SKRIPSI PAI
Efektifitas Media Pembelajaran Dalam Membentuk Prestasi Belajar Siswa di TPQ Tahsinatul Qurro' Mayangan Wiradesa Kabupaten Pekalongan
Kata Kunci : Media Pembelajaran
Media Pembelajaran adalah alat yang berfungsi untuk menyanpaikan pesan pembelajaran. Pembelajara nmerupakan sebuah proses komunikasi antara peserta didik, pendidik, dan bahan ajar. Komunikasi tidak akan berjalan tanpa bantuan sarana penyampai pesanatau media Secara lebih utuh media pembelajaran dapat didefinisikan sebagai alat bantu berupa fisik maupun nonfisik yang sengaja digunakan sebagai perantara antara guru dan siswa dalam memahami materi pembelajaran agar lebih efektif dan efisien.
Sehingga meteri pembelajaran lebih cepat diterima siswa dengan utuh serta menarik minat siswa untuk belajar lebih lanjut. Pendek kata, media merupakan alat bantu yang digunakan guru dengan desain yang disesuaikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana efektivitas media pembelajaran dalam membentuk prestasi belajar siswa di TPQ Tahsinatul Qurro’ Mayangan Wiradesa Kabupaten Pekalaongan? 2) apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam media pembelajaran?
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yaitu teknik pengumpulan datanya berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini, bahwa media pembelajaran yang digunakan di TPQ Tahsinatul Qurro’ Mayangan Wiradesa Kabupaten Pekalongsn yaitu menggunakan media gamba yang ditempelkan dikertas dan ditempe di papan tulis kemudian dijelaskan menggunakan metode ceramah.
Daftar Pustaka :
Abdul Majid. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Ahmad Tanzeh. 2011. Metodologi Penelitian Praktis. Yogyakarta: Teras.
Albar, Mawi Khusni. 2013. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Prudent Media
Aly, Hery Noer. 1999. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Logos
Arifin, M. 2000. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Azar Arsyad, Media Pembelajaran, (jakrta: PT. Raja Grafindo Persada, 2013), hal.3
Darajat, Zakiah dkk. 2008. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT Bumi aksara.
E. Mulyasa. 2005. Menjadi Guru Profesional : Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Herdiani, Sulastri. 2016. “Efektivitas Kinerja Mengajar Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus Di SMK Negeri 1 Ciamis). Jurnal Ilmiah Edukasi. Volume. 4 Nomor 3
Ismawati. 2017. Model Pembelajaran Berbasis Riset Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Aliyah Negeri Kota Pekanbaru. “SKRIPSI Pendidikan Agama Islam. Riau: UIN Suka Riau
Lexy J. Moleong. 2002. Metodologi Penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Malik Helenna. 2018. Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Siswa Di Sdn Bereng 1 Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah. Skripsi Pendidikan.
Kalimantan Tengah: IAIN Palangkaraya
Muri Yusuf. 2014. Metode Penelitian : kualitatif, kuantitaif, dan penelitian gabungan. Jakarta: Prenada Media Grup.
Nasharuddin. 2015. Akhlak, Ciri Manusia Paripurna. Depok: PT. Raja Grapindi Persada
Sadirman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar mengajar .Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Siti Fadlilah, Strategi Pembelajaran Pai Bagi Peserta Didik Tunagrahita Di Sd Zubaedi. 2015. Desain Pendidikan Karakter, Kompetensi dan Aplikasinya Dalam Lembaga pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta, Rineka Cipta.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya.Jakarta, Rineka Cipta.
Sudjana. 2004. Psikologi Sosial Sebagai Pengantar. Yogyakarta, Fakultas Psikologi, UGM.
Suharsimi Arikunto. 1983. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Alumni
Thoifuri. 2008. Menjadi Guru Inisiator, (Semarang : Rasail Media Group, STAIN Kudus Press
Tohirin. 2012. Metode peneltian kualitatif dalam bimbingan konseling. Depok: PT Raja Grafindo.
Wena,Made . 2013. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara
Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran, (Jakarta: Kencana 2007),hlm 152.
Wina Sanjaya. 2017. Sistem Pembelajaran. Jakarta : Kencana
Yuliani Nurani Sujiwo. 2004. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta : Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Yunahar Ilyas. 2006. Kuliah Akhlak. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Zaenal Mustakim. 2017. Strategi Dan Metode Pembelajaran. Yogyakarta : IAIN Pekalongan Pres
23SK2321120.00 | SK PAI 23.120 NAB e | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain