SKRIPSI PAI
Pola Asuh Orang Tua Nelayan Dalam Pembentukan Karakter Anak di Dusun Pecolotan Sugihwaras Kabupaten Pemalang
Kata Kunci : Pola Asuh Orang Tua, Nelayan, Pembentukan Karakter Anak
Begitu berat tanggung jawab seorang ibu dalam mengasuh anak pada keluarga nelayan, selain itu perilaku anak nelayan yang cenderung kasar atau kurang sopan membuat peneliti tertarik untuk menelitinya. Metode yang digunakan adalah kualitatif, yang digunakan untuk mendeskripsikan kebudayaan dan bertujuan pembentukan karakter anak untuk memahami suatu pandangan hidup dari sudut pandang penduduk Dusun Pecolotan Sugihwaras.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1)Bagaimana Pola Asuh Orang Tua Nelayan dalam Pembentukan Karakter anak Dusun Pecolotan Sugihwaras Pemalang? 2) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pembinaan Pembentukan Karakter anak Dusun Pecolotan Sugihwaras Pemalang?
Penelitian ini mengunakan penelitian kualitatif, yaitu teknik pengumpulan datanya yang berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Proses analisi data seperti pengumpulan data, reduksi data, penarikan data dan penarikan simpulan.
Hasil penelitian ini, bahwa Pola Asuh Orang Tua Nelayan dalam Pembentukan Karakter anak Dusun Pecolotan Sugihwaras Pemalang adalah ayah dan peran ibu yang mana memiliki tugas masing-masing dalam pembentukan anak, peran ayah sebagai pemimpin keluarga, peran ibu sebagai pengasuh dan pendidik anak, peran ibu sebagai pelindung keluarga. Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pola asuh orang tua nelayan dusun Pecolotan Sugihwras Pemalang adalah Pendidikan orang tua, lingkungan sosial, dan teman sebaya.
Daftar Pustaka :
Ardy Wiyani Novan. 2015. Bina Karakter Anak Usia Dini: Panduan Orangtua & Guru dalam Membentuk Kemandirian & Kedisiplinan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Arifin Zainal. 2011. Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rsodakarya.
Arikunto Suharsimi. 2003. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Renika Cipta.
Azwar Saefudin. 1999. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Putaka Pelajar.
Banati Saadah Nur. 2013. “Implementasi pola asuh bagi kepribadian anak dalam keluarga guru ( studi kasus di desa karangjati kec. Wiradesa Kab. Pekalongan”). Skripsi sarjana pendidikan agama islam.
Pekalongan: STAIN Pekalongan.
Danim Sudarwan. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.
Djunaidi Ghony M. & Fauzan Almanshur. 2012. Metode Penelitian Kualitatif, cetakan ke. 1. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Faisal Sanapiah. 2010. Format-Forrmat Penelitian Sosial. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Fatimah Listriana. 2012. Hubungan Pola Asuh dengan Pembentukan Anak di RA Darussalam Desa Sumber Mulyo, Jogoroto, Jombang, D-III Kebidanan FIK UNIPDU Jombang. Jombang: FIK UNIPDU
Fitriani. 2018. Pola Asuh Orang Tua dalam Membangun Karakter Anak Di Lingkungan Masyarakat Awang-Awang Kab.Pinrang Skripsi Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar. Makassar: UNM
Helmawati. 2016. Pendidikan Keluarga. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Nelayan, dikutipkan,pukul 10:48
Islamiyah Da’watul. 2012. Hubungan Antara Persepsi Pola Asuh orangtua, Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa SMP Negeri 1 Gamping Sleman. Tesis. Universitas Sunan Kalijaga. Yogyakarta
Lexy J. Moleong. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ma‟mur Asmani Jamal. 2011. Buku Panduan Internasional Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: DIVA press.
Malik Hartono. 2017. Pengembangan Sumber Daya Keluarga. Jakarta: PT.BPK Gunung Mulia
Mamang Sangadji Etta dan Sopiah. 2010. Metodologi Penelitian: Pendekatan Praktis dalam Penelitin. Yogyakarta: Andi Offset. Mega Mustika Ningrum Wahyu. 2014. Skripsi : “ Peran Kegiatan Parenting dalam Pola Asuh Orang Tua di PAUD Cinta Kasih Amelia di Desa Wunut, Kecamatan Ngombol, Kabupaten Purworejo “ Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan, Purworejo: UNNES Semarang
Muhaimin Akhmad. 2011. Urgensi Pendidikan karakter diIndonesia.Jogjakarta: Ar- Ruzz Media
Pramono Djoko. 2005. Budaya Bahar. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Rahmawati Asri. 2018. Penguatan Pendidikan Karakter : Jujur. Jakarta : Lentera Abadi.
Septifani Riski. 2015. Peran Ibu dalam Pembentukan Kemandirian Anak Keluarga Nelayan, Skripsi (online). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta
Shofiyudin. 2010. Pedoman Pendidikan Akhlak Mulia. Jakarta : Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementrian Pendidikan Nasional
Singgih Gunarsa D. 1997. Dasar dan Teori Perkembangan Anak. Jakarta: Gunung Mulia
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunarty Kustiah. 2015. POLA ASUH ORANG TUA dan KEMANDIRIAN ANAK. Makassar: Edukasi Mitra Grafika.
Syarbini Amirulloh. 2014. Model Pendidikan Karakter Dalam Keluarga. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Tafsir Ahmad. 1994. Ilmu Pendidikan dalam perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya,
Wibowo Agus. 2012. Pendidikan Karakter Usia Dini (Strategi Membangun Karakter di Usia Emas). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Yusuf Syamsul, LN, 2002. Psikologi Anak dan Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
23SK2321122.00 | SK PAI 23.122 AHM p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain