SKRIPSI PGMI
Penerapan Metode Drill dalam Mengatasi Kesulitan Membaca dan Menulis Aksara Jawa Siswa Kelas IV di SD Negeri Kedungpatangewu Kecamatan Kedungwuni
Setiap siswa pada dasarnya dapat belajar membaca dan menulis aksara Jawa. Namun, masih ada siswa yang kurang dalam menguasai membaca maupun menulis aksara Jawa. Hal ini yang melatarbelakangi adanya Penerapan Metode Drill dalam Mengatasi Kesulitan Membaca dan Menulis Aksara Jawa Siswa Kelas IV di SD Negeri Kedungpatangewu Kecamatan Kedungwuni. Dengan adanya metode drill menjadikan siswa kelas IV mampu mengatasi kesulitannya dengan baik dan benar. Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut: 1) Bagaimana penerapan metode drill dalam mengatasi kesulitan membaca dan menulis aksara Jawa siswa kelas IV di SD Negeri Kedungpatangewu Kecamatan Kedungwuni 2) Bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan metode drill dalam mengatasi kesulitan membaca dan menulis aksara Jawa siswa kelas IV di SD Negeri Kedungpatangewu Kecamatan Kedungwuni. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan penerapan metode drill dalam mengatasi kesulitan membaca dan menulis aksara Jawa siswa kelas IV di SD Negeri Kedungpatangewu Kecamatan Kedungwuni, 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan metode drill dalam mengatasi kesulitan membaca dan menulis aksara Jawa siswa kelas IV di SD Negeri Kedungpatangewu Kecamatan Kedungwuni. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan, sedangkan pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi dan metode analisis data. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini untuk Penerapan Metode Drill dalam Mengatasi Kesulitan Membaca dan Menulis Aksara Jawa Siswa Kelas IV di SD Negeri Kedungpatangewu dilakukan melalui tiga tahap yaitu tahap perencanaan metode drill yang direncanakan berdasarkan RPP. Pada tahap pelaksanaan terdiri dari tiga langkah yaitu langkah kegiatan pembuka, langkah kegiatan inti, dan langkah kegiatan penutup. Dan tahap evaluasi dilakukan dengan dua cara yaitu tes dan non tes. Adapun faktor pendukung dari penerapan metode drill dalam mengatasi kesulitan membaca dan menulis aksara Jawa siswa kelas IV yaitu adanya semangat belajar dari siswa kelas IV, waktu pelaksanaan, sarana dan prasarana. Sedangkan faktor penghambatnya seperti siswa yang memang daya tangkap pemahamannya rendah, dan adanya siswa yang tidak masuk / bolos sekolah.
23SK2323062.00 | SK PGMI 23.062 INT p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain