SKRIPSI PGMI
Pengaruh Penerapan Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas V di MI Asy Syairiyah Plumbon Kecamatan Limpung Kabupaten Batang
Perkembangan zaman yang begitu pesat dan maju membawa banyak perubahan dalam kehidupan secara global di berbagai bidang seperti pendidikan. Namun, masih jarang pembelajaran dilakukan dengan menggunakan media zaman sekarang. Banyak mata pelajaran yang masih menggunakan metode konvensional seperti contoh mapel IPS. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan metode role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas V di MI Asy Syairiyah Plumbon Kecamatan Limpung Kabupaten Batang. Berdasarkan latar belakang d iatas, maka peneliti akan memaparkan beberapa masalah yaitu 1) Bagaimana hasil belajar IPS siswa yang dikenai metode ceramah? 2) Bagaimana hasil belajar IPS siswa yang dikenai metode role playing? 3)Apakah terdapat pengaruh pembelajaran dengan menggunakan metode role playing terhadap hasil belajar siswa pembelajaran IPS kelas V MI Asy Syairiyah plumbon? Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui hasil belajar IPS siswa yang dikenai metode ceramah 2) Untuk mengetahui hasil belajar IPS siswa yang dikenai metode role playing 3)Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan menggunakan metode role playing terhadap hasil belajar siswa Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan sampel kelas VA dan VB, masing-masing kelas berjumlah 18 siswa. Kelas VA sebagai kelas eksperimen dan VB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes (multiple choice test). Sebelum diberi perlakuan, kedua kelas diuji dengan menggunakan uji homogenitas. Kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen diberi pembelajaran menggunakan metode eksperimen dan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Hasil belajar siswa yang dikenai metode ceramah memiliki hasil nilai yang rendah sedangkan hasil belajar siswa yang dikenai metode role playing memiliki hasil nilai yang meningkat. Berdasarkan uji t diperoleh tingkat signifikan variabel pengaruh penerapan metode role playing (x) Pada α = 5% dengan dk = (18+18- 2=34) diperoleh = 4.142 dan = 1.691 artinya > nilai rata rata kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki rata-rata yang berbeda, yaitu kelas eksperimen memiliki rata-rata lebih tinggi dari kelas control.
23SK2323044.00 | SK PGMI 23.044 IKF p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain