SKRIPSI PAI
Penanaman Akhlak Melalui Pembelajaran Kitab Taisirul Kholaq di Madrasah Diniyyah Salafiyyah Syafi'iyah Gapuro, Warungasem Kabupaten Batang
Kata kunci:Penanaman akhlak, Pembelajaran kitab taisirul kholaq.
Akhlak merupakan suatu keadaan yang tertanam dalam diri seseorang yang daripadanya dapat memunculkan suatu perbuatan baik maupun buruk. Sedangkan penanaman akhlak merupakan suatu usaha yang dapat dilakukan untuk dapat menanamkan nilai akhlak kepada peserta didik. Penanaman akhlak pada siswa perlu diterapkan sejak dini. Dengan tujuan agar siswa dapat mempunyai akhlak yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Seperti madrasah diniyyah yang dapat menjadi solusi penanaman akhlak pada siswa melalui pembelajaran kitab kuning. Salah satu kitab yang dipelajari siswa di madrasah diniyyah salafiyyah syafi’iyah Gapuro yaitu kitab taisirul kholaq yang menerangkan tentang akhlak.
Adapun rumusan masalah dalam dalam penelitian ini bagaimana penanaman akhlak melalui pembelajaran kitab taisirul kholaq di madrasah diniyyah salafiyyah syafi’iyah Gapuro, Warungasem kabupaten Batang? dan apa saja akhlak yang tertanam pada siswa melalui pembelajaran kitab taisirul kholaq di madrasah diniyyah salafiyyah syafi’iyah Gapuro, Warungasem Batang?. Adapun tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan penanaman akhlak melalui pembelajaran kitab taisirul kholaq di madrasah diniyyah salafiyyah syafi’iyah Gapuro dan untuk mendeskripsikan akhlak yang tertanam pada siswa melalui pembelajaran kitab taisirul kholaq di madrasah diniyyah salafiyyah syafi’iyah Gapuro.
Penelitian ini merupakan field research dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian adalah mudir madrasah, ustadz, dan santri kelas IV madrasah diniyyah salafiyyah syafi’iyah Gapuro. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang di gunakan berupa reduksi data, display data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian ini yaitu penanaman akhlak melalui pembelajaran kitab taisirul kholaqdi madrasah diniyyah syafi’iyah Gapuro, Warungasem Kabupaten Batang terdiri dari tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dapat berjalan dengan lancar. Santri kelas IV memiliki respon positif terhadap penanaman akhlak melalui pembelajaran taisirul kholaq, sehingga akhlak baik dapat tertanam dalam diri santri. Akhlak yang tertanam pada santri melalui pembelajaran kitab taisirul kholaqantara lain akhlak seorang murid meliputi akhlak terhadap dirinya sendiri, akhlak terhadap guru, akhlak terhadap teman sekelas, akhlak dalam pergaulan, dan akhlak persaudaraan.
DAFTAR PUSTAKA :
Afrizal. 2015. Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Al Mas’udi, Hafidh Hasan. 2012. Akhlak Mulia: Terjemah Taisiirul Khallaq. Surabaya: Al-Miftah.
Al Mas’udi, Hafidh Hasan. t.th. Taisirul Khollaq. Semarang: Maktabah Alawiyyah.
Al-Jazairi, Abu Bakar Jabir. 2017.Minhajul Muslim. Solo: Pustaka Arafah.
Amin, Samsul Munir. 2019. Ilmu Akhlak. Jakarta: Amzah.
Ammar, Abu dan Abu Fatiah Al-Adnani. 2016.Mizanul Muslim I. Solo: Cordova Mediatama.
Anggita,Albi dan Johan Setiawan. 2018. Metodologi Penilitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak.
Anwar, Rosihon. 2010. Akhlak Tasawuf. Bandung: Pustaka setia.
Anwar, Saifudin. 1998.Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Aprilian, Rizki Puja. 2021. “Implikasi Kajian Kitab Wasoya Al-Abba’lil Abanaa’ Terhadap Akhlak Santri Kepada Guru di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-Ien Bojong”.Skripsi. Pekalongan: IAIN Pekalongan.
Arikunto, Suharsimi. 2003. Prosedur Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Azizah, Nia Nur. 2019. “Internalisasi Niali Akhlak Melalui Kitab Taisir Al Khallaq Pada Santri Putri Si Pondok Pesantren Sabilurrasyad Gesek Malang”. Skripsi. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Bafadhol, Ibrahim. 2017. “Pendidikan Akhlak Dalam Perspektif Islam. Bogor: Jurnal Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam.
Bahroni, Muhammad Bahroni. 2018. “Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Taisirul Khallaq Karya Syaikh Khafidh Hasan Al-Mas’udi”. Kediri: Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman.
Bungin, Burhan. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Danim, Sudarnam. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.
Firdaus, Aziz. 2012. Metode Penelitian. Tangerang: Jelajah Nusa.
Halimah, Siti. 2019. “Upaya Guru Dalam Pembentukan Akhlak Anak Di Raudlotul Athfal Baipas Roudlotul Jannah Kota Malang”. Malang: Jurnal Dewantara.
Hidayah, Lailatul. 2020. “Konsep Akhlak Murid Terhadap Guru (Studi Komparasi Antara Kitab Adab Al-Alim Wa Al-Muta’alim Dan Kitab Taisirul Al-Khallaq”, Skripsi. Ponorogo: IAIN Ponorogo.
Idhaudin, Abdul Jabar, Akhmad Alim, & Abdul Hayyie Al Kattani. 2019. “Penerapan Model Pendidikan Akhlak Syaikh Utsaimin Di Sdit Al-Hidayah Bogor”. Bogor: Jurnal As-Salam.
Ilyas, Yunahar. 2015. Kuliah Akhlaq. Jakarta: LPPI, Yogyakarta
.
M. Thobroni. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Majid, Abdul Majid. 2014. Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muslim, Shahih Muslim, Bab: Keutamaan, Nomor hadits: 4273.
Nata, Abuddin Nata. 2011. Akhlak Tasawuf . Jakarta: Rajawali Pers.
Ngalimun. 2017. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Parama Ilmu.
Nizah, Nuriyatun. 2016.“Dinamika Madrasah Diniyah: Suatu Tinjauan Historis”.
Setiawan, Eko. 2017. “Konsep Pendidikan Akhlak Anak Perspektif Imam AL-Ghozali”. Malang: Jurnal Kependidikan.
Siddiq, Dja’far. 2006.Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Citapustaka Media.
Subur. 2015. Pembelajaran Nilai Moral Berbasis Kisah. Yogyakarta: Kalimedia.
Sugiono. 2016. “Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Terpuji Melalui Boarding School di SMP Putra Harapan Purwokerto”. Skripsi. Purwokerto: IAIN Purwokerto.
Sukmadinata, Nana Syaodih Metode Penelitian Pendidikan. 2016. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Supriatna, Jajang. “Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Taysirul Khalaq Dalam Menyikapi Bullying di Kalangan Pelajar”.Skripsi. Jakarta: UIN Jakarta.
Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka 2005)
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.
Ulwan, Abdullah. 2007. Pendidikan Anak Dalam Islam, terj. Jamaluddin Miri. Jakarta: Pustaka Amani, 2007.
Untung, Slamet Untung. 2019. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Litera.
Usman, Basyiruddin dan Asnawir. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.
Yaumi, Muhamad Yaumi. 2012. Pembelajaran Berbasis Miltipke Intelligences. Jakarta: Dian Rakyat.
Yusuf, A. Muri. 2017.Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
23SK2321143.00 | SK PAI 23.143 USW p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain