SKRIPSI PAI
Upaya Guru Akidah Akhlaq Dalam Membentuk Perilaku Sopan-Santun Peserta Didik Pada Masa Pandemi di MA Negeri Pemalang
Kata kunci: Upaya Guru, perilaku, Faktor Pendukung dan Penghambat
Penelitian ini membahas mengenai analisi upaya guru akidah akhlak dalam membentuk perilaku sopan-santun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru dalam membentuk perilaku sopan-santun, dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam membentuk perilaku sopan-santun peserta didik pada masa pandemi di MA Negeri Pemalang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), sedangkan pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif, adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data menggunakan metode analisis deskriptif.
Upaya guru yang dilakukan, diantaranya: Penanaman agama, kegiatan belajar, bimbingan kelompok atau individu, orang tua, dan hukuman. Adapun faktor pendukung dan penghambat,faktor penghambat yaitu, peserta didik. Sedangkan faktor pendukung diantaranya guru, keluarga, dan masyarakat, Karena ketiga tersebut merupakan peranan yang sangat penting untuk membentuk perilaku sopan-santun peserta didik.
DAFTAR PUSTAKA :
Abdurahman Agus. 2014.Psikologi Sosial Intergrasi Pengetahuan wahyu dan pengetehuan empiric, Cet ll; Jakarta: Rajawali Press
Afrizal. 2015. Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung
Penggunaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Angita Albi dan Johan Setiawan. 2018. Metodologi Penilitian Kualitatif. Jawa
Barat: CV Jejak. Anwar Rosihon. 2010. Akhlak Tasawuf.Bandung: Pustaka setia. Anwar Saifudin. 1998. Metode Penelitian.Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Arikunto Suharsimi. 2003. Prosedur Penelitian Kualitatif.
Jakarta: PT Raja Grafindo.
Asnawir Basyiruddin Usman.2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.
Bafadhol, Ibrahim. 2017. Pendidikan Akhlak Dalam Perspektif: Islam, (Bogor:Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, vol. 06, no. 12.
Bungin, Burhan (Ed.). 2011.Metodologi Penelitian Kualitatif. Cet. Ke-8. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.
Danim Sudarnam. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung.
Daradjat Zaskiah. 2009. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara
Departemen Pendidikan Nasional, 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: Balai Pustaka.Departemen Agama RI, al-Quran dan Terjemahnya kk,
Chabib Thoha. 1999. Metodologi Pengajaran Agama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dra Nur uhbiyati dan Drs. Abu Ahmadi. 2006. Ilmu pendidikan cetakan ke ll.Jakarta: PT Rineka Cipta
Firdaus Aziz. 2012. Metode Penelitian. Tangerang: Jelajah Nusa.
Halimah Siti. 2019. Upaya Guru Dalam Pembentukan Akhlak Anak di Raudlotul Athfal Baipas Roudlotul Jannah Kota Malang (Malang: Jurnal Dewantara,vol.1, no. 1
Hamka. 2015. Memecahkan rahasia kehiduan berdasarkan tuntunan Al- Quran dan as sunnah. Jakarta: PT Republika.
Kementerian Agama RI. 2005. Peraturan Pemerintah RI No. 55 tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan. Jakarta: Direktorat Pendidikan Agama Islam.
Kuswanto Edi. 2014. Peran Guru PAI dalam Pendidikan Akhlak di Sekolah,Jurnal Kajian Pendidikan Islam, Volume 6 Nomor 2.
Langgulung Hasan. 2008. Asas-Asas Pendidikan Islam.Jakarta: Pustaka Al-Husna.
Mz, Syamsul Rizal. 2018. Akhlak Islami Perspektif Ulama Salaf, (Bogor: Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, vol.7, No. 1.
Ngalimun.2017. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Parama Ilmu.
Prasetiya, Benny.2018. Dialektika Pendidikan Akhlak Dalam Pandangan Ibnu.
Maskawaih dan Al-Ghazali, (Probolinggo: Jurnal Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam.
Nata Abuddin. 2011. Akhlak Tasawuf.Jakarta: Rajawali Pers.
Prahara Erwin Yudi. 2009. Materi Pendidikan Agama Islam.Yogyakarta: STAIN Po Press.
Poerdaminta WJS. 2001. Pengantar Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, edisi 3.
Republik Indonesia, Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Setiawan Eko. 2017. Konsep Pendidikan Akhlak Anak Perspektif Imam Al Ghazali, (Malang: Jurnal Kependidikan, vol. 5, no.1.
Soejono AG. 1980. Didaktif Metodik Umum.Bandung: Bina Karya.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sujanto Agus. 1996. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiono. 2016. Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Terpuji Melalui Boarding School
Di Smp Putra Harapan Purwokerto. Skripsi. Purwokerto: IAIN Purwokerto.
Sugiyono. 2008. Metode Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cet. Ke-5. Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono. 2008.Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cet. VI
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan Rd. Bandung: Alfabeta.
Syafruddin dan Basyiruddin Usman. 2002. Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum.Jakarta: Ciputat Press.
Syihab Z.A. 2004. Akidah Ahlus Sunnah.Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Tafsir Ahmad.2014. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam (Bandung: Remaja Rosda karya.
Tandirerung Kristina, Ikhwan Sawaty. 2018. Strategi Pembinaan Akhlak Santri di Pondok Pesantren. (Pare-pare: Jurnal Al-Mauizhah, vol. 1 no. 1.
Maskawaih Ibnu. 1398 H. Tahzib al-Akhlak wa That hir al-Araq, Beirut: Dar al Maktabah
Untung Slamet. 2019. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Litera. Pusat Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Indonesia. Jakarta: Balai. Pustaka.
Usman, Basyiruddin dan Asnawir. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.
Walgito. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Ofset.
Yusuf, A. Muri. 2017. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan.Jakarta: Kencana.
Zuhairini. 1994. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Aksara.
Zulaiha Deni. 2018. Peran Guru Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Di Era Teknologi Digital, Jurnal SeminarNasional Pendidikan.
23SK2321135.00 | SK PAI 23.135 SIS u | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain