SKRIPSI PAI
Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran PAI Berbasis Google Site Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMP Negeri 1 Kajen Kabupaten Pekalongan
Kata Kunci : Minat Belajar, Penggunaan Media Berbasis Google Site
Penelitian ini dilatar belakangi dengan minat belajar siswa yang rendah khusunya pada mata pelajaran pendidikan agama islam (PAI). Hal tersebut dibuktikan ketika pembelajaran banyak siswa yang pasif dan tidak ada ketertarikan atau rasa ingin tahu siswa lebih dalam mengenai materi yang diajarkan. Proses belajar mengajar tidak akan menemui kendala yang begitu berarti apabila minat belajar siswa tinggi. Agar membuat proses pembelajaran lebih menarik guru PAI SMP Negeri 1 Kajen Kabupaten Pekalongan menerapakan media pembelajaran berbasis google site, dengan tujuan untuk memudahkan menyampaikan materi pelajaran kepada siswa, serta memudahkan siswa untuk memahami isi materi yang telah disampaikan atau yang tertera didalam google site.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis pra-eksperimental dengan menggunakan the comparasion design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa SMP Negeri 1 Kajen Kabupaten Pekalongan yang berjumlah 250 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil secara convenience sampling sehingga peneliti mengambil dua kelas sebagai sampling yaitu kelas VII F sebagai kelas kontrol dan VII G sebagai kelas eksperimen yang jumlah setiap kelasnya adalah 32 siswa. Dalam pengumpulan data pada penelitian ini menggunkaan metode dokumentasi dan kuesioner (angket). Kemudian dalam pegelolaan data digunakan analisis data deskriptif dan analisis data inferensial.
Hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif untuk minat belajar siswa pada kelas kontrol dengan skor rata-rata yaitu 66,03 dan skor rata-rata minat belajar siswa pada kelas eksperimen yaitu 90,28. Hasil uji thitung untuk hipotesis diperoleh sebesar -7,860 dan ttabel sebesar 60,45. Karena thitung < ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media pembelajaran PAI berbasis google site efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa SMP Negeri 1 Kajen Kabupaten Pekalongan.
DAFTAR PUSTAKA :
A, Prihayudi Tatang. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web pada Materi Lingkaran bagi siswa kelas VIII. Jurnal MSK Vol. 15 No. 01, 64-74.
Abdullah, Syahid. 2018. Penerapan Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Pribadi yang Islami. Jurnal Pendidikan Vol. 02 No. 01, 80-96.
Ahmadi, Abu. 2017. Psikologi Umum. Jakarta : Rineka Cipta
Alhamid, Thalah, & Budur Anufia. 2019. Resume: Instrumen Pengumpulan Data”, Resume Ekonomi Islam, Sorong: Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri.
Ansori, Muslih, & Sri Iswati. 2017. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Airlangga.
Arsyad, Azhar. 1997. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo.
Aziz, Taufiq Nur. 2019. "Strategi Pembelajaran di Era Digital". The Annual Conferece on Islamic Education and Social Science, Vol. 1 No. 2 , 308-318.
Cahyani, Putri Indah. 2018. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Microsoft Power Point Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Swasta Ar-Rahman Pre Precut Tahun Pelajaran 2017-2018”, Skripsi Sarjana Pendidikan. Medan: UIN Sumatera Utara.
Daulay, Haidar Putra. 2014 Pendidikan Islam dalam System Pendidikan Nasional di Indonesia, Cet I. Jakarta : Kencana.
Djaali. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati, Johni. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan Dan Aplikasinya Pada Pendidikan Anak Usia Dini (Paud). Jakarta : Kencana.
Gulo, W. 2010. Metodologi Penelitian. Jakarta: Gramedia.
Harsanto, Budi. 2017. Inovasi Pembelajaran di Era Digital Menggunakan Google site dan Media Sosial. Sumedang: UNPAD Press.
Hermawan, Hary. 2018. Metode Kuantitatif untuk Riset Bidang Kepariwisataan. Jakarta: Open Science Framework.
Husna, Asmaul, & Budi Suryana. 2017. Metodologi Penelitian dan Statistik. Jakarta Selatan: Tim P2M2.
Julianti, Nila. 2017. Efektivitas Penerapan Metode Enjoyfull Learning Dalam Peningkatan Minat Belajar Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Bolo Kab Bima, Skripsi Sarjana Pendidikan. Makasar: Uin Alauddin.
Karyawati, Euis dan Donni Juni. 2014. Manajemen Kelas (Classroom Management) Guru Profesional Yang Inspiratif, Kreatif, Menyenangkan, Dan Berprestasi. Bandung: Alfabeta.
Khodijah, Nyayu. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Kurniawan, Nyoto. 2010. Website Praktis Dengan Google Site. Jakarta: Pt Elex Media Komputindo.
Larasati, Suci. “Efektivitas Aplikasi Googlr Meet dalam Meningkatakan Minat Belajar Mahasiswa Universitas Abdurrab”, Jurna Ilmu-ilmu Keislaman Vol. 11 No. 1, 19-28.
Mahmudah, Umi. 2020. Metode Statistika. Pekalongan: PT Nasya Expanding Management.
Multiyaningsih, Endang. 2011. Efektivitas Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Press.
Nugroho, Pasca, & Rinaldi Munir. 2011. Pengembangan Aplikasi QR Code Generator dan QR Code Reader dari Data Berbentuk Image. Bandung : Konferensi Nasional Informatika –KNIF.
Nuralan, Siti. (2021). “Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Media Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sma Negeri 1 Tolitoli”, Jurnal Inovasi Penelitian, Vol. I02 No. 07, 1917-1924.
Pekai, Benni. 2016. Konsep dan Analisis Efektivitas Pengelolaan Keuangan Daerah di Era Otonomi. Jakarta: Taushia.
Pratiwi, Inesa T.M., & Rini Intan S M. 2018. “Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa”, Jurnal pendidikan Manajemen perkantoran, Vol. 3 No. 2, 173-181.
Pribadi, Benny. 2017. Media dan Tekonologi dalam Pembelajaran Cet ke-1. Jakrata: KENCANA.
Ristianti, Litia. 2018. “Penerapan Media Video dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SKI di Kelas VII MTs Paradigma Palembang“ Skripsi Sarjana Pendidikan. Palembang: UIN Raden Fatah.
S, Notoatmodjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.
Sadiman, Arief. 2014. Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sahrum, & Salim. 2012. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Citapustaka Media.
Siregar, Sofiyan. 2014. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudaryono. 2013. Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sudjanto, Agus. 2012. Psikologi Umum. Jakarta: Bumi Aksara. Suhana, Cucu. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran . Bandung: Refika Aditama.
Suhana, Cucu. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran . Bandung: Refika Aditama.
Suharsimi, Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2007. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sujianto, Agus Eko. 2009. Aplikasi Statistik dengan SPSS 16,0. Jakarta: Prestasi Pustaka Karya.
Suryanto, Dwi Agus. Analisis Perbandingan antar Blogger dan Google Site. Surakarta: Universitas Muhammadiyah.
Suyono. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Taringan, Irwan Jasa. 2017. Peran Badan Narkotika Nasional. Yogyakarta: Deepublish.
Taufiq, M. 2018. Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Web kepada Guru IPA SMP Kota Mataram. Journal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat Vol. 1, No. 1 , 77-81.
Untung, M Slamet. 2019. Metodologi Penelitain Teori dan Praktik Riset Pendidikan dan Sosial. Yogyakarta: Litera.
Usmadi. 2020. Penguji Prasyarat Analisis. Jurnal Inovasi Pendidikan , 50-62.
Walgito, B. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Andi Offset.
23SK2321133.00 | SK PAI 23.133 TYA e | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain