SKRIPSI PGMI
Strategi Guru Kelas dalam Menumbuhkan Karakter Peduli Sosial Siswa Kelas IV SDN 01 Pekuncen Wiradesa Pekalongan
Pembinaan karakter adalah tahapan dalam membentuk pribadi dalam lingkungan sekolah sebagai informasi, perhatian, keinginan, dan kegiatan untuk menyelesaikannya baik kepada Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama, hingga lingkungan tempat tinggal,sehingga menjadi orang-orang yang hebat dan dapat diandalkan. Peduli sosial merupakan sikap serta demonstrasi kebutuhan terus menerus guna menolong orang lain serta warga yang memerlukan bantuan. Karakter peduli sosial pada sekolah sangat dibutuhkan, sebab di sekolah adalah kawasan untuk penataan karakter peduli sosial serta kedepannya memiliki keuntungan buat peserta didik dalam aktivitas public. Berdasarkan latar belakang tersebut, muncul sebuah rumusan masalah dari penelitian ini yaitu (1) Bagaimana strategi guru kelas dalam menumbuhkan karakter peduli sosial siswa kelas IV SDN 01 Pekuncen Wiradesa Pekalongan? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat strategi guru kelas dalam menumbuhkan karakter peduli sosial siswa kelas IV SDN 01 Pekuncen Wiradesa Pekalongan?., adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi guru kelas dan faktor pendukung & pengahambat dalam menumbuhkan karakter peduli sosial siswa kelas IV SDN 01 Pekuncen Wirdesa Pekalongan Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau file research. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, intervew atau wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, (1) bagaimana strategi guru kelas dalam menumbuhkan karakter peduli sosial siswa kelas IV SDN 01 Pekuncen Wiradesa Pekalongan adalah pertama, dengan melakukan aksi sosial berupa penggalangan dana untuk korban bencana alam, jum’at bersih lingkungan, jum’at beramal, berbagi dan hidup tolong menolong, pembagian daging kurban, kedua, berempati kepada sesama teman kelas, berupa saling meminjamkan peralatan belajar sesama teman, mengucapkan terimakasih kepada orang yang sudah memberikan bantuan, menjenguk teman yang sakit, ketiga, penanaman kedisplinan, berupa salam dan ramah. (2) apa saja faktor pendukung & penghambat strategi guru kelas dalam menumbuhkan karakter peduli sosial siswa kelas IV SDN 01 Pekuncen Wiradesa Pekalongan adalah faktor pendukung yaitu orang tua berperan aktif, lingkungan dan sekolah yang nyaman, guru menjadi teladan. Faktor penghambat yaitu kurangnya kesadaran pada diri siswa, tayangan televise dan smartphone, dan tidak peduli lingkungan.
23SK2323046.00 | SK PGMI 23.046 SIT s | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain