SKRIPSI PAI
Efektivitas Penggunaan Aplikasi Microsoft Teams Dalam Pembelajaran Daring (Online) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMK N 1 Ampelgading Kabupaten Pemalang
Kata Kunci : Efektivitas, Microsoft Teams, Pendidikan Agama Islam
Latar belakang penelitian ini yaitu adanya virus Covid-19 yang mengharuskan pembelajaran dilakukan secara daring untuk memutus rantai penyebaran virus tersebut. Banyak permasalahan yang ditimbulkan dari adanya pembelajaran daring salah satunya yaitu efektivitas penggunaan media pembelajaran daring sehingga dapat mempengaruhi proses dan hasil belajar siswa. Dalam hal ini peneliti melihat efektifitas penggunaan aplikasi Microsoft Teamsdalam pembelajaran daring (Online) pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas XI di SMK N 1 Ampelgading, Kabupaten Pemalang.
Rumusan masalah yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Bagiamana efektifitas penggunaan aplikasi Microsoft Teams dalam pembelajaran daring (Online) pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMK N 1 Ampelgading, Kabupaten Pemalang ?
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah DeskriptifKuantitatif yaitu dengan mendeskripsikan suatu kejadian atau peristiwa dalambentuk angka yang diperkuat dengan analisa dari peneliti dalam membuatkesimpulan. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi, kuisioner efektivitas penggunaan aplikasi Microsoft Teams, dan studi dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini yaitu efektivitas penggunaan aplikasi Microsoft Teams dalam pembelajaran daring (Online) pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas XI di SMK N 1 Ampelgading. Pemanfaatan berbagai fitur yang ada di aplikasi Microsoft teams sangat efektif dan efisien digunakan pada saat pembelajaran daring saat ini. Dengan menggunakan Microsoft Teams antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran juga terlihat. Hal tersebut dapat dilihat dari keaktifan siswa saat melakukan sesi tanya jawab dengan guru maupun dalam menyampaikan gagasan, pikiran, dan pendapat terkait materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru.Dalam penggunaannya pembelajaran daring (Online) dengan menggunakan aplikasi Microsoft Teams pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas XI di SMK N 1 Ampelgading sudah berjalan “efektif” hal tersebut dapat terlihat dari hasil penelitian yang menyatakan bahwa dari nilai rata-rata angket penelitian dengan presentase 52,5 % yang berada di kategori Efektif.
DAFTAR PUSTAKA :
Aini, S. O. 2020. Efektivitas Konsep Pembelajaran Berbasis Web (E-Learning) Dalam Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Pendidikan Agama Islam. Lampung: Skripsi UIN Raden Intan.
Andayani, A. M. 2004. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi (Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Dita Tri Widiyani, F. A. 2021. Indikator Pembelajaran Efektif Dalam Pembelajaran Daring (Dalam Jaringan) Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA N 2 Bondowoso. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember.
Ahmad Habibullah, dkk. 2008. Efektivitas Pokjawas dan Kinerja Pengawas Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. Pena Citasatria.
Firmansyah, M. I. 2019. Pendidikan Agama Islam : Pengertian, Tujuan, Dasar, dan Fungsi. Jurnal Pendidikan Agama Islam - Ta'lim, 17.
Ghalih Wardhana Putra, H. T. 2020. Deskripsi Penggunaan Aplikasi Microsoft Teams Dalam Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Sejarah Indonesia. Journal Of History Education and Culture, 2.
Hariani, S. T. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Google Classroom Di Mts Yapi. Yogyakarta: Skripsi Universitas Islam Indonesia.
Khabidin. 2019. Efektifitas Penerapan Aplikasi Kahoot Dalam Mengkondisikan Kelas Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp N 1 Pagentan Kabupaten Banjarnegara. Yogyakarta: Skripsi Universitas Islam Indonesia.
Mokodenseho, M. d. 2021. Model Pendidikan Islam Progresif. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7.
Mu'ti, Y. A. 2020, Desember. Efektivitas Pembelajaran Online dengan microsoft teams pada pelajaran matematika materi program linear. Edukasia: Jurnal pendidikan dan Pembelajaran, 1.
Nasional, D. P. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.
Oktafia Ika Handarini, S. W. 2020. Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP).
Priyatna, B. H. 2019. Penggunaan Aplikasi Content Manajement System (CMS) untuk Pengembangan Bisnis Berbasis E-Commerce. SYSTEMATICS.
RI, Departemen Pendidikan. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Samsu. 2017. Metode Penelitian: (Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, Serta Research & Development). Jambi: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan.
Suddhono, A. D. 2021. Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Microsoft Office Team 365 Untuk SMA Di Masa Pandemi. LINGUA 18.
Sudjiono, A. 2006. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta.
Syam, F. A. 2019. Pengaruh Penggunaan Aplikasi Edmodo Terhadap Efektivitas Pembelajaran Mahasiswa Pendidikan Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi.
Tri Hanung Widiyarso, S. 2021. Efektivitas Penggunaan Microsoft Teams Dalam Pembelajaran E-Learning Bagi Guru Selama Pandemi Covid-19. Dikdatis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 21.
Yulianingsih, B. 2021. Penggunaan microsoft teams for education untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui model PBL. Saintifika: Jurusan PMIPA.
23SK2321123.00 | SK PAI 23.123 ALF e | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain