SKRIPSI PGMI
Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas VI MI Pucung Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan
Latar belakang dari penelitian ini karena melihat fenomena yang terjadi saat ini, banyak anak pintar yang tergolong bintang kelas tetapi tidak menunjukkan sikap yang positif dan bisa dibilang sangat bertolak belakang dengan predikatnya. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu bagaimana cara pendidik menanamkan nilai pendidikan karakter pada pembelajaran akidah akhlak kelas VI MI Pucung Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan nilai pendidikan karakter yang disampaikan pendidik kepada peserta didik dikelas VI MI Pucung Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan. Metode Penelitian pada penelitian ini menggunakan Penelitian kualitatif atau penelitian alami langsung dari lapangan. Peneliti mengambil data dari dua sumber yaitu sumber data pimer dan skunder. Data primer diambil dari Guru kelas VI MI Pucung Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan. Sedangkan data sekunder diambil dari wawancara, obsevasi dan dokumentasi Hasil penelitian Berdasarkan data yang peneliti peroleh dalam Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter melalui pembelajaran Akidah Akhlak kelas VI di MI Pucung Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan yaitu guru menanamkan nilai nilai pendidikan karakter melalui pembelajaran Akidah Akhlak kelas VI MI menggunakan pemberian suri tauladan, pemberian penghargaan atau apresiasi, menyisipkan pesan moral dalam pembelajaran, menceritakan pengalaman inspiratif. model pembelajaran penanaman nilai-nilai pendidikan karakter melalui pembelajaran akidah akhlak kelas vi mi pucung menggunakan model pembelajaran langsung, model pembelajaran PAIKEM (pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan), Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Faktor pendukung penanaman nilai-nilai pendidikan karakter melalui pembelajaran Akidah Akhlak kelas VI MI Pucung Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan yaitu faktor sikap siswa yang mudah menerima nasihat, kekompakan dan kekonsistenan guru dalam memberi motivasi dan contoh baik kepada peserta didik. sedangkan faktor penghambat dalam penanaman nilai-nilai pendidikan karakter melalui pembelajaran Akidah Akhlak kelas VI MI Pucung yaitu waktu yang terbatas, jumlah siswa yang banyak.
23SK2323042.00 | SK PGMI 23.042 RAH p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain