan Dalam Kegiatan Pembacaan Surat Yasin Sebelum Pembelajaran Pada Siswa Kelas IX di SMP NU Karangdadap Kabupaten Pekalongan
Kata Kunci : Karakter Kedisiplinan, Indikator, Faktor Pendukung dan Penghambat
Karakter peserta didik tidak dapat terbentuk secara tiba-tiba, salah satunya yaitu karakter kedisiplinan. Karakter ini dapat dibentuk melalui berbagai kegiatan (pembiasaan) guna membentuk karakter kedisiplinan tersebut, seperti halnya kegiatan pembacaan surat yasin sebelum pembelajaran yang dilaksanakan di SMP NU Karangdadap Kabupaten Pekalongan.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana integrasi karakter kedisiplinan dalam kegiatan pembacaan surat yasin sebelum pembelajaran pada siswa kelas IX di SMP NU Karangdadap Kabupaten Pekalongan ?, (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat integrasi karakter kedisiplinan dalam kegiatan pembacaan surat yasin sebelum pembelajaran pada siswa kelas IX di SMP NU Karangdadap Kabupaten Pekalongan ?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan integrasi karakter kedisiplinan dalam kegiatan pembacaan surat yasin sebelum pembelajaran pada siswa kelas IX di SMP NU Karangdadap Kabupaten Pekalongan. (2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat integrasi karakter kedisiplinan dalam kegiatan pembacaan surat yasin sebelum pembelajaran pada siswa kelas IX di SMP NU Karangdadap Kabupaten Pekalongan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis menggunakan analisis deskriptif melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter kedisiplinan peserta didik dapat diintegrasikan melalui kegiatan pembacaan surat yasin sebelum pembelajaran. Sebagaimana indikator kedisiplinan dalam kegiatan ini meliputi masuk kelas tepat waktu, tidak meninggalkan kelas saat kegiatan berlangsung, tidak membuat keributan di dalam kelas, tidak berbicara dengan teman ketika pembacaan surat yasin, tidak jalan-jalan di kelas, konsentrasi dan tidak melamun, serta aktif ketika kegiatan pembacaan surat yasin berlangsung. Adapun faktor pendukung dan penghambat karakter kedisiplinan dalam kegiatan pembacaan surat yasin sebelum pembelajaran yaitu berasal dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari dalam diri peserta didik berupa kesadaran diri untuk bersikap disiplin dan mematuhi aturan yang berlaku di sekolah. Kemudian faktor eksternal berasal dari luar diri peserta didik, yang meliputi lingkungan keluarga, sekolah, teman sepergaulan, dan masyarakat.
DAFTAR PUSTAKA :
Ahmadi, Abu. 2015. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Annisa, Fadillah. Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Karakter Disiplin pada Siswa Sekolah Dasar, dalam Jurnal Perspektif Pendidikan dan Keguruan, Vol. X, No. 1, April 2019.
Azzet, Akhmad Muhamimin. 2013. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia : Revitalisasi Pendidikan Karakter terhadap Keberhasilan Belajar dan Kemajuan Bangsa. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Barnawi dan M. Arifin. 2013. Strategi dan Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Yogyakarta: AR-RUZZ Media.
Bitasari, Wahyu. 2018. Implementasi Metode Pembiasaan dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Kelas IV C di Sekolah Dasar Brawijaya Smart School. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim.
Cahyaningrum, Eka Septi, Sudaryanti, dan Nurtanio Agus Purwanto. 2017. Pengembangan Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan dan Keteladanan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Vol. 6 Edisi 2.
Ernita Br Tarigan. Meningkatkan Kedisiplinan Siswa dalam Proses Belajar Mengajar Melalui Layanan Konseling Kelompok pada Siswa Kelas VII-3 SMP Negeri 1 Gebang Tahun 2017-2018. Jurnal Tabularsa PPS UNIMED, Vol. 15, No. 3, Desember 2018.
Hasanah, Umi Qoni’atul. 2019. Pembentukan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab melalui Pembiasaan Program Yasinan Bergilir bagi Siswa di MI Nurul Islam Desa Klurahan Kecamatan Kartoharjo Kabupaten Magetan. Ponorogo: IAIN Ponorogo.
Hasibuan, Wilda Fasim dan Dewi Rahadita. Faktor Penyebab Pelanggaran Disiplin Sekolah pada Siswa Kelas XII di SMA X Batam. Jurnal Cahaya Pendidikan, Vol. 3, No. 2, Desember 2017.
IAIN Pekalongan. 2019. Pedoman Penulisan Skripsi. Pekalongan: FTIK.
Jannah, Nadiyatul. Supriyanto. Strategi Membangun Budaya Disiplin Siswa di Era Pandemi Covid-19, dalam Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, Vol. 09, No. 03, 2021.
Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Manshur, Ahmad. Strategi Pengembangan Kedisiplinan Siswa. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 4, No. 1, Januari-Juni 2019.
Mardikarini, Sasi dan Laila Candra Kartika Putri. Pemantauan Kedisiplinan Siswa Melalui Penetapan Indikator Perilaku Disiplin Siswa Kelas III. Jurnal Ilmiah Kontekstual, Vol. 2, No. 1, Agustus 2020.
Mardliyah, Zazuk. Model Pembelajaran Pembiasaan dalam Membentuk Karakter Islami dan Akhlak Mulia pada Peserta Didik MI NU Tarbiyatul Islam Loram Wetan Jati Kudus Tahun 2021/2022. Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, Vol. 1, No. 1, September 2021.
Mistiningsih, Cindi dan Eni Fariyatu Fahyuni. Manajemen Islamic Culture melalui Pembiasaan Sholat Dhuha Berjamaah dalam meningkatkan Karakter Kedisiplinan Siswa. Jurnal Manajemen dan Ilmu Pendidikan. Vol.2 No. 2, Agustus 2020.
Mustari, Mohamad. 2014. Nilai Karakter : Refleksi untuk Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Muthmainah, Afiati. 2018. Penanaman Kedisiplinan Peserta Didik di MTs Negeri II Surakarta. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Naim, Ngainun. 2012. Character Building (Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu dan Pembentukan Karakter Bangsa. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Putri, Afrida Nesya dan Nastiti Mufidah. Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah terhadap Kedisiplinan Siswa. Jurnal Asanka, Vol. 2, No. 1, Oktober 2020.
Rahman, Aulia dan Murniati Agustian. Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Pengelolaan Kelas di SDN 23 Palmerah Jakarta. Jurnal Perkotaan, Vol. 8, No. 2, Desember 2016.
Raka, Gede Raka, dkk. 2011. Pendidikan Karakter di Sekolah. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Rukajat, Ajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Safinah, Yayu. 2019. Penanaman Nilai-nilai Religius melalui Kegiatan Yasin Tahlil di SMK Al-Kautsar Purwokerto Kabupaten Banyumas. Purwokerto: IAIN Purwokerto.
Sandu, dkk. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Septirahmah, Andini Putrid an Muhammad Rizkha Hilmawan,. Faktor-faktor Internal yang Mempengaruhi Kedisiplinan. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, Vol. 2, No. 2, Juli 2021.
Shoimah, Lailatus, dkk. Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, Vol. 1, No. 2, Juni 2018.
Subianto, Jito. Peran Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat dalam Pembentukan Karakter Berkualitas. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, Vol. 8, No. 2, Agustus 2013.
Yusmarlina, Susi Pirdayani. 2020. Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin dalam Membangun Kedisiplinan Santri di TPQ An-Nur Desa Masaran Kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek. Ponorogo: IAIN Ponorogo.
Zubaedi. 2017. Strategi Taktis Pendidikan Karakter (Untuk PAUD dan Sekolah). Depok: Rajawali Pers.
Zulaika, Siti. 2020. Praktik Pembacaan Surah Yasin pada Masyarakat Desa Candimulyo Madiun Jawa Timur. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
23SK2321146.00 | SK PAI 23.146 NOK i | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain