SKRIPSI PGMI
Upaya Guru dalam Menumbuhkan Minat dan Bakat Siswa Pada Pembelajaran Penjasorkes Kelas V di MI Al Huda Babalan Kidul Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan
Permasalahan di bidang olahraga masih sering terjadi di sekolah dasar seperti di MI Al-Huda ini khususnya kelas V, permasalahan nya yaitu kurangnya minat dan bakat siswa dalam pembelajaran penjasorkes, guru berinisiatif mengadakan upaya menumbuhkan minat dan bakat siswa kelas V pada pembelajaran penjasorkes, kegiatan pembelajaran merupakan wadah yang sangat baik dalam menumbuhkan kemampuan olahraga, serta membantu siswa dalam menuntaskan kompetensi mereka melalui mata pelajaran olahraga. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana kondisi minat dan bakat siswa pada pembelajaran penjasorkes kelas V? 2) Bagaimana upaya guru dalam menumbuhkan minat dan bakat siswa pada pembelajaran penjasorkes kelas V? 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam menumbuhkan minat dan bakat siswa pada pembelajaran penjasorkes kelas V? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi minat dan bakat siswa pada pembelajaran penjasorkes kelas V, untuk mendeskripsikan upaya guru dalam menumbuhkan minat dan bakat siswa pada pembelajaran penjasorkes kelas V dan untuk mendeskripsikan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam menumbuhkan minat dan bakat siswa pada pembelajaran penjasorkes kelas V. Analisis kondisi minat dan bakat siswa pada pembelajaran penjasorkes kelas V di MI Al-Huda Babalan Kidul Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan, analisis upaya guru dalam menumbuhkan minat dan bakat siswa pada pembelajaran penjasorkes kelas V di MI Al-Huda Babalan Kidul Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan, analisis faktor pendukung dan penghambat dalam menumbuhkan minat dan bakat siswa pada pembelajaran Penjasorkes kelas V di MI Al-Huda Babalan Kidul Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan Penelitian ini merupkan penelitian kualitatif, dengan objek penelitian adalah siswa MI Al-Huda Babalan Kidul dengan sumber primer penelitian yaitu Guru Penjasorkes dan siswa kelas V. Proses pengumpulan data dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kondisi sebelum diadakan menumbuhkan minat dan bakat siswa kelas V masih belum terlihat. upaya guru dalam menumbuhkan minat dan bakat siswa kelas V pada pembelajaran penjasorkes yaitu menumbuhkan rasa percaya diri, memberi arahan, dan motivasi sudah berjalan dengan baik terbukti dari perubahan yang dialami oleh siswa kelas V dari yang sebelumnya mereka tidak mengetahui minat dan bakat apa yang mereka xiii miliki setelah adanya upaya menumbuhkan ini mereka dapat mengetaui minat dan bakat apa yang ada didalam diri mereka. Sedangkan faktor pendukung untuk upaya menumbuhkan minat bakat ini yaitu faktor internal seperti faktor keturunan, faktor kepribadian dan untuk eksternal seperti faktor lingkungan sekolah, sosial, keluarga. Faktor penghambat untuk upaya menumbuhkan minat bakat ini yaitu faktor internal seperti pergaulan, dan untuk faktor eksternal seperti kurangnya sarana dan prasarana, orang tua tidak mendukung.
23SK2323074.00 | SK PGMI 23.074 MUH u | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain