SKRIPSI PAI
Upaya Guru PAI Dalam Menguatkan Ukhuwah Islamiyah Pada Siswa Kelas VIII SMPN 3 Bandar Kabupaten Batang
Kata Kunci: Upaya Guru PAI dan Penguatan Ukhuwah Islamiyah Pada Siswa
Penelitian ini di latar belakangi oleh sebuah kasus lunturnya ukhuwah islamiyah pada siswa menengah pertama. Hal tersebut disebabkan karena dampak dari perkembangan zaman yang telah berkembang pesat yaitu kurang bijaknya siswa dalam menggunakan media digital. Guru sebagai pendidik yang profesional di sekolah serta memiliki tanggung jawab yang amat penting guna mencapai tujuan pendidikan. Dalam mencapai tujuan tersebut guru harus berupaya menjadi pribadi yang baik seperti, dengan menjadi model tauladan dan evaluator. Penguatan ukhuwah islamiyah harus diupayakan tertanam pada siswa agar tali persaudaraan mereka bertambah erat dan seorang guru harus senantiasa sabar dan pantang menyerah dalam mengerjakannya. Guru PAI memiliki peran yang amat penting dalam penguatan ukhuwah islamiyah.
Adapun rumusan masalah adalah (1) Bagaimana ukhuwah islamiyah pada siswa kelas VIII SMPN 3 Bandar kabupaten Batang ? (2) Bagaimana upaya guru PAI dalam menguatkan ukhuwah islamiyah pada siswa kelas VIII SMPN 3 Bandar kabupaten Batang ? Adapun tujiam penelitian ini (1) Untuk mengetahui ukhuwah islamiyah pada siswa kelas VIII SMPN 3 Bandar kabupaten Batang (2) Untuk mengetahui upaya guru PAI dalam menguatkan ukhuwah islamiyah pada siswa kelas VIII SMPN 3 Bandar kabupaten Batang.
Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data penelilitian peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan dalam menganalisis analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ukhuwah islamiyah pada siswa kelas VIII SMPN 3 Bandar kabupaten Batang telah luntur, hal tersebut disebabkan karena perkembangan zaman yang telah pesat dan kurang bijaknya siswa dalam mengaplikasikan media digital, siswa saling mengejek antar teman sebayanya serta tidak mau menjaga kerukunan dan solidaritas mereka. (2) Upaya yang dilakukan oleh guru PAI kelas VIII SMPN 3 Bandar kabupaten Batang dalam menguatkan ukhuwah islamiyah, yaitu dengan menjadi model tauladan dan evaluator.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penguatan ukhuwah islamiyah pada siswa kelas VIII SMPN 3 Bandar kabupaten Batang harus diupayakan guna tali persaudaraan siswa bertambah kuat dan tidak tergoyahkan terutama persaudaraan antar sesama umat Islam.
DAFTAR PUSTAKA :
Ahsin Alhafidz. W. 2013. Kamus Fiqh . Jakarta: Amzah.
Amini. Profesi Keguruan . Medan: Perdana Publishing.
Aneka Rahmi Sari. 2019. Analisis Tela’ah Materi SMP dan SMA, Makalah di sampaikan dalam presentasi di kelas, Analisis Telaah Materi SMP dan SMA. yang terdapat pada waktu kuliah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.
Aneka Rahmi Sari. Pendidikian memiliki makna yang luas ketimbang pengajaran, pendidikan merupakan proses perubahan sikap dengan upaya mendewasakan seseorang melalui pengajaran dan petihan. Pengajaran dan pelatihan tersebut melalui ilmu pengetahuan yang bersifat kognitif, afektif dan psikomotorik sedangkan pengajaran hanya mengajarkan dengan ilmu pengetahuan kognitif. disadur oleh, 2019.
Anekasari Rahmi 2019. Psikologi Perkembangan. Pekalongan: PT, Nasya Expanding Management.
Ardy Novan. Dkk. 2017. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta:Arruz Media.
Arifin Samsul. dkk. Madzhab Ukhuwah. Razka: Pustaka, 2017.
Arikunto Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Asy’ari Hasyim. 2020. Jaga Tali Persaudaraan Dan Jauhi Perpecahan. Cet. Ke-1, Jilid II. Jombang: Pustaka Tebuireng.
Azwar Saifudin. 1998. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Azymardi. 2002. Pendidikan Islam; Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Cecep Sudirman Anshori. 2016. Ukhuwah Islamiyah Sebagai Fondasi Terwujudnya Organisasi Yang Mandiri Dan Profesional (Indonesia: Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Pendidikan Indonesia. No.1. Vol. 14.
Choeroni. Dkk. 2020. Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti: Untuk SMP Kelas VIII, Cet. Ke-2, Jilid II. Semarang: Erlangga.
Depdiknas. 2005. UU RI No. 14 Tahun. Jakarta.
Emzir. 2014. Metodelogi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajawali Pers.
Gultom Syawal. “t.th”. Kompetensi Guru. Medan: “tp”.
Haedari M. Amin. 2010. Pendidikan Agama di Indonesia. Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan.
Hamalik Oemar. Pendidikan Guru: Berdasarkan Pendekatan Komoetensi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
https://brainly.co.id/tugas/2778. 2022. Diakses pada pukul 11.30 WIB.
Jahja Yudrik. 2011. Psikologi Perkembangan. Jakarta: PT, Kharisma Putra Utama.
Khairuman Badri. 2004. Moralitas Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Khairuman Badri. 2004. Moralitas Islam. Bandung: PustakaSetia.
Maarif Ahmad Syafii. Dkk. 2013 Menghalau Radikalisasi Kaum Muda. Gagasan dan Aksi. Jurnal Ma’arif. Vol. 8, No. 1-Juli.
Madjid Nurcholis. 2008. Islam Doktrin dan Peradaban. Jakarta: PT. Dian Press bekerjasama dengan Paramadina Press.
Madjid Nurcholis. 2008. Islam Doktrindan Peradaban. Jakarta: PT Dian Press bekerjasama dengan Paramadina Press.
Mahmud Abdul Halim. 2000. Merajut Benang Ukhuwah Islamiyah. Solo: Era Inter media.
Mardalis. 1996. Metode Penelitian suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bina Aksara.
Masykur, Urgensi Guru PAI dalam Menguatkan Ukhuwah Islamiyah pada Siswa Kelas VIII SMP N 3 Bandar kabupaten Batang.
Maunah Binti. 2009. Landasan Pendidikan. Yogyakarta: Teras.
Muhaimin. 2002. Paradigma Pendidikan Islam; Upaya pengefektifan PAI di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mujib Abdul. 2006. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Mulyasa. 2008. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Narbuko Cholid. 2013. Metode Penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Nur Ahmad Wahib. 2019. Peranan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Meningkatkan Nilai Ukhuwah Islamiyah Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol. Skripsi. Tulungagung : UIN Tulungagung.
Praswoto Andi. 2016. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Rahman Ali. 2016. PENGARUH NEGATIF ERA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIASI PADA REMAJA (PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Studi Pendidikan: Perspektif Pendidikan Islam. Vol. 117, No. 1, Juli.
Riodani Nohan. 2015. Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Perilaku Islami. Skripsi. Boyolangu: IAIN Tulungagung.
Siswanto. 2013. Etika Profesi Guru Pendidikan Agama Islam. Pena Salsabila: Surabaya.
Siswanto. 2013. Etika Profesi Guru PendidikanAgama Islam. Pena Salsabila: Surabaya.
Soetjipto. Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka cipta.
Sudarma Momon. Dkk. Kompetensi Guru Madrasah. Jakarta: Balai Penelitian dan Pengembangan Agama.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kualitatif, Pendekatan Kuatitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supriyadi Evan. 2020. Peran Dosen dalam Mencegah Radiklisme. Skripsi. Lampung: UIN Raden Tulungagung.
Syafaruddin dkk. 2016. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Hijri Pustaka Utama.
Umro Jakaria. 2019. Konsep Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Ukhuwah Di Sekolah. Jurnal Al-Makrifat Vol 4, No 1, April.
Wiranta Sujarweni V. 2014. Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: PT Pustaka Baru.
23SK2321110.00 | SK PAI 23.110 MUH u | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain