SKRIPSI PAI
Implementasi Pembelajaran PAI Pada Anak Berkebutuhan Khusus Penyandang Tuna-Grahita SMPLB di SLB Pri Kota Pekalongan
Kata kunci : Implementasi Pembelajaran PAI, Anak Berkebutuhan Khusus, Tunagrahita
Anak tunagrahita merupakan anak yang secara signifikan memiliki kecerdasan dibawah rata-rata anak pada umumnya dengan disertai hambatan pada lingkungan penyesuaian diri. Untuk itu diperlukan pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak tunagrahita yang sesuai, namun dalam pelaksanaan pembelajaran terdapat hambatan maupun permasalahan sehingga diperlukan upaya yang dilakukan guru maupun pihak sekolah untuk mengatasi hal tersebut agar pelaksanaan pembelajaran bisa berlangsung dengan baik serta tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Berdasarkan uraian di atas, maka penulis mengemukakan rumusan masalah sebagai berikut: Bagaimana Implemetasi pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak berkebutuhan khusus penyandang tunagrahita SMPLB di SLB PRI Kota Pekalongan? Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat pada proses pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak berkebutuhan khusus penyandang tunagrahita SMPLB di SLB PRI Kota Pekalongan?
Jenis penelitian ini yakni penelitian lapangan field reseach dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak berkebutuhan khusus penyandang tunagrahita SMPLB di SLB PRI Kota Pekalongan dimulai dengan menyiapkan RPP, kegiatan awal, kegiatan inti, melakukan pre-test, menerapkan metode, materi pembelajaran dan media pembelajaran. Kunci keberhasilan proses pembelajaran pendidikan agama Islam di tentukan sesuai dengan keadaan siswa metode pembelajaran yang diterapkan guru kepada siswa tunagrahita. Metode yang diterapkan yakni metode ceramah, metode tanya jawab, metode demontrasi, metode pemberian tugas, metode latihan. Faktor pendukung dan penghambat yakni adanya motivasi dari semua pihak baik itu guru, partisipasi orang tua, siswa tunagrahita sendiri.
DAFTAR PUSTAKA :
Albi, Anggito dan Johan Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Armai, Arief. 2010. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta : Ciputat Pers.
Atmaja, Jati Rinakri. 2017. Pendidikan dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Arifin, Muhammad. 2008. Ilmu Pendidikan Islam Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdispliner. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Apriyanto, Nunung. 2013. Seluk Beluk Tunagrahita & Strategi Pembelajarannya. Yogyakarta: Javalitera.
Abdullah, Hamid. 2014.“Strategi Pemberdayakan Anak Penyandang Tunagrahita Pada Unit Pelaksanaan Teknis Dinas (UPTD) Pondok Sosial Kalijudab Kota Surabya”. Surabaya: Jurnal Mahasiswa, No.3, II.
Daradjat, Zakiah. 1995. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksaraa.
Dhaifi, Ahmad. 2017. “Perkembangan Kurikulum PAI Di Indonesia”, Journal Edureligia, Vol. 01 No. 01.
Daulay, Haidar Putra. 2012. Pendidikan Islam Di Indonesia. Medan: Perdana Publising.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Azwan Zain. 2022. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Efendi, Mohammad. 2006. Pengantar Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Bumi Aksara.
Emir. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif . Jakarta: Grafindo Persada.
Ginanjar, Adriana. 2008. Menjadi Orang Tua Istimewa. Jakarta: Dian Rakyat.
Gunawan, Heri. 2014. Pendidikan Islam Kajian Teoritis dan Pemikiran Tokoh. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Gulo. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.
Halaliyah, Rizky. 2019. “Implementasi Metode Drill dalam Pembelajaran Al-Qur’an pada Anak Tunagrahita Jenjang SMA di SLB Paedagogia Surabaya. Surabaya : UIN Sunan Ampel.
Haedari, Amin. 2010. Pendidikan Agama Islam di Indonesia: gagasan dan realitas. Jakarta: Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kementrian Agama RI.
Hidayati, Nur. 2016. “Model Pembelajaran yang Efektif Bagi Siswa Tunagrahita di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB) Bintara Campurdarat Tulungagung”. Skripsi Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Hanum, Latifah. 2014. “Pembelajaran PAI Bagi Anak Berkebutuhan Khusus”, Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 9, No.1.
Ihsani, Fuad. 2013. Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Ilahi, Mohammad Takdir. 2013. Pendidikan Inklusif: Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Ilmi, Rizqi Nurul. 2013. “Strategi Komunikasi Guru dalam Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Agama Pada Anak Penyandang Tunagrahita di SLB-C Tunas Kasih 1 Kabupaten Bogor”, Skripsi (Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Khobir, Abdul. 2015. Filsafat Pendidikan Islam. Pekalongan: STAIN Pekalongan Press.
Kustawan, Dedy. 2012. Pendidikan Inklusif dan Upaya Implementasinya. Bandung: PT. Luxima Metro Media.
Munzayanah. 2000. Tunagrahita. Surakarta: Depdikbud.
Mustakim, Zaenal. 2018. Strategi Dan Metode Pembelajaran. Yogyakarta: IAIN Pekalongan Press.
Majid, Abdul. 2014. Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT. Remaja Posdakarya.
Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mahfudh, Lauhim. 2020. “Strategi Pembelajaran PAI pada Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita Kelas 5 Tahun Ajaran 2019/2020 di SLB Nurul Ikhsan Ngadiluwih Kediri”. Tulungagung: IAIN Tulungagung.
Mentari, Retno Putri. 2020. “Implementasi Kurikulum K13 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Bagi Siswa Tunagrahita Kelas XI di SLBN Menowo Kota Magelang”. Pekalongan: IAIN Pekalongan.
Muhammad Bin Ismail Al-Bukhari, Abu Abdullah. 2012. Ensiklopedia Hadits Shahih Al-Bukhari 2. Jakarta: Almahira.
Nasih, Ahmad Munjin. 2009. Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Malang: PT Refika Aditama.
Nata, Abudin. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.
Nimatuzahro dan Yuni Nurhamida. 2016. Individu Berkebutuhan Khusus dan Pendidikan Inklusi. Malang: UMM Pers.
Pratiwi, Yuliani. 2020. “Bimbingan Karir Bagi Anak Tunagrahita” Studi Pada SMALB Kota Bengkulu. Bengkulu: IAIN Bengkulu.
Puspitasari, Triara dkk. 2016. “Implementasi Metode Dempster-Shafer dalam System Pakar Diagnosa Anak Tunagrahita Berbasis Web” Bengkulu: Jurnal Rekursif, No. 1, Maret, IV.
Sarwono, Jonathan. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif . Yogyakarta: Graha Ilmu.
Ruslan, Rosady. 2008. Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Rochanah. 2016. “Peranan Keluarga Sekolah dan Masyarakat Dalam Menunjang Pembelajaran Yang Efektif”. Kudus: jurnal Elementari STAIN Kudus, No.1, Januari-Juni , IV.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. 2012 Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Siyoto, Sandu dan M. Ali Sodiq. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Siregarr, Masarudin 2005. Pengelolaan Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sholehuddin, M. Sugeng. 2010. Reiventing Kepemimpinan Dalam Pendidikan Islam. Pekalongan: STAIN Press.
Syafaruddin, dkk. 2016. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Hijri Pustaka Utama.
Salim, Moh. Halimin & Syamsul Kurniawan. 2012. Studi Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Santoso, Satmoko Budi. 2010. Sekolah Alternatif, Mengapa Tidak. Yogyakarta: Diva Press.
Santoso, Hargio. 2012. Cara Memahami & Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Gosyen Publishing.
Slamet.2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Smart, Aqila. 2010. Anak Cacat Bukan Kiamat Metode Pembelajaran & Terapi untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Kata Hati.
Somantri, T. Sutjihati. 2006. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT Refika Aditama.
Sudjana, Nana.1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Thoha, Chabib. 1996. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tafsir, Ahmad. 2003. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Untung, Slamet. 2019. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Litera.
Uhbiyati, Nur.1998. Ilmu Pendidikan Islam 1 (Bandung: CV. Pustaka Setia.
UURI. 2003. Sistematis Pendidikan Nasional. Jogja: Media Wacana Pres.
Wahyudi, Achmad. 2020. “Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Sebagai Strategi Pendidikan Anak Usia Dini Saat Pandemi Covid19”, JCE Journal of Childhood Eduction, Vol. 4 No. 1
Yamin, Martinis. 2008. Profesionalisme Guru dan Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press.
Zuhairini. 1995. Islam Filsafat Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Zaini, Muhammad. 2006. Pengembangan Kurikulum. Surabaya: Elkaf.
Hasil Wawancara dengan guru Pai Ibu Siti Patimah (Informan) Senin 28 Maret 2022 di SLB PRI Kota Pekalongan Pukul 10.00
Wawancara dengan Bapak Kepala Sekolah Pak Kamrin
Dokumen Kantor Tata Usaha (TU) SLB PRI Kota Pekalongan Tahun Pelajaran 2021/2022, 24 Maret 2022, Pukul 10.00 WIB
23SK2321117.00 | SK PAI 23.117 MAM i | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain