SKRIPSI PAI
Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Penerapan Metode Inkuiri di SMP PGRI 8 Taman Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang
Kata Kunci: Upaya Peningakatan Kualitas Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Penerapan Metode Inkuiri.
Upaya peningkatan kualitas pembelajaran adalah usaha yang dilakukan oleh guru yang bertujuan untuk memecahkan masalah yang terdapat dalam kegiatan pembelajaran. guru sangat menentukan keberhasilan peserta didik, terutama kaitannya dengan proses belajar mengajar dan membentuk kompetensi peserta didik menjadi lebih baik. Kualitas pembelajaran dapat dikatakan sebagai gambaran mengenai baik-buruknya hasil dan pemahaman yang dicapai oleh peserta didik setelah melakukan kegiatan pembelajaran. Pendidikan Agama Islam sebagai salah satu mata pelajaran wajib di sekolah, menduduki peranan strategis dalam upaya membentuk kepribadian, penanaman nilai-nilai syari’at islam, namun saat ini proses belajar mengajar Pendidikan Agama Islam di kelas dipandang kurang efektif dan kurang kreatifnya guru dalam menggunakan metode dan media pada saat proses pembelajaran berlangsung, sehingga sebagian peserta didik masih kurang antusias dan cenderung kurang memperhatikan penjelasan guru serta sibuk dengan kegiatan mereka masing-masing di dalam kelas. Maka hal ini guru Pendidikan Agama Islam dituntut untuk melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidkan Agama Islam salah satunya menerapkan metode inkuiri pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Adapun rumusan masalahnya yaitu Bagaimana upaya peningkatan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui penerapan metode inkuiri di SMP PGRI 8 Taman dan Apa kualitas pembelajaran peserta didik setelah menerapkan metode inkuiri pada pembelajaran pendidikan agama islam di SMP PGRI 8 Taman. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya atau cara seorang guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan agama islam melalui penerapan metode inkuiri di SMP PGRI 8 Taman dan untuk mengetahui apa kualitas pembelajaran peserta didik setelah menerapkan metode inkuiri pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP PGRI 8 Taman.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiaan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan wawancara dan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini yaitu upaya peningkatan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui penerapan metode inkuiri di SMP PGRI 8 Taman Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang yakni dengan meniatkan diri untuk memberikan ilmu dengan penuh cinta dan keikhlasan, menyampaikan ilmu dengan menarik, strategi guru PAI dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan penerapan metode inkuiri. kualitas pembelajaran peserta didik setelah menerapkan metode inkuiri pada pembelajaran pendidikan agama islam di SMP PGRI 8 Taman yakni dengan mengolah data kualitatif seperti transkip nilai peserta didik kelas VIII.2 SMP PGRI 8 Taman, Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), Suasana kelas pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
DAFTAR PUSTAKA :
Adi Winanto & Darma Makahube. 2016. Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD Negeri Kutowinangun 11 Kota Salatiga. Jurnal Scholaria, Vol. 6 No. 2.
Afandi, Muhammad. 2014. Penerapan Metode Inquiry Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Iman Kepada Rasul Allah Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Al Hayatul Islamiyah Tahun Pelajaran 2013/2014, Skripsi Sarjana Pendidikan. Malang : Perpustakaan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Ahmad Suryadi, Rudi. 2018. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Deepublish.
Ali, Muhammad. 2004. Strategi Penelitian. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Anita Dewi, Annisa. 2017. Guru Mata Tombak Pendidikan. Jawa Barat: CV Jejak.
Anwar, Muhammad. 2018. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Prenadamedia Group.
Asiah Nasution,Nur. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Inkuiri Pada Pelajaran Fiqh Di Kelas VII MTs Al-Hasanah Medan. Skripsi Sarjana Pendidikan. Medan: Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatra Selatan.
Chusbiati, Novita. 2008. Upaya Peningkatan Efektivitas Pembelajaran PAI Melalui Pendekatan Discovery Inquiry (studi tindakan pada siswa kelas V SDN Wonorejo 3 Demak). Skripsi Sarjana Pendidikan . Semarang: Perpustakaan Universitas Islam Negeri Walisongo
Dahwadin, dkk. 2019. Motivasi dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Wonosobo: CV. Mangun Bumi Media.
El Khuluqo, Ihsana. 2017. Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hanafi, Halid, dkk. 2018. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Deepublish.
Hanafi, Halid. 2019. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Deepublish.
Haryanti, Nik. 2014. Ilmu Pendidikan Islam. Malang: Gunung Samudera.
Hasanah, Aan. 2021. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: CV Pustaka Setia.
Hasbullah. 1999. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan . Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Haudi. 2021. Strategi Pembelajaran. Solok: Insan Cendekia Mandiri.
Heksa, Afrita. 2020. Pembelajaran Inkuiri Di Masa Pandemi. Yogyakarta: Deepublish.
Helaludin & Hengki Wijaya. 2019. Analisis data kualitatif sebuah tinjauan teori & praktik. Makasar: Sekolah Tinggi Theologi Jaffray.
Ibnu Badar Al- Tabany, Trianto. 2017. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Pregresif, dan Kontekstual: Konsep, Landasan dan Implementasinya Pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/KTI). Jakarta: Kencana.
Iman Sakti, Dinsa. 2018. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Nurul Iman Palembang. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial, dan Sains Vol. 7 No. 1
Johar, Rahmah dan Latifah Hanum. 2019. Strategi Belajar Mengajar: Untuk Menjadi Guru yang Profesional. Aceh: Syariah Kuala University Press.
Junaedi, Mahfud. 2017. Paradigma Baru Filsafat Pendidikan Islam. Depok: Kencana.
Kusnadi. 2018. Metode Pembelajaran Kolaboratif. Tasikmalaya: Edu Publisher.
Lefri, dkk. 2020. Metodologi Pembelajaran: Strategi, Pendekatan, Model, Metode Pembelajaran. Purwokerto: CV Irdh.
Lubiss. Sarmadhan. 2017. Peningkatan Profesionalisme Guru PAI Melalui Kelompok Kerja Guru (KKG). Riau: jurnal al-tahriqah Vol. 2, No. 2
Mamik. 2015. Metodologi Kualitatif. Sidoharjo: Zifatama
Mulyasana, Dedi, dkk. 2020. Khazanah Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: CV Cendekia Press.
Musyarofah, Atiqotul. 2018. Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Inkuiri Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Genteng Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Tarbiyatuna Vol. 2 No.2.
Nisa, Khaerun, dkk. 2018. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di Kelas VII SMP Islam Al Qudwah Dengan Model Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Mitra Pendidikan Vol. 2 No. 10.
Pendidikan Nasional, Depertemen. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Putri Elwati Pandiangan, Anjani. 2019. Penelitian Tindakan Kelas (Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaraan, Profesionalisme Guru dan Kompetensi Belajar Siswa). Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Putu Yudhi Ardiana, Dewa, dkk. 2021. Metodologi Penelitian Bidang Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Rahmat. 2019 . Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Konteks Kurikulum 2013. Yogyakarta: Bening Pustaka.
Rahmat. 2019. Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Bening Pustaka.
Roskina Mas ,Sitti. 2008. Profesionalitas Guru Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Inovasi. Vol. 5 No. 2.
Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo.
Salim & Haidir. 2019. Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, Dan Jenis. Jakarta: Kencana.
Sapa’at, Asep . 2012. Stop Menjadi Guru. Jakarta: PT Tangga Pustaka.
Setya Mustafa, Pinton, dkk. 2020. Metodologi Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitan Tindakan Kelas Dalam Pendidikan Olahraga. Malang: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang
Solikah, Alfiatun . 2015. Strategi Peningkatan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Unggulan: Studi Multi Situs Di MI Darul Muta’alimin Patianrowo Nganjuk, MI Muhammadiyah 1 Pare dan SD Katholik Frateran 1 Kota Kediri. Yogyakarta: Deepublish.
Sudjana, Nana. 1989. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Sugiarto, Eko. 2015. Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif: Skripsi Dan Tesis. Yogyakarta: Suaka Media.
Sugiono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung, Alfabeta.
Sukardi. 2003.Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sutiah. 2019. Budaya Belajar dan Inovasi Pembelajara PAI. Sidoharjo: Nizamia Learning Center.
Syah, Muhibbin. 2000. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Thoha, Chabib. 1996. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Umrati & Hengki Wijaya. 2020. Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan. Makasar: Sekolah Tinggi Theologi Jaffray.
Wahyudi, Imam. 2012. Mengejar Profesionalisme Guru. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
23SK2321115.00 | SK PAI 23.115 ARI u | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain