SKRIPSI PAI
Implementasi Metode Syawir Dalam Pembelajaran Kitab Risalatul Mahid di Pondok Pesantren Padepokan Padang Ati Simbang Kulon Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan
Kata Kunci: Metode Syawir, Pembelajaran, Kitab
Metode syawir merupakan suatu metode yang diterapkan di pondok pesantren dimana para santri nantinya akan bersinggungan langsung dengan berbagai permasalahan yang akan dibahas dan mereka dituntut untuk memecahkan masalah dengan berlandaskan beberapa kitab-kitab yang dijadikan pedoman.
Peneliti merumuskan masalah yaitu (1) Bagaimana implementasi metode syawir dalam pembelajaran kitab Risālatul Mahid di Pondok Pesantren Padepokan Padang Ati? (2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan metode syawir dalam pembelajaran kitab Risālatul Mahid di Pondok Pesantren Padepokan Padang Ati? adapun tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui implementasi metode syawir dalam pembelajaran kitab Risālatul Mahid di Pondok Pesantren Padepokan Padang Ati, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan metode syawir dalam pembelajaran kitab Risālatul Mahid di Pondok Pesantren Padepokan Padang Ati.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research). sedangkan sumber datanya adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis data kualitatif model Miles dan Huberman.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: penerapan metode syawir itu terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Adapun faktor pendukung dalam penerapan metode syawir ini yaitu kemampuan kognitif dan kepercayaan diri, kemudian faktor penghambat dalam penerapan metode syawir ini yaitu kurangnya waktu dan lingkungan.
DAFTAR PUSTAKA :
Abdul Aziz, Hudatullah Muhibuddin. 2019. “Metode Diskusi Qiro’ah dalam Pembelajaran Bahasa Arab Terhadap Minat belajar”. Lombok: Jurnal Penelitian Tarbawi. No. 1.
Abdul Muid dan Ahmad Hasan Ashari. 2019. “Implementasi Pembelajaran Metode Syawir Sebagai Upaya Peningkatan Penguasaan Kitab Kuning Di Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustho Mambaus Sholihin
Suci Manyar Gresik”. Gresik: Jurnal Ilmu pengetahuan dan pendidikan islam maziyatul ilmi. No. 4.
Afiefah, Nurul. 2014. “Pembelajaran Dengan Metode Diskusi Kelas”.STAIN Jurai Siwo Metro: Jurnal Tarbiyah No. 1.
Aidah, Siti Nur. 2020. Cara Efektif Penerapan Metode dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: KBM Indonesia.
Ar rasikh. 2018. “Pembelajaran Kitab Kuning pada Pondok Pesantren Khusus Al-halimy Desa Sesela Kabupaten Lombok Barat”. Mataram: Jurnal Penelitian Keislaman. No. 1.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Bachruddin, Astin. 2020. “Implementasi Syawir (Diskusi) Dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Fiqih di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo”. Skripsi Sarjana pendidikan. Ponorogo: IAIN Ponorogo.
Bima Prasetyo, Yulius Aldi. 2017. Sharing Of Knowledge: Hambatan Keterlibatan Mahasiswa Dalam Diskusi. Vol. VII. No. 1.
Bungin, Burhan. 2017. Metodologi Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya, Cet. Ke-9. Jakarta: Kencana.
Damanik, Rabukit. dkk. 2021. Keterampilan Dasar Mengajar Guru. Medan: UMSU Press. 2021.
Faham, Achmad Muchaddam. 2020. Pendidikan Pesantren: Pola Pengasuhan, Pembentukan Karakter, dan perlindungan Anak. Jakarta: Publica Institute.
Hanafi, Halid. dkk. 2019. Ilmu Pendidikan Islam. Sleman: Deepublish.
Haryanto. 2020. Evaluasi Pembelajaran (Konsep dan Manajemen). Yogyakarta: UNY Press.
Ilham dan Sukrin HT. 2020. “Konsep Metode Halaqoh Dalam Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti”. Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah Bima: Jurnal Studi Pemikiran Pendidikan Agama Islam. Vol. 18. No. 2.
Indra Perdana dan Misnawati. 2021. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Guepedia.
Istiqamah. 2014. “Studi Analisi Pemahaman Santriwati Pada Pembelajaran Materi Haid dan Istihadhah di Pondok Pesantren Putri Al-Hikmah Tugurejo tugu Semarang Tahun 2013/2014”. Skripsi Sarjana Pendidikan. Semarang: IAIN Walisongo Semarang.
LBM PPL. 2015. Sumber Rujukan Permasalahan Wanita. Kediri: Lajnah Bahtsul Masail Madrasah Hidayatul Mubtadiin Pondok Pesantren Lirboyo.
Ma’duali, Firman. dkk. 2019. “Implementasi Metode Diskusi Terhadap peningkatan Pembelajaran Kitab-Kitab Salaf”. Jakarta: Jurnal Pendidikan Islam. No. 2.
Mahfudh, Sahal Mahfudh. 2016. Nuansa Fiqih Sosial. Yogyakarta: LKiS Yogyakarta.
Masfiah, Umi. 2010. “Respons Santri Terhadap Kitab Risalah mahid Sebagai Pedoman Haid Santri di Pesantren Manbail Futuh, Jenu, Tuban, Jawa Timur”. Tuban: Jurnal Analisa. No. 02.
Maunah, Binti. 2009. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Yogyakarta: TERAS.
Muasomah, Lia. 2016. “Pelaksanaan Metode Musyawarah Dalam Pembelajaran Kitab Kuning di Kelas 3 Tsanawiyah (Studi Kasus di Pondok Pesantren Hidayatul mubtadiat Lirboyo Kota Kediri). Skripsi Sarjana Pendidikan. Kediri: STAIN Kediri.
Mulyana, Dedy. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Natsir, M. 2020. “Sistem Pembelajaran di Pondok Pesantren Al-Aziziyah Analisis Terhadap Metode Dalam Pendidikan Formal dan Nonformal”. Mataram: Jurnal Penelitian Keislaman. No. 1.
Nurjaman, Asep Rudi. 2020. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Rakhmawati, Rani. 2016. “Syawir Pesantren Sebagai Metode Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Manbaul Hikam Desa Putat, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo- Jawa Timur”.
Surabaya: Jurnal Pendidikan, No 2.
Rosyid, Moh Syaiful. 2020. Pesantren dan Pengelolaannya. Pamekasan: Duta Media Publishing.
Sinar. 2018. Metode Active Learning. Sleman: Deepublish.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Cet. Ke-8. Bandung: Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI).
Sujana, I Wayan Cong. 2019. “Fungsi dan Tujuan Pendiidikan Indonesia”. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar. No. 1.
Syafriyanto, Eka. 2015. “Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berwawasan Rekontruksi Sosial”. Lampung: Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 6.
Thoha, Mohammad. 2018. Kitab Kuning dan Dinamika Studi Islam. Pamekasan, Duta Media Publishing.
Triana, Dewi Agus. 2020. “Implementasi Of Syawir Method in Improving Critical Thingking Pattern of Santri In Islamic Boarding School Fathul Ulum Kwagean”. Kepung: Jurnal Pendidikan islam. No 1.
Untung, Moh Slamet. 2019. Metodologi Penelitian (Teori dan Praktik Riset Pendidikan dan Sosial). Yogyakarta: Litera.
Widiawati, Nani. 2020. Metodologi Penelitian Komunikasi dan Penyiaran Islam, Cet. Ke-1. Tasikmalaya: Edu Publisher.
Yudhi, Dewa Putu. Dkk. 2021. Metode Pembelajaran Guru. Medan: Yayasan Kita Menulis.
23SK2321128.00 | SK PAI 23.128 QOR i | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain