SKRIPSI PGMI
Efektivitas Penggunaan Media Permainan Tradisional Congklak untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung dalam Pembelajarean Matematika di Kelas 3 SDN 06 Kedungwuni
Pada dasarnya bermain memliki fungsi dalam aspek fisik, motorik, emosi dan perkembangan sosial, kognitif, Permainan tradisional dakon atau congklak dapat menjadi media yang efektif untuk meningkatkan kognitif anak dalam mengenal konsep bilangan. Berdasarkan latar belakang di atas,maka peneliti akanmemaparkan beberapa masalah yaitu: 1) Bagaimana kemampuan berhitung siswa dalam pembelajaran matematika tanpa penerapan media permainan tradisional congklak pada kelas 3 di SDN 06 Kedungwuni?, 2) Bagaimana kemampuan berhitung siswa dalam pembelajaran matematika dengan penerapan media permainan tradisional congklak pada kelas 3 di SDN 06 Kedungwuni, 3) Apakah Penggunaan media permainan tradisional congklak efektif dalam meningkatkan kemampuan berhitung pada pembelajaran matematika di kelas 3 SDN 06 Kedungwuni. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 3 SD N 06 Kedungwuni yang berjumlah 54. Sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik total sampling atau sampling jenuh. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dengan nonequivalent control group design hasil pretest dan posttest.
23SK2323064.00 | SK PGMI 23.064 NAN e | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain