SKRIPSI PAI
Pengaruh Efektivitas Pembelajaran Daring Dan Kemandirian Belajar Terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Jurusan PAI Semester 6 IAIN Pekalongan
Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Kemandirian Belajar dan Indeks Prestasi
Pembelajaran daring merupakan salah satu model belajar yang baru diterapkan. Tentunya pihak institusi dan mahasiswa juga membutuhkan adaptasi dalam proses pelaksanaannya. Dalam pelaksanaannya, pembelajaran daring memiliki beberapa kendala, diantaranya : Sulitnya akses jaringan internet, Keterbatasan kapasitas handphone dan mahasiswa merasa sulit belajar secara mandiri dalam memahami materi selama pembelajaran daring. Sikap mandiri dalam belajar juga diperlukan, utamanya dalam proses pembelajaran daring dimana pengajar tidak bisa membimbing mahasiswanya secara langsung. Hal ini membuktikan bahwa masih terjadi beberapa kendala dalam proses pembelajaran daring hingga dapat mempengaruhi hasil belajar berupa indeks prestasi mahasiswa Jurusan PAI semester 6 IAIN Pekalongan
Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana Pengaruh Efektivitas Pembelajaran Daring terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Jurusan PAI Semester 6 IAIN Pekalongan, Bagaimana Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Jurusan PAI Semester 6 IAIN Pekalongan, Bagaimana Pengaruh Efektivitas Pembelajaran Daring dan Kemandirian Belajar terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Jurusan PAI Semester 6 IAIN Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Efektivitas Pembelajaran Daring terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Jurusan PAI Semester 6 IAIN Pekalongan, untuk mengetahui Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Jurusan PAI Semester 6 IAIN Pekalongan dan untuk mengetahui Pengaruh Efektivitas Pembelajaran Daring dan Kemandirian Belajar terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Jurusan PAI Semester 6 IAIN Pekalongan.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan dokumentasi. Adapun teknis analisis yang penulis gunakan adalah analisis regresi linier berganda yang sifatnya kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran daring, efektivitas pembelajaran daring dan kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap indeks prestasi mahasiswa PAI khususnya mahasiswa semester 6 ditunjukkan dengan hasil uji hipotesis dimana Fhitung > Ftabel = 4,139>3,11 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya, ada pengaruh antara efektivitas pembelajaran daring dan kemandirian belajar terhadap indeks prestasi mahasiswa PAI IAIN Pekalongan.
DAFTAR PUSTAKA :
A Partanto Pius, dkk. 2001, Kamus Ilmiah Popular, Surabaya: Arkola.
Abdullah Ahid, “Pengaruh Program Kelas Unggulan terhadap Kesenjangan Prestasi Belajar ISMUBA di SMP Muhammadiyah 3 Depok Tahun ajaran 2015/2016,” Skripsi, (Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2016).
Aditya Jagat Dewantara, 2021, “Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta” Yogyakarta : Jurnal Basicedu No. 1 Vol. 5.
Agus Erwan Purwanto dan Dyah ratih Sulistyastuti, 2011, Metode Penelitian Kuantitatif untuk Administrasi Publik dan Masalah – Masalah Sosial, Yogyakarta: Gava Media.
Aisyah Siti, 2015, Perkembangan Peserta Didik dan Bimbingan Belajar, (Yogyakarta: Deepublish,.
Al-Fatihah Miftaqul, 2016, “Hubungan Antara Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas III SD N Panularan Surakarta” Surakarta: Jurnal At-Tarbawi No. 2, Juli, Vol. 1.
Ali & Asrori. 2002, Psikologi Remaja, Perkembangan Peserta Didik. (Jakarta: Bumi Aksara.
Ali Hasyim Imran, 2012. “Peran Pemahaman Variabel dalam Penelitian Komunikasi Pendekatan Kuantitatif,” Insani, 13.
Andrianto Roman, 2019, Faktor-Faktor yang mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring dalam Revolusi Industri 4.0, Jurnal SAINTEKS.
Arbangi, dkk, 2016, Manajemen Mutu Pendidikan, Jakarta: Kencana.
Bilfaqih dan Nur Qomarrudin, 2015, Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring, Yogyakarta: Deepublish.
Busnawir dan Suherna, 2006. Pengaruh Penilaian Berbasis Portofolio terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Mempertimbangkan Kemandirian Belajar Siswa (Eksperimen pada Siswa SMP Negeri 44 Jaktim, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, No. 60, Tahun ke-12.
D. E. Leidner and S. L. Jarvenpaa, 1993, “The information age confronts education: Case studies on electronic classrooms,” Inf. Syst. Res.
Fauzi Muchamad, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif Sebuah Pengantar, (Semarang: Walisongo Press.
Firman, F., & Rahayu, S. 2020, Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2.
Hidayat, 2008, Ta’lim Al-Lughah Al-arabiyyah, Semarang: Toha Putra.
J.J. GM. Drost, 2006, Sekolah: Mengajar atau Mendidik?, Yogyakarta: Kanisius.
Jamaluddin, dkk. 2020, Pembelajaran daring masa pandemik Covid-19 pada calon guru: hambatan, solusi dan proyeksi. LP2M.
Mashudi Farid, 2015, Pedoman Lengkap Evaluasi & Supervisi Bimbingan Konseling, Yogyakarta: DIVA Press.
Maunah Binti, 2009, Ilmu Pendidikan, Yogyakarta: Teras.
Mu’tadin, 2002, “Kemandirian Sebagai Kebutuhan Psikologi Pada Remaja”, (Jurnal Edukasi Psikologi, Vol. 1, No.2.
Mujiman, 2006, Belajar Mandiri. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Munir, 2009, Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Mustakim Zaenal, 2018, Strategi dan Metode Pembelajaran Edisi Revisi, Pekalongan : IAIN Pekalongan Press
Mustamin St. Hasmiah dan Sri Sulasteri, 2013, “Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar,” Jurnal Matematika dan Pembelajaran (MAPAN).
Permani Mimi Suci, 2020, Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring pada Mata Kuliah Insya’ di STAI Ma’arif Sarolangun. El-Jaudah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab Vol. I No. 2.
Purnamasari Setyarini, 2017, “Penggunaan Multimedia Interaktif terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis serta Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar” Bandung : Jurnal Pendidikan Dasar, No. 2, Juli, Vol. 8.
Purwanto Ngalim, 2014, Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.
Riana Cepy, 2009, Media Pembelajaran, Jakarta : Kementerian Agama RI.
Riyanto, T. 2002, Pembelajaran Sebagai Bimbingan Pribadi. Jakarta: Penerbit Grasindo.
Rusman, 2017, Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Prenadamedia Group.
Salafudin & Nalim, 2014, Statistik Inferensial, Pekalongan: STAIN Pekalongan Press.
Salam Burhanudin, Cara Belajar Yang Sukses di Perguruan Tinggi.
Slamet, 2010, Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sudjana Nana, 2013, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sudjana Nana, 2013, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, (Bandung : Remaja Rosda Karya.
Sugiyono, 1999, Metode Penelitian Bisnis, Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2007, Statistika Untuk Penelitian. Cet. 12, Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono, 2008, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2008, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R &D, Cet. 21, Bandung: Alfabeta.
Suhaenah A. Suparno, 2011, Membangun Kompetensi Belajar, Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Suharismi Arikunto, 1998, Prosedur Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Bina Aksara.
Sumarto Harri Suriadi dkk, 2021, “Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik” Padang : Jurnal Pendidikan No. 1 Vol.3.
Surjono, Herman. Pengantar E-Learning dan Penyiapan Materi Pembelajaran (online), diakses 20 Mei 2020
Sutedjo Budi Dharma Oetomo, 2002, e-Education. Konsep, Teknologi dan Aplikasi Internet Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Syah Muhibbin, 2011, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
SyofianSiregar, 2014, Statistik Parametik Untuk Penelitian Kuantitatif, Cet. 2, Jakarta: BumiAksara.
Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia, Kamus Besar Bahasa Indonesia, hlm. 895.
Tri Damayanti, Setiani MY, Oetojo B, 2007. E-Learning Pada Pendidikan Jarak Jauh: Konsep Yang Mengubah Metode Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh Vol.8, No.2,
Umi Mahmudah, 2020, Metode Statistika Step by Step, Pekalongan : PT. NEM
Vardiansyah Dani, 2008, Filsafat Ilmu Komunikasi : Suatu Pengantar, Jakarta:Indeks
Wahab Muhbib Abdul, 2008, Epistemologi & Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, (Jakarta: UIN Jakarta Press,.
Waruwu Marinus, 2020, Studi Evaluatif Implementasi Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Salatiga : Jurnal Administrasi Pendidikan No. 2, Vol. 27.
Yani Riyani, 2012, “Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Pontianak),” Jurnal Eksos, 1.
Yunika Lestaria Ningsih, 2017, “Peningkatan Hasil Belajar dan Kemandirian Belajar Metode Statistika Melalui Pembelajaran Blended Learning” (Palembang : Al-Jabar Jurnal Pendidikan Matematika No. 2, Vol.8.
Yusuf Al-Uqshari, 2010, Menjadi Pribadi Yang Berpengaruh, Jakarta: Gema Insani Press.
23SK2321140.00 | SK PAI 23.140 KHO p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain