SKRIPSI PAI
Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP N 4 Bantarbolang Kabupaten Pemalang
Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Karakter.
Pendidikan berasal dari pembelajaran di setiap mata pelajaran yang diajarkan, salah satunya pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, tidak hanya sebatas menyampaikan materi saja, melainkan pembelajaran lain salah satunya tentang implementasi pendidikan karakter. Salah satu sekolah yang menerapkan tentang implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah SMP N 4 Bantarbolang dan salah satu penerapannya terdapat di kelas 8.
Rumusan masalah penelitian ini, Bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pendidikan karakter dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas 8 di SMP N 4 Bantarbolang? danApa saja faktor pendukung dan penghambat perkembangan karakter peserta didik kelas 8 SMP N 4 Bantarbolang?. Adapun tujuannyauntuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pendidikan karakter dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas 8 di SMP N 4 Bantarbolang danfaktor pendukung dan penghambat perkembangan karakter peserta didik kelas 8 SMP N 4 Bantarbolang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Sumber data penelitian bersasal dari kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, dan peserta didik kelas 8 SMP N 4 Bantarbolang. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu, pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi).
Hasil dari penelitian ini ialah implementasi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pendidikan karakter dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP N 4 Bantarbolang dan faktor pendukung dan penghambat perkembangan karakter peserta didik kelas 8 SMP N 4 Bantarbolang.
DAFTAR PUSTAKA :
A, Doni Koesoema. 2010. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. (Jakarta: Gramedia).
Adhimah, Syifaul. 2020. Peran Orang Tua dalam Menghilangkan Rasa Canggung Anak Usia Dini. Universitas Negeri Surabaya: Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 9, No. 1.
Ali, Muhamad Daud dan Habiba Daud. 1995. Lembaga-lembaga Islam di Indonesia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Anggito, Albi dan Johan Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Kalitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Arifin, Moh. Miftahul. 2016. Strategi Guru Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik. Nganjuk: Jurnal Dinamika Penelitian, Vol. 16, No. 1.
Darajat, Zakiyah dkk. 1992. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Fatoni, Abdurrahman. 2011. Metodologi Penelitian dan Teknik Penyususna Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta.
Gaffar, Mohammad Fakhry.2010. Pendidikan Karakter Berbasis Islam. Jogjakarta: Makalah Workshop Pendidikan Karakter Berbasis Agama.
Gulo. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: Grasindo, cet. 1.
Hasanah, Uswatun. 2016. Model-Model Pendidikan Karakterdi Sekolah. IAIN Raden Intan Lampung: Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 7.
Hermanto, Bambang. 2020.Perekayasaan Sistem Pendidikan Nasional Untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. Surabaya: Jurnal Foundasia, Universitas Airlangga, Vol. 11, No. 2.
Idi, Abdullah dan Toto Suharto. 2006. Revitalisasi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Istikharoh. 2017. Skripsi: Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita di SMPLB Negeri Wiradesa. Pekalongan: IAIN Pekalongan.
Khan, Yahya. 2010. Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri. Yogyakarta: PelangiPublishing.
Kholidin, Agus. 2017. Skripsi: Upaya Penerapan Pendidikan Karakter di SMP Muhammadiyah 4 Metro Utara. Lampung: IAIN Metro.
Kristiawan, Muhammad dkk. 2017. Manajemen Pendidikan,Cet. I. Sleman: Deepublish.
Megawangi, Ratna. 2007. Pendidikan Karakter Solusi Yang Tepat Untuk Membangun Bangsa, Cet. II. Jakarta: Indonesia heritage Foundation.
Miles, Matthew B. dan A. Michael Huberman. 2012. Analisis Data Kualitatif: BukuSumber Tentang Metode-Metode Baru: Penerjemah Tjejep Rohendi Rohidi. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia, 1992.
Muleong, Lexy J. 2013. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mulyasa, E. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Cet Ke-4, Bandung: PT. RemajaRosda Karya.
Muslich, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensial. Jakarta: Bumi Aksara.
Omeri,Nopan. 2015. Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan (SMA Negeri 1 Arga Makmur Bengkulu. Jurnal Manajer Pendidikan, Vol. 9, No. 3.
Poerwadarminta. 1997. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Pratiwi, Nuning Indah. 2017. Penggunaan Media Video Call dalam Teknologi Komunikasi. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, Vol. 1, No. 2.
Rohendi, Edi. 2016. Pendidikan Karakter di sekolah. Jurnal Education Humaniora: Pendidikan Dasar Kampus Cibiru Vol. 3, No. 1.
Sabri, Ahmad. 2005. Strategi Belajar Mengajar, Cet. I. Jakarta: Ciputat Press, 2005.
Samrin, 2015. Pendidikan Agama Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. IAIN Kendari: Jurnal Al-Ta’dib, Vol. 8, No. 1.
Sasiwi, Nur Hidayati Esti. 2016. Pentingnya Penanaman Nilai-Nilai Karakter di Sekolah Dasar Melalui Implementasi Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Setiawan, Agus. 2021. Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19 Berbasis Keluarga. Program Pascasarjana Universitas PGRI Yogyakarta: Jurnal Ilmiah Mandala Education, Vol. 7, No. 1.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Thoha, Chabib dan Abdul Mu’thi. 1998. Proses Belajar Mengajar PBM-PAI di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tohirin, 2012. Metode penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Usman, Husaini dkk. 2006. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Wendari, Weni Nur dkk. 2016. Profil Permasalahan Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Kota Bogor. Bogor: Jurnal Bimbingan Konseling, Vol. 5, No.1.
23SK2321137.00 | SK PAI 23.137 FRI i | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain