SKRIPSI PAI
Implementasi Pembelajaran Daring Melalui Aplikasi Zoom Meeting Pada Mata Pelajaran PAI Kelas X SMA Negeri 1 Ulujami Kabupaten Pemalang
Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Aplikasi Zoom Meeting, Mata Pelajaran PAI
Media pembelajaran sangatlah banyak macamnya. Dengan demikian dalam pembelajaran daring memerlukan media yang cocok untuk digunakan dalam proses pembelajarannya, sehingga proses pembelajaran daring tetap bisa dilaksanakan dengan baik. Begitupun SMA Negeri 1 Ulujami melaksanakan pembelajaran daring dengan berbagai media yang sudah ditetapkan salah satunya media aplikasi zoom meeting digunakan dalam pembelajaran daring mata pelajaran PAI kelas X SMA Negeri 1 Ulujami.
Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana impelmentasi pembelajaran daring melalui aplikasi zoom meeting pada mata pelajaran PAI kelas X SMA Negeri 1 Ulujami Kabupaten Pemalang? (2) Bagaimana kelebihan dan kekurangan pembelajaran daring melalui aplikasi zoom meeting pada mata pelajaran PAI kelas X SMA Negeri 1 Ulujami Kabupaten Pemalang? Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk Mengetahui impelmentasi pembelajaran daring melalui aplikasi zoom meeting pada mata pelajaran PAI kelas X SMA Negeri 1 Ulujami Kabupaten Pemalang (2) Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan pembelajaran daring melalui aplikasi zoom meeting pada mata pelajaran PAI kelas X SMA Negeri 1 Ulujami Kabupaten Pemalang.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, analisis dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan untuk proses penganalisaan data.
Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan pembelajaran daring melalui aplikasi zoom meeting pada mata pelajaran PAI kelas X SMA Negeri 1 Ulujami Kabupaten Pemalang terdiri dari tiga tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap perencanaan meliputi: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Silabus. Pada tahap pelaksanaan, kegiatan pembelajaran daring berjalan dengan baik dari proses pembelajaran, media yang digunakan, fasilitas dan dukungan dari berbagai pihak. Tahapan terakhir adalah evaluasi, dengan adanya tugas individu. (2) Kelebihan dan kekurangan implementasi pembelajaran daring melalui aplikasi zoom meeting pada mata pelajaran PAI kelas X SMA negeri 1 Ulujami yaitu cukup menarik, aktif, materi mudah dipahami, fitur aplikasi zoom yang mendukung dan kapasitas yang cukup besar. Sinyal, boros kuota, kelas virtual yang cukup sulit dikelola.
DAFTAR PUSTAKA :
Abdul Jabar, Suharsimi Arikunto dan Cepi Safruddin. 2004. Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Praktis bagi Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, Suharismi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Aziz, Abd dan Nana. 2020. “Mobile Learning Sebagai Inovasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran di Sekolah”. Tasikmalaya: Jurnal Of Educational Research and Riview Vol.3 No.1.
Bahri, Syaiful. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Cahyani, Adhetya dkk. 2020. “Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19”. Yogyakarta: Jurnal Pendidikan Islam Vol.3 No.01
Cintiasih, Tiara. 2020. “Implementasi Model Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas III SD PTQ Annida Salatiga Tahun Pelajaran 2020”. Skripsi Sarjana Pendidikan. Salatiga: IAIN Salatiga
Departemen Pendidikan Nasional. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Dokumentasi Sejarah SMA Negeri 1 Ulujami Kab. Pemalang, dikutip pada tanggal 22 September 2021.
Fadillah, M. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs & SMA/MA. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Fitriawati, Junita Monica dan Dini, 2020. Efektifitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online pada Mahasiswa saat Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol IX, No. 2, Juli-Desember
Frimayanti, Ade Imelda. 2017. “Implementasi Pendidikan Nilai dalam Pendidikan Agama Islam”. Lampung: Jurnal Pendidikan Islam Vol.8 No.2.
Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran, Cet. Ke-7. Jakarta: Bumi Aksara.
Harun, Muhamad. 2020. “Evaluasi Kualitas Perangkat Lunak Pada aplikasi zoom Cloud Mettings Untuk Pembelajaran E-Learning”. Jurnal Akbar Juara Vol.5 No.3 Agustus.
Hidayatullah, Syarif dkk. 2020.“Implementasi Model Kesuksesan Sistem Informasi DeLone and McLean terhadap Sistem Pembelajaran Berbasis Aplikasi zoom Di Saat pandemic Covid-19”. Malang: Jurnal teknologi dan Manajemen Informatika Vol.6 No.1.
Irawan, Febri Yanti. 2021. “Analisis Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Sosiologi di SMA Negeri 18 Makassar”. Skripsi Sarjana Pendidikan. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.
Ismawati, Dwi. 2021. “Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Video Zoom Cloud Meeting Pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19”. Yogyakarta: Jurnal Obsesi Vol.5
Kelana, Jajang Bayu dkk. 2021.“Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting di Masa Pandemi Covid-19 Pada Pembelajaran Sains”. Jurnal Elementary Vol.4 No.1, IKIP Siliwangi.
Kristina, Marlin dkk. 2020. “Model Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di Provinsi Lampung”. Jurnal Idaarah Vol. IV No.2, STMIK Pringsewu.
Kurniawan, Rizky Gilang. 2020. Pelaksanaan Pembelajaran Daring di era Covid-19 (Jawa Tengah: Redaksi Lg
Lubis, Masruroh. 2020. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis E-Learning”. Medan: Journal of Islamic Education Vol.1 No.1 Juni
Majid, Abdul. 2006. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Maulidian, Agung Humaedi. TT. “Persepsi Peserta Didik dalam Menggunakan Aplikasi Zoom Cloud Meeting Sebagai Alternatif Pembelajaran Jarak Jauh (Studi Kasus Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Edukasi Jakarta Kebayoran Lama Jakarta Selatan)”. Skripsi Sarjana Pendidikan. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Meilin Jannah. Siswa kelas X SMA Negeri 1 Ulujami. Wawancara Pribadi. Pemalang, 28 September 2021.
Moleong, Lexy J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mustakim, Zaenal. 2017. Strategi dan Metode Pembelajaran. Pekalongan: IAIN Pekalongan Press
Narmaditya, Bagus Shandy dkk. 2021. “Peningkatan Inovasi Pembelajaran Melalui Pengembangan Konten Pembelajaran Daring”. Malang: Jurnal Karinov Vol.4 No.1.
Naserly, Mursyid Kasmir. 2020. “Implementasi Zoom, Google Clasroom, dan Whatsapp Group Dalam Mendukung pembelajaran Daring (Online) Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Lanjut”. Jakarta: Jurnal Aksara Publik Vol.4 No.2 Mei.
Permatasari, Cecillia dkk. 2020. “Peningkatan Hasil Belajar Melalui Media Aplikasi Zoom Meeting Pada Siswa Kelas VI Mojoroto 4 Kediri”. Surabaya: National Conference for Ummah, Vol.1 No.1 Desember
Poham, Albert Efendi. 2020. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jawa Tengah: CV Sarnu Untung
Pratiwi, Anggi Dwi. 2019. Potensi Aplikasi Zoom Clouds Meetings dalam Pembelajaran di Era Digital. Universitas Tanjungpura, Pontianak, 19 Oktober
Putro, Khamim Zarkasih dkk. 2020. “Pola Interaksi Anak dan orangtua Selama kebijakan pembelajaran Di Rumah”. Medan: Journal of Islamic Education, Vol.1 No.1 Juni 2020
Rahman, Abdul. 2012. “Pendidikan Agama Islam dan pendidikan Islam-Tinjauan-Epistimologi dan Isi-Materi”. Samarinda: Jurnal Eksis Vol.8 No.1 Maret.
Ratnawulan, Elis dan Rusdiana. 2015. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia.
Rohmanu, Abid dkk. 2020. “Kesiapan Kompleksitas dan Harapan Pembelajaran Jarak Jauh: Prespektif Mahasiswa IAIN Ponorogo”. Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol.11 No.2
Sadikin, Ali dkk. 2020. “Pembelajaran Daring di tengah Wabah Covid-19”. Jambi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, Vol.6 No.2
Salsabila, Unik Hanifah dkk. 2020. “Peran Teknologi Dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19”. Yogyakarta: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan,Vol.17 No.2 Juli-Desember
Samrin. 2015. “Pendidikan Agama Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional Di Indonesia”. Jurnal Al-Ta’dib Vol.8 No.1 Januari-Juni.
Sarwono, Jonathan. 2006. Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu
Setiawardhani, Ratna Tiharita. 2013.“Pembelajaran Elektronik (E-Learning) Dan Internet Dalam Rangka Mengoptimalkan Kreativitas Belajar Siswa” Jurnal Edunomic Vol.1 No.2.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA
Suhery dkk. 2020. “Sosialisasi Penggunaan aplikasi Zoom Metting dan Google Clasroom Pada Guru Di SDN 17 mata Air Padang Selatan”. Jurnal inovasi Penelitian Vol.1 No.3 Agustus.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Susila Widodo. Kepala SMA Negeri 1 Ulujami. Wawancara Pribadi. Pemalang, 30 September 2021.
Tasihin. Guru PAI SMA Negeri 1 Ulujami. Wawancara Pribadi. Pemalang, 20 September 2021.
Tim Sub Direktorat Pendidikan dan Pengentasan Anak Direktorat Bimbingan Kemasyarakatan dan Pengentasan Anak. 2016. Standar Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan Program Paket A, Program Paket B dan program Paket C, Cet ke-2. Jakarta: Direktorat Jendral Pemasyarakatan.
Uno, Hamzah B. 2017. Perencanaan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.
Widiya Ningsih. Siswa kelas X SMA Negeri 1 Ulujami. Wawancara Pribadi. Pemalang, 28 September 2021.
Widoyoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran Paduan Praktis bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zaenuri, Marlin dkk. 2021. “Peran Guru dalam Perencanaan Pembelajaran Berbasis Aplikasi Zoom Meeting di Sekolah Dasar”. Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 3 No. 4 UIN Sunan Kalijaga.
23SK2321141.00 | SK PAI 23.141 ANA i | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain