SKRIPSI PGMI
Peran Guru Tersertifikasin dalam Meningkatklan Kualitas Pembelajaran Siswa di MI Muhammadiyah Donowangun 01 Kecamatan Talun Kabupaten Pekalongan
Sertifikasi guru adalah lengkah strategi dalam meningkatkan kualitas mutu pendidikan di Indonesia. Dalam meningkatkan kualitas pembelajaran tidak luput dari peran seorang guru. Peran guru sertifikasi harus mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran secara maksimal. Namun, masih terdapat guru sertifikasi yang masih menggunakan satu metode dalam proses pembelajaran yaitu metode ceramah, sehingga dalam kegiatan pembelajaran siswa kurang bersemangat. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk mengetahui dan memperdalam peran guru tersertifikasi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa di MI Muhammadiyah Donowangun 01 Kecamatan Talun Kabupaten Pekalongan. Berdasarkan latar belakang diatas, maka peneliti akan memaparkan bebrapa masalah yaitu 1) Bagaimana kondisi dan kualitas pembelajaran siswa di MI Muhammadiyah Donowangun 01? 2) Bagaimana peran guru tersertifikasi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa di MI Muhammadiyah Donowangun 01 Kecamatan Talun Kabupaten Pekalongan? 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat guru tersertifikasi dalam meningkatkan kualitas pembelaljaran siswa di MI Muhammadiyah Donowangun 01? Adapaun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peran guru tersertifikasi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian adalah Kepala Sekolah dan 3 guru kelas tersertifikasi. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian membuktikan bahwa: 1) Kondisi dan kualitas pembelajaran siswa berjalan dengan baik dimana guru tersertifikasi berperan aktif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa. 2) Peran guru tersertifikasi sudah berjalan dengan baik dimana guru berperan sebagai pendidik, guru sebagai pengajar dan guru sebagai sumber belajar. 3) Faktor pendukung guru tersertifikasi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa adalah kesehatan jasmani seorang guru, motivasi dan kerja keras. Faktor penghambat guru tersertifikasi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa adalah sarana dan prasarana yang kurang memadahi dan alat pembelajaran yang kurang lengkap.
23SK2323068.00 | SK PGMI 23.068 AGU p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain