SKRIPSI PAI
Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Pengamalan Ibadah Siswa Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Era Pandemi di Kelas X SMK Ma'arif NU Tirto Kabupaten Pekalongan
Kata Kunci :Strategi Guru, Pengamalan Ibadah, PTM Terbatas
Guru adalah teladan bagi anak didiknya, sejauhmana ia dapat memberi teladan yang baik kepada anak didiknya sejauh itu pulalah ia akan mendapatkan hasil dari mendidik mereka agar menjadi insan yang mulia. SMK Ma’arif NU Tirto merupakan sekolah yang ditunjuk dari pmerintah pusat menjadi sekolah Pusat Keunggulan (PK), sekolah swasta kejuruan ini berbasis Islami yang dibawah naungan NU.
Pada penelitian ini yang menjadi fokus pada rumusan masalahnya adalah: 1) Bagaimana Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Pengamalan Ibadah Siswa pada PTM terbatas Era Pandemi di Kelas X SMK Ma’arif NU Tirto dan apa yang dapat mendukung dalam strategi Guru PAI dalam Meningkatkan pengamalan ibadah siswanya, serta faktor apa yang menjadikan pengamalan ibdah ini kurang maksimal. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan field research yang biasah disebut penelitian lapangan. Observasi, wawancara, dan dokumentasi menjadi teknik yang peneliti gunakan dalam mengumpulkan data – data di lapangan yang kemudian akan dianalisis menggunakan analisis deskriptif.
Dalam meningkatkan pangamalan ibadah siswa kelas X guru PAI menggunakan dua strategi karena pada saat PTM terbatas ini dibagi dalam dua kondisi yaitu 50% tatap muka dan 50% pemeblajaran online. Guru PAI memadukan antara strategi ekspositori dan strategi heuristik, dan menggunakan metode pembiasaan atau penugasan dengan mengisi jurnal ibadah yang dapat diisi dengan cara ceklis di jurnal tiap anak yang sudah di print out maupun melalui aplikasi moodle. Hal – hal yang dapat mendukung guru PAI dalam meningkatkan pengamalan ibadah siswa meliputi : media belajar yang lengkap, pengawasan dari orang tua, materi yang mudah dipahami dan mendetai serta kecakapan guru dalam penyampian teori maupun praktik. Dalam pengamatan peneliti serta keterangan dari guru PAI adapun fator yang kurang mendukung diantaranya tempat ibadah yang masih minim, waktu pembelajaranyang kurang maksimal, dan kurangnya kesarannya pada siswa yang memasuki usia dewasa.
DAFTAR PUSTAKA :
Abidin, Zainal, Fiqh Ibadah, Yogyakarta: Deepublish, 2020
Akbar, Ali & Hidayatullah Ismail, “Metode Tahfiz Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Kabupaten Kampar, Uin Sultan Syahrif Kasim” Riau: Jurnal Ushuludin Vol. 24 No.1, Januari – Juni 2016 Al Gosariyu Fatihuddin
Jassin, Enuntun Dakwah membina Mental Mu’min, Surabaya: Terbit Terang.
Ar - Rahbawi, Abdul Qadir, Fikih Shalat Empat Madzhab , Yogyakarta: Hikam Pustraka, 2017
Arief, Armaί, Reformulasi Pendidikan Islam, Ciputat: Ciputat Press Group, 2005.
Azizah, Imro’atul. Skripsi: “Studi Komparasi Minat Belajar Siswa Kelas X Terhadap Pembelajaran PAI Berbasis Daring dan Luring di SMK Diponegoro Karanganyar Kabupaten Pekalongan”, Pekalongan: IAIN Pekalongan, 2020.
Djamarah, Syaiful Bahri & Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Fakhrudin, Asep Umar, Tips Membuat Anak Rajin Sekolah + Hobi Belajar Jogjakarta: Flashbooks, 2012.
Hardini, Isriani & Dewi Puspitasari, Srategi Pembelajaran Terpadu (Teori, Konsep, & Implementasi) ,Yogyakarta: Familia, 2015
Heksa, Afrita. Pembelajaran Inkuiri di Masa Pandemi, Yogyakarta: Deepublish, 2020
Irawati H., Irma. Keajaiban Ibadah Setiap Waktu, Bhuana Ilmu populer, 2014
Istianah, Lailatul. “BAB 7 : Devinisi shalat”, Modul Fiqih Ibadah Kelas X, Pekalongan:SMK Ma’arif NU Tirto, 2021
Kementrian Agama Republik Indonesia, Mushaf Al-qur’an Standar Indonesia Cet. Ke 3, Jakarta : Al Mubarok, 2018
Khomsatun, Skripsi: “Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII di SMP N 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan”. Pekalongan: IAIN Pekalongan, 2019.
Marno Dan M. Idris, Strategib & Metode Pengajaran, Jogjakarta : Ar-Ruzz Media, 2008.
Mustakim, Zaenal, Strategi & Metode Pembelajaran, Pekalongan: Iain Pekalongan Press.
Mustaqim, Psikologi Pendidikan, Semarang: Pustaka Pelajar, 2001.
Mαhmudi, Penelitian Tindakan Kelas dan Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Yogyakarta: Media Akademi, 2018
Nasution, Sosiologi Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara, 2004
Qoidah, Nur. Skripsi: “Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Prestasi Belajar BTA Siswa Kelas IV MIS Karanganyar 02 Tirto Pekalongan tahun pelajaran 2018/2019”, Pekalongan: IAIN Pekalongan, 2018.
Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam,, Jakarta: Kalam Mulia, 2008.
Rianto Yatim, Metodologi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif, Surabaya: Unesa Universiti Perss, 2007
Sanjaya Wina Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Prenadamedia Group, 2008.
Sifa’, Nurus 2017, Strategi Pembelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negri 2 Gambut Kabupaten Banjar, 7(2) 68-69, https://jurnal.uin.antasari.ac.id/
Sudarto, Ilmu Fikih (Refleksi Tentang : Ibadah, Muamalah, Munakahat, dan Mawaris),Yogyakarta: Deepublish, 2018
Sudhata, I Gedhe Wawan & I Made Tegeh, Desain Multimedia Pembelajaran, Yogyakarta: Media Akademi, 2015
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D Bandung: Alfabeta, 2016.
Sugiyono, Statistik Untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta, 2009.
Suryanto, Indra. Skripsi: “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Kecerdasan Emosional di SMP N 2 Petarukan”, Pekalongan: IAIN Pekalongan, 2020
Syah, Muhibin, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2000.
Thalib, Muhammad, Fungsi dan Fadhilah Membaca AL-Qur’an, Surakarta: Kaffah Media, 2005.
Undang Undang RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, (Jakarta: Sinar Grafika),
Sumber Lain :
DITPSD KemDikBud, “Semua Sekolah Wajib Melasanaan PTM Terbatas pada 2022”, https://ditpsd.kemdikbud.go.id , (diakses tanggal 10 Maret 2022)
Kamus Besar Bahasa Indonesia, https://kbbi.web.id/strategi.html, diakses tanggal 22 Februari 2022
“PTM Dimulai, Patuhi Prokes”,
https://radarpekalongan.co.id/140783/ptm-dimulai-patuhi-prokes/ , Diakses 29 Desember 2021
Coronavirus Disease (COVID - 19) : How is it transmitted?”
https://www.who.int/news-room/q-a-detail/coronavirus-disease-covid-19-how-is-it-transmitted , diakses tanggal 23 Desember 2021
Herlina, Neni “Monitoring Pelaksanaan PTM Terbatas”
https://dikti.kemdikbud.go.id/pengumuman/monitoring-pelaksanaan-ptm-terbatas/, diakses tanggal 15 Januari 2022
Pusdiklat, ”Surat Edaran MENDIKBUD No. 4 Tahun 2020:
Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebab Corona Virus Disease (Covid-19)” https: // www.pusdiklat.kemdikbud.go.id/, diakses tanggal 15 Januari 2022
23SK2321111.00 | SK PAI 23.111 LIA s | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain