SKRIPSI PGMI
Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Atas di SDN 04 Sragi
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang dilakukan penulis di SDN 04 SRAGI. Kecanduan tersebut dapat memunculkan sifat malas belajar, beribadah,bahkan kesehatannya hal ini sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa yang cenderung menjadi rendah atau turun karena siswa lebih memikirkan game online. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : 1) Apakah terdapat pengaruh kecanduaan game online terhadap prestasi belajar siswa kelas atas di SDN 04 SRAGI?; 2) Seberapa besar pengaruh kecanduan game online terhadap prestasi belajar siswa kelas atas di SDN 04 SRAGI? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecanduaan game online terhadap prestasi belajar siswa kelas atas di SDN 04 SRAGI, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kecanduan game online terhadap prestasi belajar siswa kelas atas di SDN 04 SRAGI Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field reseach) pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi Analisas data yang digunakan pada penelitian menggunakan analisa data validitas, uji reliabelitas, uji normlitas, uji homogenitas dan uji t dan sampel. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan hasil : 1) Terdapat pengaruh kecanduan game online terhadap prestasi belajar siswa hal ini dibuktikan dari hasil perolehan rata-rata nilai rapot menunjukan siswa memperoleh rata-rata sebesar 79 dengan rentang rata-rata siswa memperoleh nilai rapot 70-79 dengan kategori rendah dengan jumlah peserta didik sebanyak 24 siwa yang memperoleh rata-rata nilai rapot tersebut dengan kategori rendah dengan presentase 55 % dari jumlah siswa dari kelas empat, kelas lima, dan kelas enam. Sedangkan 20 siswa memperoleh nila rapot dengan perolehan rata-rata siswa memperoleh niali 80-89 dengan kategori sedang dengan presentase sebanyak 45% dari jumlah siswa kelas empat, kelas lima, dan kelas enam. 2) Hasil yang telah diketahui menunjukan bahwa kecanduan game online berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa dengan taraf 61,9%, atau dapat di artikan bahwa pengaruh kecanduan game online terhadap prestasi belajar siswa kuat.
23SK2323053.00 | SK PGMI 23.053 FIR p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain