SKRIPSI PAI
Strategi Guru SKI Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa di MA Negeri Batang
Kata Kunci : Strategi, Guru Sejarah Kebudayaan Islam, Aktivitas Belajar Siswa
Kegiatan belajar dapat terjadi apabila siswa mempunyai perhatian serta dorongan terhadap stimulus belajar. Aktivitas belajar siswa merupakan faktor terpenting dalam kegiatan belajar. Jika siswa datang ke sekolah tetapi tidak mempunyai tujuan untuk belajar, tidak mempunyai semangat untuk belajar, maka akan sia-sia kegiatan belajar yang dilaksanakan di dalam kelas. Hal tersebut menjadi tugas seorang guru khususnya pada mata pelajaran SKI untuk melakukan strategi guna meningkatkan aktivitas belajar siswa.
Dari latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana strategi guru SKI dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa di MA Negeri Batang, 2) apa faktor pendukung dan penghambat guru SKI dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa di MA Negeri Batang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) strategi guru SKI dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa di MA Negeri Batang, 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru SKI dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa di MA Negeri Batang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Dengan metode yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian pengumpulan data, memilah dan menarik kesimpulan dari hasil data yang telah diperoleh.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa di MA Negeri Batang cukup baik. Mayoritas anak mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik. Hal tersebut tidak terlepas dari usaha maksimal yang dilakukan oleh guru agar menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien serta dapat mencapai tujuan pembelajaran. Adapun strategi yang dilakukan guru SKI dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa di MA Negeri Batang yaitu dengan menyusun perencanaan yang berupa rancangan pelaksanaan pembelajaran atau yang disebut dengan RPP, di dalam RPP mencakup beberapa hal seperti menentukan indikator, menentukan tujuan pembelajaran, menentukan media pembelajaran, menentukan metode pembelajaran yang bervariasi, sumber ajar, membuat evaluasi pembelajaran serta guru melakukan pendekatan individual kepada siswa agar terjalin interaksi yang baik antara murid dengan gurunya. Untuk faktor pendukungnya yaitu media dan sarana prasarana, ada faktor internal dan eksternal yang melipti orangtua, teman, dan masyarakat serta sumber ajar yang mendukung. Kemudian faktor penghambatnya yaitu adanya perbedaan karakteristik siswa, faktor internal dan eksternal, media pembelajaran serta sumber belajar.
DAFTAR PUSTAKA :
Ahmad, Syarwani dan Zahrudin Hodsay. 2020. Profesi Kependidikan Dan Keguruan. (Yogyakarta: Penerbit Deepublish).
Arifin, Muhammad. 2017. “Strategi Manajemen Perubahan Dalam Meningkatkan Disiplin Di Perguruan Tinggi”. Jurnal Edutech , No. 1, III.
Astuti, Mardiah dan Fajri Faisal. 2012. Studi Inovasi Dan Globalisasi Pendidikan Suatu Pendekatan Teoritis Dan Riset. Yogyakarta: Deepublish.
Buna’i. 2021. Perencanaan Dan Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (Surabaya: CV. Jakad Media Publishing).
Darmadi. 2017. Pengembangan Model Dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa, (Yogyakarta: CV Budi Utama).
Desy, Lulup dan Naswan. 2014. “Pengaruh Motivasi Belajar Dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi”, Vol. 4, No. 1.
Fauziyah, Nurul. 2018. , “Perkembangan Sejarah Kebudayaan Islam”. Skripsi: Fakultas Agama Islam UMP.
Hanafi. 2012. Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. (Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama).
Hasan, Said. 2018. Profesi Dan Profesionalisme Guru. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Haudi. 2021. Strategi Pembelajaran . Sumatra: Insan Cendekia Mandiri.
Ismawati. 2021. Media Pembelajaran PAI (Strategi Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Memahami Materi Pendidikan Agama Islam), (Surabaya: Global Aksara Pres).
Kustandi, Cecep dan Daddy Darmawan. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Konsep dan Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat (Jakarta: Kencana).
Lubis, Ali Asrun. 2013. “Konsep Strategi Belajar Mengajar Bahasa Arab”. Jurnal Darul Ilmi. Vo. 10. No. 02.
Maemunawati, Siti dan Alif, Muhammad. 2020. Peran Guru, Orang Tua, Metode dan Media Pembelajaran: Strategi KBM di Masa Pandemi Covid-19,(Banten: Penerbit 3M Media Karya Serang).
Mahendradhani, Gusti Ayu Agung Riesa. 2021. Problem-Based Learning di Masa Pandemi. Bandung: Nilacakra.
Manun, M., Kabiba, K.,dan Apriani Safitri. 2020. “Peran Guru Kelas Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Mawa Kec. Wawonii Utara Kab. Konawe Kepulauan”. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran. Vol. 1 No. 2.
Mirdanda, Arsyi. 2019. Mengelola Aktivitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Kalimantan: PGRI Provinsi Kalbar.
Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muhtar, Nurul Azizah, dkk. “Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Information Communication and Technology (ICT)”, Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 7, No. 4.
Mulyati, Sri. 2021 “Pendekatan Individual Dalam Perkembangan Anak Didik” , Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 6, N0. 2.
Mustakim, Zaenal. 2018. Strategi Dan Metode Pembelajaran (Edisi Revisi). (Pekalongan: IAIN Pekalongan Press).
Noor, Moh. 2019. Guru Profesional dan Berkualitas. Semarang: ALPRIN.
Nurdyansyah dan Thoyiba Firiyani. 2018. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Terhadap Hasil Belajar Pada Madrasah Ibtidaiyah”. Universitas Muhammadiyah sidoarjo.
Octavia, Shilphy A. 2020. Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Okta, Wiwin, Asri. 2020. “Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Penerapan Reinforcement Di SMPN Terbuka 3 Renjang. El-Ghiroh, Vol. XVIII, No. 2.
Panggabean, Suvriadi dkk. 2021. Konsep dan Strategi Pembelajaran (Bandung: Yayasan Kita Menulis).
Pribadi, Benny A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.
Putri, Okta Wahidsa, dkk. 2020. “Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Penerapan Reinforcement di SMPN Terbuka 3 Rejang Lebong”, El-Ghiroh, Vol. XVIII, No. 02.
Rahim, Rani,dkk.,. 2021. Pendekatan Pembelajaran Guru, (Yayasan Kita Menulis, 2021).
Safitri, Dewi. 2019. Menjadi Guru Profesional (Riau: PT. Indragiri Dot Com).
Suparta, Munzier dan Hery Noer Aly.2002. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Amissco.
Suryadi, Rudi Ahmad dan Aguslani Mushlih. 2019. Desain Perencanaan Pembelajaran, (Yogyakarta: CV Budi Utama).
Thoha, Chabib dkk. 2004. Metode Pengajaran Agama. (Yogyakarta: Pusat Pelajar Offset).
Tiwery, Badseba. 2019. Kekuatan Dan Kelemahan Metode Pembelajaran Dalam Penerapan Pembelajaran HOTS (Higher Order Thinking Skills), (Malang: Media Nusa Creative).
Umar. 2019. Pengantar Profesi Keguruan. Depok: Rajawali Pers.
Untung, Moh Slamet. 2019. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Litera Yogyakarta.
Wahyuningsih, Endang Sri. 2020. Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa, (Yogyakarta: CV Budi Utama).
Widodo, Wellanda, dkk. 2016. “Penerapan PemberianMetode Tugas Dan Resitasi Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Surat Siswa Kelas X D Administrasi Perkantoran SMK Wikarya Karanganyar Tahun Ajaran 2014/2015”, Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran Vol. 1, No. 1.
Wijaya, Rasman Sastra. 2015. “Hubungan Kemandirian Dengan Aktivitas Belajar Siswa”. Jurnal Penelitian Tindakan. No. 3. 1.
Windayani Ni Luh Ika, dkk.2021. Pengantar Teori Perkembangan Peserta Didik, (Yayasan Kita Menulis).
Windawati, dkk. 2015. “Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Melalui Metode Demonstrasi Dengan Bantuan Media Gambar Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 3 No. 2, Desember).
Yusuf, Bistari Basuni. 2017. “Konsep Dan Indikator Pembelajaran Efektif”, Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan. Vol. 1. No. 2.
Yusuf, Muri, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan, (Jakarta: Kencana, 2017),
Zailani dkk. 2020. Buku Ajar: Ilmu Pendidikan Islam (Medan: Umsu Press).
Zuriah. 2018. , “Stratgei Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di MIS Nur Hafizah Desa Sei Rotan T.A 2017/2018”. Skripsi, Universitas Negeri Sumatera Utara Medan.
https://manbatang.sch.id/, Diakses Pada Tanggal 20 April 2022, Pukul 19.00 WIB.
23SK2321116.00 | SK PAI 23.116 FIF s | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain