SKRIPSI PAI
Implementasi Pembelajaran Ke-NU-an Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa Kelas VIII di MTS NU 1 Hasyim Asy'ari Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal
Kata Kunci: Pembelajaran Ke-NU-an, Pembentukan Karakter.
Pendidikan merupakan proses untuk mengubah tingkah laku seseorang untuk mencapai tujuan. Pendidikan pada hakikatnya ialah ikhtiar guna membantu anak mengarahkan dalam fitrahnya, agar dapat berkembang dengan apa yang diinginkanya. Selain itu pendidikan harus mampu menghasilkan manusia unggul secara intelektual, mantap secara moral serta memiliki komitmen yang tinggi dalam berbagai peran sosial.
Berdasarkan Latar belakang penulis ingin mengadakan penelitian dengan judul “Implementasi Pembelajaran Ke-NU-an Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa Kelas VIII di MTs NU 1 Hasyim Asy’ari Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal”. Adapun rumusan masalah penelitian ini, yaitu bagaimana implementasi pembelajaran Ke-NU-an dalam pembentukan karakter religius siswa kelas VIII?, dan Apa saja faktor yang mendukung dan menghambat proses pendidikan karakter religius kelas VIII di Mts NU 1 Hasyim Asy’ari Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal. Penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru Ke-NU-an, waka kurikulum dan siwa MTs NU 1 Hasyim Asy’ari Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran Ke-NU-an dalam pembentukan karakter siswa di MTs NU 1 Hasyim Asy’ari terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Karakter siswa berkembang lebih baik dari sebelumnya. Faktor pendukung yaitu kesiapan mental, kesadaran siswa, kesungguhan tenaga pendidik,kegiatan di sekolah, pembiasaan akhlakul karimah, dan uswatun hasanah atau keteladanan guru, lingkungan masyarakat, dukungan masyarakat terhadap program/kegiatan disekolah dan terbukanya komunikasi dengan orang tua. Faktor penghambatnya perbedaan karakteristik anak, kurangnya ketegasan dan kekompakan antar guru serta minimnya jam pelajaran. ketidaknyamanan siswa dengan guru, minimnya dukungan orang tua dan pengaruh lingkungan tempat tinggal dan teknologi.
DAFTAR PUSTAKA :
Afandi, Haryanto. Edi Rohani 2017. Pengantar Studi Aswaja An-Nahdliyah. Yogyakarta : LKIS.
Amin, Miftakhul. 2021. Kantor Kepala Sekolah MTs NU 1 Hasyim Asy’ari. Tegal. Tanggal 4 Juli.
Amirudin, Yoyok. 2017. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Aswaja. Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol.2. No.2.
Ansari, M. Iqbal. 2016. Penelitian Rutinitas Keagamaan di Islamic Fullday School Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik. Muallimuna: Vol. 1. No. 2. Mei.
Arifin, Bambang Samsul. A Rusdiana. 2019.Manajemen Pendidikan Karakter. Jawa Barat Cv. Pustaka Setia.
Ary Wibowo, Amin Ma’mun E Nur, dan Muslih Abdul Karim. 2018. Internalisasi Nilai Pendidikan Karakter Aswaja. studi analisis aktivasi nilai-nilai keswajaan. Jurnal Ilmiah Studi Islam. Vol.2 No.18
Aulia Rohman, Ahlis. 2019. Pembelajaran Ke-NU-an dalam Menanamkan Nilai Nilai Islam Ahlu Sunah Wal Jamaah An Nahdliyah di MA Ma’arif Nu Sirau Kemranjen Banyumas. Lampung : Uin Raden Intan Lampung.
Badariyah, Siti. 2019. Motivasi Orang Tua Dalam Memilih Pendidikan Anak Ke Pondok Pesantren Assalafiyah 1 Tanjung Rame Lampung Selatan. Lampung : Uin Raden Intan Lampung.
Badawi. 2019. Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Akhlak Mulia di Sekolah. Jurnal Prosiding Semnasfip. Edisi Oktober.
Choriyah, Siti. 2018. Implementasi Pembelajaran Aswaja Untuk Peningkatan Iman dan Taqwa Di SMK Al Falah Salatiga. Salatiga : IAIN Salatiga.
Choriyah, Siti. 2018. Implementasi Pembelajaran Aswaja Untuk Peningkatan Iman dan Taqwa Di SMK Al Falah Salatiga. Salatiga : IAIN Salatiga.
Dakir. 2019. Manajemen Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya di Sekolah dan Madrasah. Yogyakarta: Penerbit K Media.
Dokumentasi Profil Sekolah Madrasah Tsanaawiyah NU 1 Hasyim Asy’ari Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal. Pada Tanggal 12 Mei 2022.
Dolong, Jufri. Teknik Analisis Dalam Komponen Pembelajaran. 2016. Jakarta : Dosen DPK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, No. 2. Vol 5.
Fajrul Anwar, Siswa Kelas VIII MTs NU 1 Hasyim Asy’ari, Wawancara Pribadi, Tegal, 10 Mei 2022, Pukul 11.00 WIB.
Farie Chatib, Munif. 2013. Sekolahnya Manusia. Bandung: Kaifa.
Hattani, M. Bisri Adib. 2014Khittah dan Khidmah. Pati : Majma’Buhuts An Nahdliyah Forum Kajian Ke-NU-an.
Helmawati. 2018. Implementasi Nilai-Nilai Aswaja dalam Memperkokoh Karakter Bangsa dan Mewujudkan Entitas NKRI. Bandung : South East Asian Journal For Yout Sport & Health Education. No. 4. Vol.1.
Helmawati. 2018. Implementasi Nilai-Nilai Aswaja dalam Memperkokoh Karakter Bangsa dan Mewujudkan Entitas NKRI. Bandung : South East Asian Journal For Yout Sport & Health Education. Vol. 1. No. 4.
Hengki wijaya, Helaludin. 2019. Analisis data kualitatif sebuah tinjauan teori dan praktik. Sekolah tinggi theologia jaffray.
IAIN Pekalongan. 2019. Pedoman Penulisan Skripsi.Pekalongan : FTIK.
Jalil, Abdul. 2012. Karakter Pendidikan untuk Membentuk Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 6. No. 2.
Kementrian Pendidikan Nasional. 2011. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta : Balitbang Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Khaironi, Mulianah. 2017. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi. Vol. I. No. 2.
Khasanah, Sitin Nurul, Zaenal Arifinm. 2017. Kepemimpinan Siswi Dalam Penerapan Nilai-Nilai Religiusitas di Madrasah Mu’alimat Muhamadiyah Yogyakarta. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol.2. No.1.
Mei.
Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Press.
Latip, Abdul. Faktor-Faktor Pendukung dan Penghambat Pembelajaran Mata Pelajaran IPS di SMP. Jurnal Pendidikan Professional. No.2. V. Agustus.
Maesaroh, Siti . 2013. Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan : Vol. 1. No. 1.
Maesaroh, Siti . 2013. Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan : Vol. 1. No. 1. 1 November.
Majid, Abdul. l2016. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offest.
Mardawani. 2020. Praktis Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Cv Budi utama.
Maryati. 2021. Implementasi Pendidikan Kaarakter pada masa Pandemi Covid 19 di SD N 5 Betung Kabupaten Banyuasin. Jurnal Guru Indonesia,. Vol.2. No.2
Masitoh. 2021. Kantor Guru. MTs NU 1 Hasyim Asy’ari. Tegal. Tanggal 4 Juli
Meifa, Angga ,dkK. 2016. Impelementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Humaniora: Vol. I. No. 3.
Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif, edisi revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakary.
Nugroho, Heri. 2009. Supriyanto, Ke- Nu an Ahlussunah Wal Jama’ah. Semarang : Pimpinan Wilayah Pendidikan Ma’arif NU.
Observasi Pribadi. 13 Mei 2022. Pada Pukul 07:30
Putri, Kaila.. 2021. Ruang Perpustakaan MTs NU 1 Hasyim Asy’ari. Tegal. Tanggal 4 Juli
Rahmania, Nurani, Anita Nur Safitri. 2021. Implementasi Nilai-Nilai Aswaja Nahdlatul Ulama dalam Pembentukan Karakter. Lera Islamic Education and Reseach academy. Vol. 2. No.2.
Rifa’I, Anwar, Sucihatiningsih Dian WP, dan Moh Yasir Alimi. 2017. Pembentukan Karakter Nasionalisme Melalui Pembelajaran Pendidikan Aswaja pada Siswa Madrasah Aliyah Al Ansor. Journal of Educational Social Studies. Vol.1. No.06.
Rofik, Muhammad Husnur, Riza Ahmad Ridwan. 2019. Menangkal Radikalisme Melalui Pendidikan Agama Islam Berbasis Aswaja Nahdlatul Ulama. Malang : Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol. 1. No.1.
Rukajat, Ajat. 2018. Pendekatan penelitian kualitatif. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Rukin. 2019. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sulawesi selatan: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.
Shodiq. 2015. Transmisi Ideologi Ahlussunah Wal Jama’ah studi Evaluasi Pembelajaran Ke-NU-an di SMA Al Ma’arif Kudus. Semarang: Jurnal Pendidikan UIN Walisongo. Vol.9. No.2.
Siyoto, Sandu, M. Ali Sodik. 2015. Dasar Metode Penelitian. Yogyakarta : Literasi Media Publishing.
Soleha, Berlian Umi. 2021. Pembelajaran Aswaja Dalam Penguatan Amaliyah Siwa MA Al Hikmah Bandar Lampung. Lampung : Uin Raden Intan Lampung.
Subaidi. 2021. Pendidikan Karakter Berbasis Aswaja Di MA Amsilati Bangsri Jepara. Jepara: Journal For Aswaja Studies, No. 1. Vol.
Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sukmawati,2015. Analisis Factor-Faktor Penghambat Dalam Proses Pembelajaran Trigonometri. Jurnal Pedagogy. No2, I.
Sukmawati. 2015. Analisis Faktor-Faktor Penghambat Dalam Proses Pembelajaran Trigonometri. Jurnal Pedagogy: No2. Vol. I.
Suryabrata, Sumadi. 2013 Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Syafriyanto, Eka. 2015. Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berwawasan Rekontruksi Sosial. Lampung: Jurnal pendidikan islam. Vol. 6.
Tajudin. 2021. Kantor Kepala Sekolah MTs NU 1 Hasyim Asy’ari. Tegal. Tanggal 4 Juli.
23SK2321108.00 | SK PAI 23.108 MUH i | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain