SKRIPSI PGMI
Implementasi Metode CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas 1 minu Baros Pekalongan
Metode pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) ini dianggap bisa menangani siswa yang kurang aktif dan kebiasaan berbicara sendiri dari awal pembelajaran sampai akhir pembelajaran. Selain itu siswa kelas I adalah tingkatan yang paling rendah di tingkat SD/MI dan masih tergolong pada anak usia dini sehingga mereka masih terbawa dengan kebiasaannya yaitu bermain. Hal tersebut membuat keadaan kelas menjadi ramai dan tidak kondusif. Metode pembelajaran CIRC sudah menjadi alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut. Guru MI menerapkan metode CIRC karena sangat cocok dengan materi yang berhubungan dengan membaca dan menulis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana implementasi metode Cooperative Integrated And Composition (CIRC) pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas I MINU Baros Pekalongan ? 2) Apa faktor pendukung dan penghambat implementasi metode Cooperative Integrated And Composition (CIRC) pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas I MINU Baros Pekalongan? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis menggunakan teknik analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Guru mengajarkan para siswa membaca dan menulis dengan sabar dan tekun pada pembelajaran di kelas 1 MINU Baros. Tujuan dari penggunaan metode CIRC supaya para siswa lebih aktif dalam pembelajaran, siswa bisa saling membantu dalam pembelajaran bersama yang dilakukan berkelompok. Kedua, faktor pendukung metode CIRC yaitu siswa akan saling membantu dalam belajar. Siswa termotivasi dari Pelaksanaan metode CIRC pada mata pelajaran b.Indonesia. siswa mempunyai hak untuk menerangkan apa yang ia dapatkan dalam hasil pembahasan bersama di dalam kelompok. faktor penghambat dalam menjalankan metode CIRC yaitu : Kecenderungan siswa pintar yang lebih aktif dalam menyampaikan gagasan dalam pembelajaran dan Siswa yang lain akan cenderung pasif dalam kelompoknya. Metode CIRC membutuhkan waktu yang tidak sedikit dalam Pelaksanaannya, maka harus dengan adanya perencanaan.
23SK2323069.00 | SK PGMI 23.069 ARI i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain