SKRIPSI PGMI
Implementasi Program TPQ dalam Mengatasai Kesulitan Baca Tulis Al Qur'an Siswa Kelas III di SDI Al Bayan Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan
Membaca Al-Qur’an itu suatu yang harus bagi setiap siswa sehingga harus bisa memperhatikan cara pembacaannya. Belajar Al-Qur'an dapat dipelajari atau diperoleh melalui pendidikan atau lembaga pendidikan. Kemampuan membaca Al-Qur’an berawal dari Pendidikan non formal seperti TPQ. Hal ini yang melatarbelakangi adanya Implementasi Program TPQ dalam mengatasi kesulitan baca Tulis Al-Qur’an Siswa Kelas III di SDI Al-Bayan Kecamatan Wiradesa. Dengan adanya TPQ menjadikan siswa di SDI Al-Bayan mampu menguasai baca tulis Al-Qur’an dengan baik dan benar. Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut: (1) Bagaimana Implementasi program TPQ dalam mengatasi kesulitan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas III di SDI Al-Bayan Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan, (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi program TPQ dalam mengatasi kesulitan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas III di SDI Al-Bayan Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Adapun tujuannya yaitu :(1) untuk mendeskripsikan implementasi program TPQ dalam mengatasi kesulitan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas III di SDI Al-Bayan Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan, (2) untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi programTPQ dalam mengatasi kesulitan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas III di SDI Al-Bayan Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan, sedangkan pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi dan metode analisis data. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini untuk Implementasi Program TPQ Dalam Mengatasi Kesulitan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa Kelas III di SDI Al-Bayan dilakukan melalui tiga tahapan yaitu perencanaan TPQ dengan guru mempersiapkan materi pembelajaran yang akan di sampaikan kepada siswa secara mandiri, pelaksanaan TPQ dengan tiga tahap yaitu pendahulua, kegiatan inti dan penutupan, dan evaluasi TPQ dengan cara tes dan non tes. Faktor Pendukung Implementasi Program TPQ Dalam Mengatasi Kesulitan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa Kelas III di SDI Al-Bayan,Waktu Pelaksanaan dan Sarana dan Prasarana dan Faktor Penghambat Implementasi Program TPQ Dalam Mengatasi Kesulitan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa Kelas III di SDI Al-Bayan Beberapa siswa kurang lancar dalam membaca dan menulis Al-Qur'an dan adanya siswa jarang masuk.
23SK2323065.00 | SK PGMI 23.065 LAE i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain