SKRIPSI PAI
Implementasi Metode Resitasi Dalam Menumbuhkan Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 2 Tirto Pekalongan
Kata Kunci : Metode Resitasi, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Agama Islam telah lama berkembang di Indonesia, akan tetapi mempelajari Pendidikan Agama Islam sampai sekarang tidak luput dari sebuah problematika. Salah satunya adalah penggunaan metode yang tidak sesuai saat proses pembelajaran berlangsung. Terdapat berbagai macam metode pembelajaran yang salah satunya yaitu metode resitasi merupakan cara menyajikan bahan pelajaran di mana guru memberikan sejumlah tugas terhadap peserta didik untuk mempelajari sesuatu yang kemudian mempertanggungjawabkannya. Metode ini diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 2 Tirto Pekalongan.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana implementasi metode resitasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 2 Tirto Pekalongan? (2) Bagaimana kontribusi metode resitasi dalam menumbuhkan kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 2 Tirto Pekalongan? (3) Bagaimana kendala dan solusi implementasi metode resitasi dalam menumbuhkan kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 2 Tirto Pekalongan?
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) Data reduction (reduksi data) (2) Data display (penyajian data) (3) Verification. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru PAI, dan Siswa Kelas VIII A di SMP N 2 Tirto Pekalongan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode resitasi dalam menumbuhkan kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 2 Tirto Pekalongan sudah dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah penerapan metode resitasi yaitu guru memberikan materi pelajaran yang kemudian siswa diberi tugas untuk dikerjakan lalu dipertanggungjawabkan hasil kerja siswa dalam bentuk tulisan maupun lisan. Adapun kendala dalam penerapan metode resitasi yaitu pengontrolan tugas siswa dan karakter dari masing-masing siswa yang berbeda dan kemampuan siswa yang lemah. Sedangkan solusinya yaitu melalui pendekatan oleh guru serta siswa diberikan bimbingan dan motivasi.
DAFTAR PUSTAKA :
Aqib, Zaenal. 2014. Model-model, Media dan Strategi Pembelajaran Konstekstual. Bandung: CV Yrama Widya.
Agustinova, Danu Eko. 2015. Memahami Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Yogyakarta: Calcuplis.
Ali, Muhammad. Asrori, Muhammad. 2004. Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta didik. Jakarta: Bumi Aksara.
Al Uqshari, Yusuf. 2010. Menjadi Pribadi Yang Berpengaruh. Jakarta: Gema Insani Press.
Aswan, Zain., Jamarah, S Bahri. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Basri, Darmawan. 2010. Pendidikan Agama Islam. Solo: CV. Harapan Baru.
Daimurrahman. 2018. “Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Lembaga Pendidikan Kristen”. Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim. Vol. VI. No. 2.
Daradjat, Zakiah. 2010. Kepribadian Guru. Jakarta: Bulan Bintang.
Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
El Rais, Heppy. 2012. Kamus Ilmiah Populer. Yogyakarta: Kamus ilmiah Populer.
Frazier, Moore. 2017. Membangun Citra dengan Komunikasi. Bandung: PT. Raja Grafindo.
Gunawan, Imam. 2015. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Halawa, Erwinda. 2021. “Penerapan Metode Resitasi Untuk Meningkatkan Keterlibatan Aktif Siswa Dalam Pencapaian Tujuan Pembelajaran Sejarah Kelas X-IPS”. Jurnal Kairos. Vol. I. No. 1.
Hamdayani, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Jamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif: Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta: Rineka Cipta.
Majid, Abdul. 2012. Belajar dan pembelajaran Agama Islam. Yogyakarta: Rosda Karya.
Ma’ruf, Ahmad. Denis Saputra. 2020. “Pengaruh Metode Resitasi terhadap Prestasi Hasil Belajar Pendidikan Aswaja Nahdlatul Ulama kelas IV Madrasah Diniyah Shobibur Rohmat Ketuwon Sumberrejo”.
Mu’allim Jurnal Pendidikan Islam. Vol. II. No. 2.
Masir, Muntaha. 2013. “Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Arab Materi Pokok Muhadatsah Melalui Metode Resitasi Pada Siswa Kelas VI MI Salafiyah Slarang Kidul Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Purwokerto: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto.
Mujiman, Haris. 2008. Pembelajaran Mandiri. Surakarta: LPP UNS Press.
Mulyasa. 2016. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nahdliyati., dkk. 2016. “Efektifitas Pendekatan Saintifik Model Project Based Learning”. Unnes Science Education Journal. Vol. V No. 2.
Nalim, Yusuf. Statistika I. Pekalongan: IAIN Pekalongan.
Narbuko, Cholid., dkk. 2013. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurhayati. 2011. “Penerapan Metode Resitasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN 2 Panau Pada Mata Pelajaran PKn”. Jurnal Kreatif Tadulako. Vol. IV. No. 11.
Nurhayati, Eti. 2011. Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nurhayati, Eti. 2010. Bimbingan Konseling dan Psikoterapi Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Noviatun. 2017. “Penerapan Metode Resitasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa di SD Aisyiyah Qurrota A’yun Kota Pekalongan”. Skripsi. Pekalongan: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan.
Pritandhari, Meyta. 2016. “Implementasi Penggunaan Metode Resitasi Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Berkoperasi Pada Mata Kuliah Koperasi”. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol. IV. No. 1.
Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Slamet, Yulius. 2019. Pendekatan Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Werkanis. 2005. Strategi Mengajar dalam Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Riau: Sutra Benta Perkasa.
Widodo, Sugeng, Dian Utami. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
23SK2321118.00 | SK PAI 23.118 FIN i | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain