SKRIPSI PGMI
Upaya Guru dalam Menumbuhkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas V di MI Darul Ulum Kauman Batang
MI Darul Ulum Kauman Batang adalah salah satu Madrasah Ibtidaiyah yang terletak di tengah kota Batang. Madrasah ini berdiri di bawah naungan Kementrian Agama, yang mana Madrasah ini setara dengan sekolah dasar lainnya yang mengajarkan ilmu agama Islam dan pembelajaran umum. Guru kelas V MI Darul Ulum Kauman Batang mengharapkan siswa memliki kemandirian belajar. Namun ada beberapa siswa yang belum memenuhi kriteria dalam penerapan pembelajaran mandiri. Penerapan pembelajaran mandiri yang diharapkan guru siswa memiliki kepercayaan diri, adanya inisiatif dalam belajar, dan tidak takut dalam mengungkapkan pendapat. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kondisi kemandirian belajar siswa di MI Darul Ulum Kauman Batang?. (2) Bagaimana upaya guru untuk menumbuhkan kemandirian belajar siswa di MI Darul Ulum Kauman Batang?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan kondisi kemandirian belajar siswa di MI Darul Ulum Kauman Batang. (2) Untuk mendeskripsikan upaya guru dalam menumbuhkan kemandirian belajar siswa di MI Darul Ulum Kauman Batang. Dalam pembahasan kali ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian pengumpulan data menggunakan metode wawancara sebagai acuan pokok untuk mendapatkan suatu keputusan yang objektif. Selain itu, dibantu dengan metode dokumentasi dan observasi sebagai penunjang guna melengkapi data yang telah peneliti dapatkan, serta menggunakan teknik analisis data kualitatif melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang ditemukan kondisi kemandirian siswa menunjukkan bahwa siswa telah terlihat memiliki sikap percaya diri, namun belum bisa dikatakan seluruh siswa mempunyai kepercayaan diri, siswa memiliki kemampuan mampu bekerja sendiri tidak terlepas dari dorongan dan bimbingan guru, tetapi siswa belum memiliki sikap menghargai waktu. Dari kondisi tersebut guru kelas VA di MI Darul Ulum Kauman Batang melakukan upaya dalam menumbuhkan kemandirian belajar siswa melalui perannya dengan cara mendemostrasikan pembelajaran, mengelola kelas, memfasilitasi dan menyediakan media pembelajaran, dan mengevaluasi pembelajaran.
23SK2323070.00 | SK PGMI 23.070 OLG u | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain