SKRIPSI PAI
Implementasi Strategi Active Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA PGRI 1 Taman Pemalang
Kata Kunci : Pendidikan Agama Islam, Implementasi Strategi Active Learning
Pendidikan adalah hal yang sangat penting bagi setiap individu, baik laki-laki maupun perempuan. Pendidikan bisa diraih dilembaga Pendidikan seperti sekolah pondok pesantren, dan madrasah. Di sekolah sendiri, pendidikan berasal dari pembelajaran di setiap mata pelajaran yang diajarkan, salah satunya pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, tidak hanya sebatas menyampaikan materi saja, melainkan pembelajaran dengan strategi active learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah SMA PGRI 1 Taman Pemalang dan penerapannya terdapat di semua kelas.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana implementasi strategi active learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA PGRI 1 Taman Pemalang. Bagaimana problematika implementasi strategi active learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA PGRI 1 Taman Pemalang. Bagaimana solusi problematika implementasi strategi active learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA PGRI 1 Taman Pemalang. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Implementasi Strategi active learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam, mengetahui problematika yang timbul dan solusi problematika implementasi strategi active learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Diharapkan penelitian ini dapat meningkatkan pembelajaran aktif learning dalam Pembelajaran Agama Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualititatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan : Observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini, diwujudkan dalam ke-lima komponen yang saling mempengaruhi yaitu tujuan pembelajaran, metode, media, guru serta siswa. Strategi active learning yang dikembangkan pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA PGRI 1 Taman Pemalang dengan cara menggunakan model-model pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui pendekatan kontekstual yang meliputi Small Group Discussion, Discovery learning, Self Directed Learning (SDL) dan Collaborative Learning. Dengan pelaksanaan metode ini siswa tidak hanya aktif secara emosional tetapi perasaan, intelektual, penginderaanya serta fisiknya.
Pada praktiknya kegiatan pembelajaran PAI melalui strategi active learning sudah hampir mendekati teori yang ada. Ini dibuktikan dengan persiapan guru dalam proses pembelajaran yang telah melalui tahapan–tahapan tersebut di atas, bahkan kadang guru memvariasikan sendiri pelaksanaannya.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan bahan masukan bagi mahasiswa, tenaga pendidik para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan terutama di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Pekalongan.
DAFTAR PUSTAKA :
Aziz Nuruddin Muhammad, “Model Pembelajaran Afektif Pendidikan Agama Islam Dalam Penanaman Karakter” Ponorogo: Universitas Islam Ponorogo
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI, Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidikan (Jakarta:Depag RI, 2006)
Dhin Nya Cut, “Pembinaan Pendidikan Akhlak” Banda Aceh, Jurnal Pionir Vol.1 No.1, Juli
Khairani Alfian, “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Kelas Akselerasi di Sekolah Dasar Muhammadiyah 10 Banjarmasin”, Tesis, (Banjarmasin: Perpustakaan Program Pascasarjana IAIN Antasari, 2007)
Marzuki, 2015. Pendidikan Karakter Islam. Jakarta: Amzah
Mulyana Rohmat, Mengartikulasikan Pendidikan Nilai (Bandung: Alfabeta, 2004)
Moleong, J Lexy. 2013. Metode Penelitian Kualitatif, edisi revisi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Muri, A. Yusuf. 2014. Metode Penelitian : kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta : Kencana.
Narbuko, Cholid dan H.Abu Achmadi. 2013. Meotodelogi Penelitian Jakarta : PT Bumi Aksara.
Nurmansyah Rohman Gupi, “Penerapan Model Active Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Lempuyangan 1 Yogyakarta” Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Putro, Eko Widoyoko. Teknik Penyususnan Instrumen Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Rina Purnami. “Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas IX D MTsN 1 Hulu Sungai Utara Dimasa Pandemi Covid 19 Melalui Bimbingan Klasikal Secara Online.” Jurnal Pendidikan Hayati 6.3 (2020).
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : Alfabeta.
Suhartono, Suparlan. 2007. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Suryabrata Sumadi. 2013. Metode Penelitian, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Supriadie Didi & Darmawan Deni. (2012). Komunikasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosadakarya. h 9.
Unang Wahidin & Ahmad Syaefuddin. (2018). Media Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 7 No.1
Wina, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara h.126
23SK2321139.00 | SK PAI 23.139 YUS i | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain