SKRIPSI PAI
Strategi Guru PAI Dalam Menerapkan Kedisiplinan Siswa di SMK Muhammadiyah Kajen
Kata kunci : Strategi, Kedisiplinan, Pendidikan Agama Islam
Penelitian ini dilatar belakangi bahwa pembentukan karakter disiplin di SMK Muhammadiyah Kajen sudah baik. Walaupun siswa berasal dari keluarga hotorogen namun sekolah ini mampu mejadikan siswa dalam membentuk karaketer disiplin. Hal ini dibuktikan dengan adanya karakter yang sudah diterapkan dan kebiasaan yang sudah di bentuk dan ditanamkan. Sesperti hal nya kedisiplinan guru mempunyai strategi tersendiri dalam penerapan kedisiplinan dengan menggunakan Strategi kebiasaan, keteladanan, nasihat dan penghargaan dan hukuman.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana starategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan kedisiplinan di SMK Muhammadiyah Kajen. Kemudian apa saja faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan kedisiplinan di SMK Muhammadiyah Kajen. Tujuan penelitian ini Untuk mendeskripsikan strategi Guru PAI dalam menerapkan kedisplinan di SMK Muhammadiyah Kajen. Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi Guru PAI dalam menerapkan kedisplinan di SMK Muhammadiyah Kajen.
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan(field Research). Menggunakan Sumber data, Data Primer dan data Skunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara, Observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi Guru PAI dalam menerapkan kedisiplinan Di SMK muhammadiyah Kajen menggunakan strategi penerapan keteladaan, kebiasaan, nasihat, penghargaan dan hukuman. Bentuk kedisiplinan yang sudah diterapkan yaitu dengan membiasakan siswa menaati peraturan sekolah,berangkat sebelum jam 7,masuk tepat waktu, tadarusan sebelum KBM, mengikuti KBM dengan sesuai jam, mengikuti kegiatan sholat berjamaah, kegiatan ekstrakulikuler, kegiatan horani (semangat subuh) . Faktor pendukung strategi kedisiplinan yang dilakukan adalah adanya perilaku guru, lingkungan pertemanan siswa, kelengkapan fasilitas serta kecukupan sarana prasarana. Sedangkan faktor penghambatnya dengan adanya kurangnya kesaradan siswa, Lingkungan pertemanan, latar belakang siswa yang heterogen.
DAFTAR PUSTAKA :
Ahmad, Budi, Suryadi.2018.Ilmu pendidikan Islam. Yogyakarta: Deepublish.
Ali, Mohammad 1993. Strategi Penelitian Pendidikan . Bandung:ANGKASA.
Anwar, Mohammad.2017. Filsafat pendidikan . Jakarta: Kencana.
Arif,armay.2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan. Jakarta: Ciputra Pers.
Arikunto, suharsimi.2003.Manajemen Pengajaran. Cet.IV;Jakarta: Rineka Cipta.
D, Gunarsa, Singgih . 2004. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta:Balai Pustaka.
Departemnet Menteri Agama.2005. Wawasan Tugas dan Tenaga Kependidikan. t.tp,Direktorat: Jendral Kelembagaan Agama Islam.
Emzir.2013. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Fauzan,M.2009. Metodelogi Penelitian Kuantitatif sebuah pengantar. Semarang : Wali songo.
Fitriawan. Strategi guru dalam membangun kedisiplinan belajar siswa kelas III di Makasar Ibtidaiyah DDI Ainus Syamsi Kota Makassar . Makassar:STAI DDI Kota makasar.
Gunarsa,singgih, D.2004. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.
Hari, Bambang, Purnomo.2011. Metode dan Teknik Pengumpulan Data dalam Penneltiian Tindakan Kelas(Classroomaction Research). Madiun: Jurnal Pengembangan Pendidikan No. 1.
Hariadi.2019. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas Xi Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Palopo. Palopo:SKRIPSI IAIN Palopo.
Hasbullah.2010. Otonomi Pendidikan. Jakarta: PT Rajawali Pers.
Irsan,Muh.2013. Pengaruh Kedisiplinan Peserta Didik Terhadap Peningkatan Prestasi hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Negeri 457 Pongko, kecamatan Bone-bone, Kabupaten Luwu Utara . Palopo: STAIN skripsi
Isriana hardani, Dewi Puspitasari.2015. Strategi Pembelajaran Terpadu (Teori,Konsep dan Implementasi).Yogyakarta:Familia Group Relasi Inti Media.
Jane Elizabeth Allen dan Marilyn Cheryl Ph. D.2005. Disiplin Positif Menciptakan Dunia Penitipan Anak yang Edukatif Bagi Anak Pra-Sekolah. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Jane Elizabeth Allen dan Marilyn Cheryl Ph. D.2005.Disiplin Positif Menciptakan Dunia Penitipan Anak yang Edukatif Bagi Anak Pra-Sekolah. Jakarta: Prestasi Pustakaraya
Julaiha, siti. 2014. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. Samarinda:STAIN Samarinda,Vol.14.No.2.
Kompri.2017. Belajar Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Yogyakarta, Media Akademi.
Kurniawan, Wisnu, Aditya.2018. Budaya tertib siswa di sekolah.Jawa Barat: CV Jejak.
Lestar, Ranita, Tri r. 2020. Strategi Guru dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung. TulungAgung: SKRIPSI IAIN TulungAgung
M.Ma’aruf .2018. Membangun Kedisiplinan siswa melalui aktivitas keagamaan (Studi Kasus di SMK N 1 Grati Pasuruan Jatim). Pasuruan:PGRI Pasuruan.
Madjid, Nurcholish.2012. Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Cet. I ; Bandung: Alfabeta.
Maharani,Laila. Hubungan Self Awareness dengan Kedisiplinan Peserta Didik Kelas VIII di SMP Wiyatama Bandar Lampung ( Penelitian Korelasional Bidang BK Pribadi. Lampung:jurnal Bimbingan Konseling, IAIN Raden Intan Bandar Lampung.
Mulyasa.E.2005.Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosdakarya.
Munif, Mohammad.2017.Strategi Internalisasi Nilai-Nilai PAI dalam Membentuk Karakter siswa. Probolinggo:Institut agama islam Nurul Jadid Paiton Probolinggo, Jurnal edureligia.
Muslich, Masnur.2011.Pendidikan Karakter : Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta : Bumi Aksara.
Mustakim, Zaenal.2018. Strategi dan Metode Pembelajaran. Pekalongan:Matagraf Yogyakarta.
Narwanti,Sri. 2011. Pendidikan Karakter Pengintegrasian 18 Nilai Dalam Mata Pelajaran. Yogyakarta:Familia.
Nurjannah,Eka Dkk.2020. Strategi Guru Pelajaran Aqidah Ahlaq Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa. Journal of Education and Instruction.Vol.3 No.2
Omeri, Nopan.2015.Pentingnya Pendidikan Karakter dalam dunia pendidikan. Jurnal Manajer Pendidikan:SMA N 1 Arga Makmur. Vol.9 No. 3.
Patoni,Achmad.2004. Metodologi Pendidikan Agama Islam . Jakarta: Bina Ilmu.
Pebriyanti, Nurul.2017. Strategi guru dalam membentuk sikap disiplin siswa kelas 1 di madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda 1 Kedungkarang malang. Malang:SKRIPSI UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Priyastuti, Dwi.2019. Peningkatan kemampuan berhitung perkalian bilangan asli menggunakan media benda asli pada siswa kelas II semester 1 SDN Mangkubumen wetan NO.63 Surakarta tahun pelajaran 2019/2020. .Jurnal pendidikan empiris.
Purwanto.2008. Metodologi penelitian Kuantitatif untuk psikologi dan pendidikan. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
R.A fadhallah.2021.Wawancara . Jakarta:UNJ Press.
Rahma, Fadilah Khoirur.2017. Strategi Pembinaan disiplin pada peserta didik kelas VIII di MTS AL-Hurriyah Kecamatan Panei Kabupaten Simalungun. Medan:SKRIPSI UIN Sumatera Utara.
Republik Indonesia.2006. Undang-undang Republik Indonesia No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan dosen &Undang-undang Republik Indonesia No.20 tahun 2003 tentang sisdiknas. Bandung: Permana.
Rukhayati, siti. 2020. Strategi Guru PAI Dalam Membina Karakter Peserta Didik SMK AlFalah Salatiga . Salatiga: LP2M IAIN Salatiga.
Sanjaya, Wina 2007. Strategi Pembelajaran Beriorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sedana Arta, Ketut.2015. Sejarah Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.
Semiawan, R, Conny.2009. Penerapan Pembelajaran pada Anak. Jakarta: Indeks.
Setiawan, Dea Frizal.2020. Upaya Guru PAI dalam meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa Tunanetra Di MA MUHAMMADIYAH 1 Ponorogo. Skripsi Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (institut Agama Islam Negi Ponorogo).
Sitompul, Hafsah.2016. Metode Keteladanan dankebiasaan dalam penanaman Nilai-nilai dan Pembentukan sikap pada anak. Jurnal Darul Ilmi.vol.4 no.1
Slameto.2004. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi . Cet.IV, Jakarta : Rineka Cipta
Sobri,Mohammad.2020. Kontribusi kemandirian dan kedisiplinan terhadap hasil belajar”.Jakarta:gepedia.
Sudrajat,ajat.2011. Mengapa pendidikan karakter. Jurnal:pendidikan karakter.
Sugiono.2012. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Suhartono, Suparlan. 2008. Filsafat Pendidikan. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media Group
Sukmadinata, Nana, syaodih.2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sulistyorini.2009. Menejemen Pendidikan Islam Konsep, Strategi dan Aplikasi. Yogyakarta: Teras.
Sulistysningsih, Desy. 2018. Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestas Belajar Kognitif Pendidikan Agama Islam pada Aspek Aqidah dan Fiqih Siswa SMP Negeri 32 Semarang. SKRIPSI:UIN Walisongo Semarang.
Tu’u.2010. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Presatsi Siswa. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Tuwuh Trisnayadi, 2013. Bimbingan Karier Untuk Pelajar Muslim. Jakarta: Erlangga.
Ulwan,Nashih,Abdullah.2007. Pendidikan Anak Dalam Islam. Cet. Ke-3. Jakarta:Pustaka Amani.
Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidikan. 2006. Jakarta: Dirjen Pendidikan Agama Islam.
Wiyani, Novan, Ardy. Bina Karakter Anak Usia Dini: Panduan Orangtua & Guru dalam Membentuk Kemandirian & Kedisiplinan Anak Usia Dini. Jakarta:Bumi Aksara
Yasyakur,Moch.2016. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Kedisiplinan Beribadah Sholat Lima Waktu. Jaktim:jurnal Edukasi Islamic jurnal pendidikan islam.
23SK2321112.00 | SK PAI 23.112 REZ s | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain