SKRIPSI PGMI
Pengaruh Kreativitas Guru terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas IV di MSI 10 Kramatsari Kota Pekalongan
Matematika adalah ilmu pasti yang kita pelajari sejak sekolah dasar, untuk menghitung dan memecahkan soal matematka dengan menggunakan rumus tetentu. Dikalangan pelajar, matematika dikenal sebagai pelajaran yang sulit dan membosankan. Oleh karena itu, perlu adanya kreativitas guru dalam pembelajaran untuk memicu minat belajar matematika siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana kreativitas guru matematika kelas IV di MSI 10 Kramatsari Kota Pekalongan?, 2) Bagaimana minat belajar matematika siswa kelas IV di MSI 10 Kramatsari Kota Pekalongan?, 3) Adakah pengaruh kreativitas guru terhadap minat belajar matematika siswa kelas IV di MSI 10 Kramatsari Kota Pekalongan?. Tujuan dalam penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui kreativitas guru matematika kelas IV di MSI 10 Kramatsari Kota Pekalongan, 2) Untuk mengetahui minat belajar matematika siswa kelas IV di MSI 10 Kramatsari Kota Pekalongan, 3) Untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru terhadap minat belajar matematika siswa kelas IV di MSI 10 Kramatsari Kota Pekalongan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan gagasan pemikiran terhadap dunia pendidikan, khususnya pada kreativitas guru dalam penggunaan metode dan media pembelajaran, ketika pembelajaran matematika untuk meningkatkan minat belajar siswa. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitiannya yaitu penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV yang bejumlah 30 siswa di MSI 10 Kramatsari Kota Pekalongan. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Kreativitas guru matematika kelas IV di MSI 10 Kramatsari Kota Pekalongan termasuk dalam kategori tinggi, dilihat dari besarnya rata-rata perolehan skor angket sebesar 48,63. Nilai rata-rata tersebut berada pada interval yang masuk pada kategori tinggi. 2) Minat belajar matematika siswa kelas IV di MSI 10 Kramatsari Kota Pekalongan termasuk dalam kategori tinggi, dilihat dari besarnya rata-rata perolehan skor angket sebesar 62,73. Nilai rata-rata tersebut berada pada interval yang masuk pada kategori tinggi. 3) Hasil korelasi antara variabel X dan variabel Y diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai thitung = 4,087 > 1,701. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel kreativitas guru berpengaruh signifikan tehadap minat belajar siswa. Berdasakan hasil R Square diperoleh hasil sebesar 0,381, artinya presentase sumbangan dari pengaruh variabel kreativitas guru (X) terhadap variabel minat belajar siswa (Y) sebesar 38,1%, sedangkan 61,9% adalah pengaruh lain diluar model penelitian ini.
23SK2323063.00 | SK PGMI 23.063 TSA p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain