SKRIPSI PGMI
Peran Guru Kelas dalam Menumbuhkan Rasa Nasionalisme Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran PPKN di MI Walisongo Kebonrowopucang Karangdadap Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2021/2022
Peranan seorang guru bukanlah sekedar upaya untuk memindahkan pemikiran tentang bagaimana menjadi warga negara yang baik kepada siswa tetapi juga memberikan pengetahuan, motivasi, menanamkan pola berfikir dan membina sikap serta perilaku yang berbudi pekerti yang baik misalnya mentaati tata tertib baik di sekolah, keluarga maupun di lingkungan masyarakat, hidup rukun dalam perbedaan, disiplin dan menghormati guru. Peran guru membentuk sikap dan kepribadian siswa agar menjadi manusia yang cakap dan bersusila, berguna bagi agama, bangsa dan negara. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana peran guru kelas sebagai Edukator dalam menumbuhkan rasa nasionalisme siswa kelas IV pada mata pelajaran PPKn di MI Walisongo Kebonrowopucang Karangdadap Kabupaten Pekalongan ?, Bagaimana peran guru kelas sebagai Manager dalam menumbuhkan rasa nasionalisme siswa kelas IV pada mata pelajaran PPKn di MI Walisongo Kebonrowopucang Karangdadap Kabupaten Pekalongan ? dan Bagaimana peran guru kelas sebagai Evaluator dalam menumbuhkan rasa nasionalisme siswa kelas IV pada mata pelajaran PPKn di MI Walisongo Kebonrowopucang Karangdadap Kabupaten Pekalongan ? Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Sumber data primer dari penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas IV dan peserta didik. Sumber data sekunder adalah dokumen-dokumen MI Walisongo Kebonrowopucang Pekalongan. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif Miles and Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru kelas sebagai edukator yaitu guru harus menjadi contoh dan suri tauladan yang baik bagi siswa, dalam menumbuhkan rasa nasionalisme terhadap diri siswa diperlukan kerjasama yang baik antara guru, siswa dan orang tua. Peran guru kelas sebagai manager yaitu seorang guru harus bisa menyiapkan, melaksanakan serta mengevaluasi proses pembelajaran dan menggunakan cara pembiasaan pada siswa agar rasa nasionalisme dapat terlaksana dengan baik. Peran guru kelas sebagai evaluator yaitu dapat di ukur melalui penilaian yang terdiri dari 3 aspek, yaitu penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan. Sikap aspek dinilai dari observasi penilaian diri sendiri dan penilaian teman sebaya sedangkan penilaian pengetahuan di nilai dari tes tulis, pilihan ganda dan essay. Terakhir penilaian keterampilan dilihat dari karya siswa di hari besar nasional.
23SK2323073.00 | SK PGMI 23.073 VIN p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain