SKRIPSI PAI
Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kemampuan Pemahaman Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas VIII MTS Dr.HAMKA Gondang Taman Pemalang
Kata Kunci: Pengaruh, Kompetensi Guru, Pemahaman.
Upaya guru mengajar, mendidik, dan membimbing peserta didik merupakan bukan suatu tugas yang mudah. Berdasarkan Undang-Undang Nomor No.14 Tahun 2005 Pasal 28 (1) menyatakan bahwa “Pendidik harus memiliki klasifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidikan, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan pendidikan nasional. Yang dimaksud kompetensi di atas bahwa setiap guru harus memiliki empat kompetensi antaranya kemampuan pedagogik, kemampuan kepribadian, kemampuan professional dan kemampuan sosial”. Dengan demikian guru harus mempunyai integritas kompetensi yang baik untuk tercapainya tujuan pendidikan.
Rumusan masalah berdasarkan latar belakang di atas adalah (1) Bagaimana Kompetensi Guru di MTs Dr. Hamka Gondang Taman Pemalang? (2) Bagaimana Kemampuan Pemahaman Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas VIII MTs Dr. Hamka Gondang Taman Pemalang? (3) Apakah Kompetensi Guru berpengaruh terhadap Kemampuan Pemahaman Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas VIII MTs Dr. Hamka Gondang Taman Pemalang? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besarnya pengaruh kompetensi guru terhadap kemampuan pemahaman siswa di MTs Dr Hamka Gondang Taman Pemalang. Adapun kegunaan penelitian ini memberikan kontribusi terhadap kompetensi guru dalam meningkatka pemahaman siswanya.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data penelitian yang digunakan menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data yang dipakai meggunakan analisis data kuantitaif dengan metode analisis statistik regresi linear sederhana.
Hasil menunjukkan bahwa dalam uji regresi linear sederhana yang dilakukan peneliti antara variable X kompetensi guru dan variable Y kemampuan pemahaman siswa pelajaran fiqih terdapat nilai signifikansi sebesar 0,02 < 0,05 yang berarti H1 diterima dan H0 ditolak. Adapun besarnya pengaruh kompetensi guru terhadap pemahaman siswa dapat diketahui dengan berpedoman pada nilai R Square pada tabel model summary sebesar 0.296 yang mengandung arti besar pengaruh kompetensi guru terhadap pemahaman siswa memiliki pengaruh sebesar 29,6% dan 70,4% dipengaruhi oleh faktor lain.
DAFTAR PUSTAKA :
Abdul Rahman Sholeh. 2006. Pendidikan Agama dan Pembangunan Watak Bangsa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Abdullah, Ahid. 2016. “Pengaruh Program Kelas Unggulan terhadap Kesenjangan Prestasi Belajar ISMUBA di SMP Muhammadiyah 3 Depok Tahun ajaran 2015/2016,”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Anarisa. 2018. “Pengaruh Kompetensi Guru Dan Latar Belakang Pendidikan Terhadap Hasil Belajar Siswa Di MI Bustanul Muta’alimin Menganti Gresik”. Gresik: Jurnal Fikroh No.01 Vol.01.
Azra, Azyurmardi. 2003. Ensilopedi Islam Jilid 2. Jakarta: Icvtiar Baru Van Hoeve.
Azzahra, Aroma Fatimah. 2015. “Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan” Skripsi Tarbiyah. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Darajat, Zakia. 2008. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Darmiyati, Zuchdi. 2012. Strategi Meningkatkan Kemampuan Membaca. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Dimiyati dan Mujiono. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dokumentasi Kurikulum Mata Pelajaran Fiqih Madrasah Tsanawiyah, Mts Dr. Hamka Taman Pemalang.
Dokumentasi Nilai UTS Fiqih Kelas 8 Mts Dr Hamka Godang Taman Pemalang, diambil tanggal 29 Juni 2021
Dudung, Agus. 2010. “Kompetensi Profesional Guru: Studi Meta Analisis Desertasi Pascasarjana UNJ”. Jakarta: Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan No.01 Vol.05.
Elga, Adinda. 2018. “Efektivitas Pengukuran Kompetensi Guru”. Jakarta: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, No.02 Vol.09.
Fauzi, Muchamad. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Sebuah Pengantar. Semarang: Walisongo Press.
Hadi, Amirul dan Haryono. 1998. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Hamalik, Oemar. 2006. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. 2011. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
Hatta, Muhammad. 2017. Empat Kompetensi Untuk Membangun Profesionalisme Guru, Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Imran, Hasyim Ali. 2012. “Peran Pemahaman Variabel dalam Penelitian Komunikasi Pendekatan Kuantitatif,” Insani, Vol.13
Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Latn, Henky dan Selvu Temalagi. 2013. Analisis Muntivariate Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SPSS 20. Bandung: Alfabeta.
Lukaningsih, Zuyina Luk. 2010. Perkembangan Kepribadian. Yogyakarta: Nuha Media.
Mappanganro. 2010. Pemilikan Kompetensi Guru. Makassar: Alauddin Press.
Mattentuang, Andi. 2011. “Pengaruh Kompetensi Sosial Guru Terhadap Peningkatan Proses Pembelajaran di SMA Negeri 11 Makassar” Skripsi Tarbiyah. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Maunah, Binti. 2009. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Teras.
Mulyana. 2010. Rahasia Menjadi Guru Hebat. Jakarta: Grasindo.
Mulyasa. 2009. Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muslichuddin, Muhammad. 2019. “Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas VIII MTs Ma’aruf 06 Seputih Raman Lampung” Skripsi Tarbiyah. Lampung: IAIN Metro.
Mustafa, Zainal. 2013. Mengurai Variabel hingga Instrumental. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Nasution. 2012. Metode Researc. Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2008 Tentang Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah. Jakarta: Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia.
Peraturan Pemerintah No.74 Tahun 2008 tentang Guru dan Dosen 2009. Bandung: Citra Umbara
Priyatno, Duwi. 2013. Seri CD Sofware Olah Data Statistik dengan Program PSPP. Yogyakarta: Mediakom.
Purwanto, Erwan Agus dan Dyah ratih Sulistyastuti. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif untuk Administrasi Publik dan Masalah – masalah Sosial. Yogyakarta: Gava Media.
Rosdiana, Dian. 2018. “Pengaruh Kompetensi Guru Dan Komitmen Mengajar Terhadap Efektivitas Proses Pembelajaran Serta Implikasinya Pada Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ekonomi”. Tasikmalaya: Jurnal Al Izzah No.01 Vol.13.
Sagala, Syaiful. 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan, Bandung: Alpabeta.
Salam, Baharudin. 2011. Pengantar Pedagogik Dasar-dasar Ilmu Mendidik. Jakarta : Rineka Cipta.
Sholeh, Abdul Rahman. 2006. Pendidikan Agama dan Pembangunan Watak Bangsa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Sudirman. 2010. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. 2007. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsaputra, Uhar. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Tindakan. Bandung: Refika Aditama.
Sumanto. 2014. Statistika Terapan. Yogyakarta: CAPS.
Syah, Muhibbin. 2011. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Syamsuddin dan Vismaia S. Damaianti. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Usman, Mohammad. 2002. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
23SK2321129.00 | SK PAI 23.129 KHO p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain