SKRIPSI PAI
Upaya Kiai Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kedisiplinan Santri Putra Pondok Pesantren Manba'ul Huda Landungsari Pekalongan Timur Kota Pekalongan
Kata Kunci: Kedisiplinan Santri, Pondok Pesantren
Pondok pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan non formal yang eksistensinya masih diakui masyarakat sampai saat ini dengan sistem asrama dimana santri-santrinya menerima pendidikan agama melalui sistem pengajian atau madrasah yang sepenuhnya berada dibawah kedaulatan dan kepemimpinan seorang atau beberapa orang Kyai dengan ciri-ciri khas yang bersifat kharismatik serta independen dalam segala hal. Sebagai sebuah lembaga pendidikan, pesantren mempunyai tujuan yang dirumuskan dengan jelas sebagai acuan program-program pendidikan yang diselenggarakannya. Tujuan didirikan pondok pesanten pada dasarnya dibagi menjadi dua, yaitu tujuan umum, membimbing para santri untuk menjadi manusia yang berkepribadian Islam yang sanggup dengan ilmu agamanya menjadi mubaligh di tengah masyarakat. Sedangkan tujuan khusus yaitu mempersiapkan para santri untuk menjadi orang yang ahli agama serta mengamalkannya dalam kehidupan bermasyarakat.
Rumusan masalah yaitu: “(1) Bagaimana upaya kiai dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan santri putra Pondok Pesantren Manba’ul Huda Landungsari? (2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan santri putra Pondok Pesantren Manba’ul Huda Landungsari? Pendekatan dan jenis penelitian jenis pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yaitu mengkaji upaya kiai dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan santri putra pondok pesantren manba’ul huda landungsari pekalongan timur Kota pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Penelitian secara langsung terhadap objek dan dikumpulkan data-data konkret sesuai dengan permasalahan yang dikaji dalam penelitian, di mana tujuan ini penelitian ini adalah untuk mempelajari secara intensif latar belakang, interaksi lingkungan yang terjadi pada satu satuan sosial seperti individu, kelompok, lembaga atau komunitas.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan hasil penelitian tentang upaya kiai dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan santri putra Pondok Pesantren Manba’ul Huda Landungsari Pekalonagn Timur Kota Pekalongan dapat ditarik beberapa kesimpulan dan saran sebagai berikut: adanya peraturan-peraturan, Adanya sanksi, adanya kegiatan-kegiatan yang bersifat wajib bagi santri. Seperti sholat berjama’ah, kegiatan ta’lim, kegiatan ziyaroh, kegiatan rutinan Bersama masyarakat. Adapun faktor pendukung dan faktor penghambat dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan santri putra pondok pesantren Manba’ul Huda Landungsari Pekalongan Timur Kota Pekalongan antara lain: adanya sebuah sarana prasarana yang cukup memadai sehingga proses kegiatan santri yang ada di pondok pesantren cukup efektif, adanya dukungan wali santri dan masyarakat dalam pembelajaran di pondok pesantren Manba’ul Huda, Adanya kedisiplinan ustadz pondok pesantren Manba’ul Huda, sehingga akan timbul positif yang sangat besar terhadap santri. Selain itu santri selalu diingatkan melalu nasehat-nasehat kedisiplinan oleh ustadz agar santri selalu mengingat betapa dampak baiknya bila santri dapat menanamkan nilai-nilai kedisiplinan. Kemudian faktor penghambat dalam penanaman nilai-nilai kedisiplinan santri antara lain: a.Faktor cuaca, Beberapa faktor penghambat yang ada di dalam pondok pesantren manba’ul huda yaitu faktor cuaca. Dengan adanya faktor cuaca Biasanya kegiatan yang sifatnya di luar menjadi terhambat, yang sering terjadi adanya curah hujan yang begitu deras sehingga kegiatan menjadi tertunda ataupun tetap berjalan tapi mengulur waktu yang nantinya kurangnya kedisiplinan, Penggunaan gadget/ HP yang masih belum maksimal, sehingga proses kegiatan kedisiplinan santri sangat terhambat, Penggunaan gadget yang belum teratur menjadi salah satu faktor penghambat dalam kegiatan, yang biasanya terjadi kegiatan sudah dilaksanakan akan tetapi santri masih saja menggunakan gadget/ HP, sehingga menjadi kurang maksimal dalam kedisiplinan santri, Kurangnya transportasi dalam kegiatan, Kurangnya transportasi merupakan salah satu faktor penghambat jalannya kegiatan santri pondok pesantren Manba’ul Huda, terutama kegiatan yang sifatnya di luar pondok pesantren. Sehingga kegiatan sangat terganggu, dan kedisplinan juga kurang maksimal. Kurangnya kemantapan yang ada di dalam diri santri, Adanya kurangnya kemantapan santri dalam menjalani kegiatan santri juga menjadi salah satu faktor penghambat kegiatan santri, sehingga kegiatan-kegiatan santri kurang maksimal dalam kedisiplinan.
DAFTAR PUSTAKA :
Afrizal. 2015. Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ahmad, Doni Koesoema. 2007. Pendidikan Karakter : Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Albi, Anggita. 2018. Metodologi Penilitian Kualitatif. Jawa Barat: Jejak.
Alif, Achadah. “Implementasi Kegiatan Salat Tahajud Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri Di Pondok Pesantren Putri Babussalam Banjarejo Pagelaran Malang”. Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, Vol. 16, No. 2, Maret - April 2022.
Al-Khuwarizmi, Firghi. 2022. Santri Ponpes Manba’ul Huda, Wawancara Pribadi, Tanggal 17 Januari 2022.
Arikunto, Suharsimi. 2003. Prosedur Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo.
Ary, Antony Putra. 2020. “Kontribusi Peran Orangtua dan Guru dalam Pembentukan Karakter Islami Anak Usia Dini”. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2 Juli-Desember 2020.
Asmani, Jamal Ma’mur. 2010. Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif, dan Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Attami, Muhammad Chakam. Khodim Pondok Pesantren Manba’ul Huda, Wawancara Pribadi, 18 Januari 2022.
Burhan, Bungin. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Cahyadi, Indra. “Upaya Guru Mengembangkan Media Visual Dalam Proses Pembelajaran Fiqih Di MAN Kuok Bangkinang Kabupaten Kampar”. Jurnal Al-Hikmah, 1 April 2017.
Choirul, Mahfud. 2019. “Sistem Pendidikan Pesantren Dan Tantangan Modernitas”. Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 15, No. 01, Juli 2019.
Dawam, Muhammad Saleh. 2018. Jalan ke Pesantren. Bandung: Dunia Pustaka Jaya.
Depdikbud. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Dhofier, Zamarkasyi. 2011. Tradisi Pesantren. Jakarta: Anggota Ikapi.
Dokumentasi Sejarah Berdirinya Pondok Pesantren Manba’ul Huda, Tanggal 15 Januari 2022.
Dzulfiqar. 2018. “Pengaruh Peraturan Pesantren Terhadap Kedisiplinan Santri Pada Pondok Pesantren Jabal Nur Jadid Desa Meurandeh Kabupaten Aceh Barat Daya”.
Dzulkarnain, Iskandar. Ketua Pondok Pesantren Manba’ul Huda. Wawancara Pribadi, Tanggal 16 Januari 2022.
Ernawati, Ika. 2016. “Pengaruh Layanan Informasi dan Bimbingan Pribadi Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas XII MA Cokroaminoto Wanadadi Banjarnegara”. Jurnal Bimbingan Dan Konseling.
Fahlevi, Reza Muammar. 2022. Santri Ponpes Manba’ul Huda, Wawancara Pribadi, Tanggal 17 Januari 2022.
Firdaus, Aziz. 2012 Metode Penelitian. Tangerang: Jelajah Nusa.
Fuad, Hadi. 2013. Al-Qur’an Tajwid Warna Transliterasi Per Kata Terjemah Per Kata. Bekasi: Cipta Bagus Segara.
Ike, Anggraika. Mendisiplinkan Anak. Jakarta: Aspirasi Pemuda.
Imron, Ali. 2012. Managemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Juhari. 2018. “Pencitraan Ulama Dalam al-Qur’an (Refleksi Peran Ulama Dalam Kehidupan Sosial)”. Jurnal Peurawi, Vol. 1, No. 2, Tahun 2018.
Masykuri, Arif Rahman. 2013. Kesalahan-kesalahan Guru Saat Mengajar. Jogjakarta: Laksana.
Munhamir, Munawwir. 2022. Pengasuh Pondok Pesantren Manba’ul Huda, Wawancara Pribadi, Pekalongan 26 Februari 2022.
Muri, Yusuf A. 2017. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
Neni, Rosita. 2018. “Kepemimpinan Kharismatik Kiai Di Pondok Pesantren Ali Maksum Krapyak Yogyakarta”. Jurnal Kegiatan Sosial Keagamaan, Vol. 1, No. 2, Juli-Desember 2018
.
Panjaitan, Nurmalasari. 2018. “Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa MIS Al Manar Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang”. Medan: UIN Sumatera Utara.
Purwanto. 2010. Orang Muda Mencari Jati Diri Di Zaman Modern. Yogyakarta: Kanasius.
Rizkon, Ahmad. 2019. “Pengaruh Metode Islah Mubasyir Terhadap Kedisiplinan Santri Pondok Pesantren”. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, Vol. 4, No. 1, Oktober 2019.
Rosyid, Abdul. 2021. “Metode Reward and Punishment sebagai Basis Peningkatan Kedisiplinan Siswa Madrasah Diniyyah”. Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, Vol. 11, No. 2, 2021.
Saifudin, Anwar. 1998. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sudarnam, Danim. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.
Sugiyono. 2008. Metode Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugono, Dendy. 2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sumarni. 2020. “Peran Pengurus Pondok Dalam Menerapkan Reward Dan Punishment Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Santri Di Pondok Pesantren Daarul Falah Areng-Areng, Dadaprejo, Junrejo Kota Batu”. Jurnal Pendidikan Islam.
Tri, Suyati. 2019. “Faktor Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Kelas X Smk Larenda Brebes”. Jurnal Mimbar Ilmu, Vol. 24 No. 2, 2019.
Untung, Slamet. 2019. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Litera.
Vriyatna, Muhammad. 2022. “Pengaruh Kegiatan Ekstrakulikuler Pencak Silat Terhadap Kedisiplinan Santri Pondok Pesantren Al-Qur'an Hidayatullah Karimun”. Jurnal Mumtas, Vol. 2, No. 1, Januari 2022.
Wahyono, Imam. 2019. “Strategi Kiai Dalam Mensukseskan Pembelajaran Nahwu Dan Shorof, Di Pondok Pesantren Al-Bidayah Tegalbesar Kaliwates Jember”. Jurnal Tarbiyatuna, Vol. 3, No. 2, 2019.
Widayatulloh, Widi. 2012. “Pengaruh Ta’zir Terhadap Peningkatan Kedisiplinan Santri Di Pondok Pesantren (Penelitian di Pondok Pesantren Al-Musaddadiyah Garut). Jurnal Pendidikan Universitas Garut, Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, Vol. 06, No. 01, 2012.
Widyaningrum, Leni. 2018. “Peran Organsisasi Intra Sekolah dalam Menanamkan Kedisiplinan Santri Pondok Pesantren Darul Fikri Bringin Kauman Ponorogo”. Jurnal Tarbawi.
23SK2321102.00 | SK PAI 23.102 MUH u | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain