SKRIPSI PAI
Urgensi Pendidikan Keluarga Islami Dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Anak Pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Lambur Kecamatan Kandangserang Kabupaten Pekalongan
Kata Kunci : Pendidikan Keluarga Islami, Akhlakul Karimah, Pandemi Covid-19
Pendidikan Keluarga Islami sangat dibutuhkan dalam pembentukan akhlakul karimah anak sebagai pondasi awal, karena keluarga adalah pendidikan pertama bagi anak. Baik buruknya lingkungan keluarga akan mempengaruhi terbentuknya akhlak pada anak. Sebagai orang tua yang berperan sebagai pendidik dalam keluarga adalah role model atau tauladan bagi anak-anaknya. Oleh karena itu pendidikan keluarga dengan berlandaskan Islam sangat urgent perannya sebagai pendidik yang harus mendidik anak-anaknya menjadi manusia yang paham dan mengamalkan nilai-nilai kehidupan sesuai dengan ajaran agama Islam.
Rumusan masalah dalam penelitian ini:, bagaimana akhlak anak di Desa Lambur Kecamatan Kandangserang Kabupaten Pekalongan pada masa pandemi Covid-19, bagaimana pendidikan keluarga Islami di Desa Lambur Kecamatan Kandangserang Kabupaten Pekalongan pada masa pandemi Covid-19, bagaimana urgensi pendidikan keluarga islami dalam pembentukan akhlakul karimah anak pada masa pandemi Covid-19 di Desa Lambur Kecamatan Kandangserang Kabupaten Pekalongan. Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan pendidikan keluarga islami di Desa Lambur Kecamatan Kandangserang Kabupaten Pekalongan pada masa pandemi Covid-19, mendeskripsikan akhlak anak di Desa Lambur Kecamatan Kandangserang Kabupaten Pekalongan pada masa pandemi Covid-19, dan mendeskripsikan urgensi pendidikan keluarga islami dalam pembentukan akhlakul karimah anak pada masa pandemi Covid-19 di Desa Lambur Kecamatan Kandangserang Kabupaten Pekalongan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan di dunia nyata melalui observasi dan interaksi dalam kehidupan sehari-hari dengan mengamati subjek penelitian secara langsung oleh peneliti untuk memperoleh informasi data-data.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: Pendidikan Keluarga Islami yang berlandaskan agama dalam pembentukan akhlakul karimah anak di Desa Lambur Kecamatan Kandangserang Kabupaten Pekalongan pada masa Pandemi Covid-19 sangat penting dan diperlukan. Melihat situasi dan kondisi serta dampak dari adanya pandemi Covid-19, pendidikan keluarga memegang peranan terpenting dalam pembentukan akhlak anak melalui metode-metode yang digunakan dalam proses pendidikan keluarga seperti metode keteladanan, nasihat, pembiasaan, perhatian, reward dan punishment. Selain itu, ada beberapa faktor yang menjadi mempengaruhi pembentukan akhlakul karimah anak pada saat pandemi Covid-19 di Desa Lambur, diantaranya yaitu pendidikan agama dalam keluarga yang menjadi dasar dari pada pengetahuan tentang nilai-nilai akhlakul karimah, pergaulan dengan teman yang dapat memberikat pengaruh baik atau buruk bagi anak, perkembangan teknologi yang dapat merusak moral anak melalui konten-konten dewasa, atau konten yang lainnya tanpa ada pengawasan dan pendampingan dari orang tua, tetapi perkembangan teknologi juga dapat mendukung pembentukan akhlak anak dibawah pengawasan dan pendampingan orang tua dengan konten-konten Islami yang memotivasi pembentukan akhlak pada anak. Dan yang terakhir adalah lingkungan masyarakat sekitar yang menjadi tempat anak bersosialisasi dengan orang lain, mengenal dunia luar. lingkungan yang baik akan menjadi pengatuh yang baik dalam pembentukan akhlak anak dan lingkungan yang buruk akan menjadi pengaruh yang buruk pula dalam pendidikan keluarga untuk membentuk akhlakul karimah pada anak.
DAFTAR PUSTAKA :
Amalia, Andina, dkk. 2020. “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Di Indonesia”. Jurnal Psikologi, Volume 13 Nomor 2.
Amaliyah, Sania. 2021. “Konsep Pendidikan Keluarga Menurut Ki Hajar Dewantara”. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol. 5 No. 1.
Anggito, Albi & Jihan Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
AR, Zainuddin dan Hasanudi Sinaga. 2014. Pengantar Studi Akhlak. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Ariska, Yuni. 2020. “Peran Keluarga Dalam Pendidikan Akhlak Anak (Studi Kasus Anak Usia 6-12 Tahun Di Kelurahan Wonokoyo Rt 03 Rw 02 Malang)”. Skripsi Sarjana Pendidikan. Malang: Universitas Islam Malang.
Firdaus. 2017. Membentuk Pribadi Berakhlakul Karimah Secara Psikologis. Jurnal Al-Dzikra. Vol. 10 No. 1.
Hardani, Pitri. 2021. “Peran Orang Tua Dalam Membina Akhlak Anak Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Muara Niro Kecamatan VII Koyo Kabupaten Tebo”. Skripi Sarjana Pendidikan. Jambi: UIN Sultan Thaha Saifuddin.
Hasan, Muhammad, dkk. 2021. Landasan Pendidikan. Tahta Media Group.
Juniartini dan Rasna. 2020. “Pemanfaatan Aplikasi Goole Meet Dalam Keterampilan Menyimak Dan Berbicara Untuk Pembelajaran Bahasa Pada Masa Pandemic Covid-19”. Jurnal Pendidikan Pembelajaran Bahasa Indonesia, Volume 9 Nomor 2.
Mukti, Digdo Aji dkk. 2020. “Pembentukan Akhlak Mahmudah Perspektif Keluarga Maslahah Sebagai Upaya Pencegahan Menghadapi Pandemi Covid-19”. Jurnal Studi Gender dan Anak, Vol. 02 No. 01.
Nasution, Inom dan Suharian. 2020. “Peran Orang Tua Terhadap Anak Dalam Program Belajar Dari Rumah Di Masa Pandemi Covid-19”. Jurnal Visipena, Vol. 11 No. 2. Kurniawan, Rizlauddin, dkk. 2021.
“Urgensi Pendidikan Keluarga Di Masa Pandemi Covid-19”, Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 6 No. 1.
Nurdin, Ismalil & Sri Hartati. 2019. Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendikia.
Purwanto, Agus, dkk. 2020. “Studi Eksplorasi Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pembelajaran Online di Sekolah Dasar”. Indonesia: Universitas Pelita Harapan.
Putra, Rixsy Adi. 2021. “Peran Orang Tua Dalam Pembinaan Akhlak Anak Di Desa Lubuk Ledung Kecamatan Kedurang Ilir Kabupaten Bengkulu Selatan”. Skripsi Sarjana Pendidikan. Bengkulu: IAIN Bengkulu.
Putri, Ririn Noviyanti. 2020. “Indonesia Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19”, Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi. Volume 20 Nomor 2.
Sakti, Muhammad Fani, dkk. 2021. “Urgensi Pendidikan Keluarga Di Masa Pandemi Covid-19”, Eduvis: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 6 No. 2.
Salim dan Syahrum. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif (Konsep dan Aplikasi dalam Ilmu Sosial, Keagamaan, dab Pendidikan). Bandung: Cipta Pustaka Media.
Santika, Tika. 2018. “Peran Keluarga, Guru, Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini”. Jurnal Pendidikan UNSIKA, Vol. 6 No. 2.
Sanusi, Uci, dkk. 2018. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Deepublish.
Siyoto, Sandu. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sudarto. 2021. Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: Deepublish.
Sugioyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif & Kuantitatif). Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ulfa, Ana Maria. 2017. “Urgensi Pendidikan Moral Dan Keimanan Pada Anak Dalam Keluarga (Studi Kasus Di RT 6 RW 3 Iringmulyo Metro)”. Sarjana Pendidikan, IAIN Metro, 2017.
Untung, Slamet. 2019. Metodologi Penelitian Teori Dan Praktik Riset Pendidikan Dan Sosial. Yogyakarta: Litera.
Wahy, Hasbi. 2012. “Keluarga Sebagai Basis Pendidikan Pertama Dan Utama”. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, Vol. 12 No. 2.
Yuliana. 2020. Corona Virus Disease (Covid-19), (Lampung: Fakultas Kedokteran Universitas.
23SK2321104.00 | SK PAI 23.104 HIK u | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain