SKRIPSI PAI
Implementasi Metode Tasmi' Dalam Evaluasi Hafalan Juz' Amma di TPQ Hamalatul Qur'an Desa Rowosari Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang
Kata Kunci: Metode Tasmi’, Evaluasi Hafalan Juz ‘Amma
Menghafal al-Qur’an sulit dilakukan, banyak masalah yang dihadapi penghafal al-Qur’an, terkadang masih banyak yang belum bisa menghafal dengan benar sesuai makhraj dan tajwidnya, masih banyak siswa yang belum menghafal secara mutkin, dan kurang membagi waktu dalam mengulang. Banyak metode yang diterapkan dalam evaluasi hafalan al-Qur’an, salah satu metodenya yaitu dengan metode tasmi’. Metode ini diterapkan dalam evaluasi hafalan juz ‘amma di TPQ Hamalatul Qur’an Desa Rowosari untuk mengetahui kemampuan hafalan al-Qur’an setiap santri.
Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu bagaimana implementasi metode tasmi’ dalam evaluasi hafalan juz ‘amma di TPQ Hamalatul Qur’an Desa Rowosari. Serta apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi metode tasmi’ dalam evaluasi hafalan juz ‘amma di TPQ Hamalatul Qur’an Desa Rowosari. Tujuannya untuk mengetahui implementasi metode tasmi’ dalam evaluasi hafalan juz ‘amma di TPQ Hamalatul Qur’an Desa Rowosari. Serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi metode tasmi’ dalam evaluasi hafalan juz ‘amma di TPQ Hamalatul Qur’an Desa Rowosari.
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field Research). Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode tasmi’ dalam evaluasi hafalan juz ‘amma di TPQ Hamalatul Qur’an Desa Rowosari Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap perencanaan dengan membuat target hafalan 1 juz dan jadwal urutan maju tasmi’. Tahap pelaksanaan metode tasmi’ dilakukan dengan menggunakan al-Qur’an “Tikrar Qur’an Hafalan” dan buku panduan setoran hafalan, dilaksanakan 6 bulan sekali dalam proses evaluasi. Pukul 18.10-19.00 WIB, santri maju satu persatu tasmi’ 1 juz (juz 30) dari surat An-Naas sampai An-Naba’ di depan ustadz dan santri lain. Santri yang maju didampingi oleh dua santri, yang bertugas mengingatkan bagian hafalan yang lupa dan salah dengan al-Qur’an. Serta ustadznya mendengarkan dan mengoreksi hafalan santri yang tasmi’ dengan mengacu pada buku panduan setoran hafalan. Tahap evaluasi dari pelaksanaan tersebut dilakukan dengan memberitahu hasil kesalahan-kesalahan santri saat tasmi’ yang meliputi makharijul huruf, tajwid dan panjang pendeknya. Faktor pendukung implementasi metode tasmi’ dalam evaluasi hafalan juz ‘amma di TPQ Hamalatul Qur’an yaitu kemauan dalam menghafal, semangat dalam menghafal, support orang tua, dan sarana prasarana. Faktor penghambatnya yaitu rasa lelah, teman, dan waktu.
DAFTAR PUSTAKA :
Abdulwaly, Cece. 2020. Pedoman Murajaah al-Qur’an, Cet. Ke-10. Sukabumi: Farha Pustaka.
Akbar, Ali dan Hidayatullah Ismail. 2016 “Metode Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Kabupaten Kampar”. Riau: Jurnal Ushuludin UIN Sultan Syarif Kasim Riau, No. 1, Januari-Juni, XXIV.
Alfatoni, Sabit. 2015. Teknik Menghafal al-Qur’an. Semarang: CV. Ghyyas Putra.
Darma, Panca. 2018. “Uslub al-Qasam dalam Juz ‘Amma (Studi Analisis Unsur, Bentuk, dan Makna)”. Makassar: Jurnal Diwan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, No. 1, Juli, IV.
Fachrudin, Yudhi. 2017. “Pembinaan Tahfizh al-Qur’an di Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Tangerang”. Tangerang: Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, No. 2, Oktober, XVI.
Faisal, Vava Imam Agus. 2020. “Implementasi Metode Drill dalam Pelaksanaan Pembelajaran Hafalan Juz ‘Amma di Madrasah Diniyah Miftahul Ihsan Berankepil Wonosobo”. Wonosobo: Hamalatul Qur’an: Jurnal Ilmu al-Qur’an, No.1, Juni, I.
el-Hafizh, Herman Syam. 2015. Siapa Bilang Menghafal al-Qur’an itu Sulit?. Yogyakarta: Pro-U Media.
Hardani, dkk. 2020. Metode Penelitian, Cet. I. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.
El Hosniah. 2019. Kiat Jitu Hafal al-Qur’an Hanya 2 Tahun dengan Metode 20 Hari 1 Juz. Jember: CV. Nur Media Publishing.
Hendrawati, Wiwik, Rosidi, dan Sumar. 2020. “Aplikasi Metode Tasmi’ dan Muraja’ah dalam Program Tahfidzul Qur’an pada Santriwati di Ma’had Tahfidz Hidayatul Qur’an Desa Puding Besar”. Bangka Belitung: Lenternal: Learning and Teaching Journal IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, No. 2, I.
Hermawan, Sigit dan Amirullah. 2016. Metode Penelitian Bisnis, Cet. I, (Malang: Media Nusa Creative.
I_Q. 2020. Jurus Milenial Menghafal al-Qur’an. Tips, Trik, Motivasi, dan Hikmah Menghafal al-Qur’an di Eranya Milenial; Era 4.0). Bogor: Guepedia.
Ifadah, Rifatul, Eka Naelia Rahmah dan Fatma Siti Nur Fatimah. 2021. “Penerapan Metode Tasmi’ dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan al-Qur’an Siswa MI”. Jakarta: Ilmu al-Qur’an: Jurnal Pendidikan Islam Institut Ilmu Al-Qur’an Jakarta, No. 01, IV.
Imtihana, Aida. 2017. “Implementasi Metode Jibril dalam Pelaksanaan Hafalan al-Qur’an di SD Islam Terpadu ar-Ridho Palembang”. Palembang: Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, No. 2, Februari, II.
Iriyati, Khusnadhya Hannif. 2018. “Implementasi Metode Tasmi’ dan Takrir dalam Hafalan Qur’an (Studi Kasus Santriwati Islamic Boarding School Of Darul Bawen Tahun 2018)”. Skripsi. Salatiga: Institut Agama Islam (IAIN) Salatiga.
Iswanto, Toto. 2020. “Implementasi Metode Tasmi’ dalam Menghafal al-Qur’an di Pondok Pesantren Darut Tilawah Muneng Balong Ponorogo”. Skripsi. Ponorogo: Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Jaedi, M. 2019. “Pentingnya Memahami Al-Qur’an dan Ilmu Pengetahuan”. Indramayu: Risalah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Universitas Wiralodra Indramayu, No. 1, Februari, V.
Karlina, Lilis. 2021. “Implementasi Metode Sima’i dalam Menghafal Al-Qur’an di SMP Jabal Rahmah Mulia Medan”. Skripsi. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Machmud, Sakib. 2005. Mutiara Juz ‘Amma,Cet. I. Bandung: Mizan Media Utama.
Mahfudhon, Ulin Nuha. 2017. Jalan Penghafal al-Qur’an. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Masduki, Yusron. 2018. “Implikasi Psikologis Bagi Penghafal Al-Qur’an”. Palembang: Medina-Te: Universitas Muhammadiyah Palembang, No. 1, XVIII.
Maslukhah, Faizatul, Masykuri Bakri, dan Muhammad Sulistionon. 2021. “Implementasi Metode An-Nashr dalam Menghafal Juz 30 di Madrasah Tsanawiyah Barul Futuh Pandaan”. Malang: Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, No. 1, VI.
Miswardi, Dicky. 2019. 9 Kunci Hafal al-Qur’an 30 Juz Seumur Hidup In Sya Allah. Semarang: Uwais Inspirasi Indonesia.
Mubarokah, Syahrotul. 2019. “Strategi Tahfidz al-Qur’an Mu’allimin dan Mu’allimat Nahdlatul Ulama Wathan” (Lombok: Jurnal Penelitian Tarbawi Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok, No. 1, Januari-Juni, IV.
Mustafida, Fita. 2020. Pendidikan Islam Multikultural Konsep dan Implementasi Proses Pembelajaran PAI Berbasis Nilai-nilai Multikultural, Cet. I. Depok: Rajawali Pers.
Nurlatifah, Fujiyanti dan Fajar Syarif. 2021. “Sistem Pembelajaran Tahfiz al-Qur’an dengan Metode Sama’i di PPTQ Misbahunnur Cimahi” (Jakarta: Al-Fatih: Jurnal Pendidikan dan Keislaman Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta, No. 2, Juli-Desember, IV.
Pratiwi, Nuning Indah. 2017. “Penggunaan Media Video Call dalam Teknologi Komunikasi”, (Denpasar: Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial Universitas Pendidikan Nasional Denpasar, No. 2, Agustus, I.
Ramadhani, Yulia Rizki dkk. 2021. Dasar-dasar Perencanaan Pendidikan, Cet. I. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Rukajat, Ajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach), Cet. I. Yogyakarta:Deepublish.
Rusyd, Raisya Maula Ibnu. 2019. Panduan Praktis & Lengkap Tahsin, Tajwid, Tahfizh untuk Pemula, Cet. I. Yogyakarta: Laksana.
Sa’dulloh. 2008. 9 Cara Praktis Menghafal al-Qur’an, Cet. I. Depok: Gema Insani.
Saihu. 2020. “Peran Hafalan al-Qur’an (Juz’amma) (Studi Tentang Korelasi antara Menghafal al-Qur’an dengan Hasil Belajar al-Qur’an Hadis di SDIT al-Musyarrofah Jakarta)”. Jakarta: Kordinat: Jurnal Komunikasi antar Perguruan Tinggi Agama Islam Institut PTIQ Jakarta, No. 1, XIX.
Samsu. 2017. Metode Penelitian: (Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development), Cet. I. Jambi: Pusaka Jambi.
Sanjaya, Deni. 2020. “Tinjauan Terhadap Penerapan Metode Tasmi’ dan Muraja’ah dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an (Studi Kualitatif Deskriptif pada Siswa SDIT Thariq Bin Ziyad Jatimulya Bekasi)”. Bekasi: Turats: UNISMA Bekasi, No. 2, Desember, XIII.
Saper, Md. Noor bin dkk. 2017. Chapter V Innovation of Education Proceedings International Conference on Guidance and Counseling. Pontianak: Pontianak Islamic State Institute.
Setiana, Anang dan Rina Nuraeni. 2018. Riset Keperawatan, Cet. I. Cirebon: Lovrinz Publishing.
Shafia, Alfina Bilqisth dan Edi Widianto. 2021. “Pelatihan Menghafal al-Qur’an Menggunakan Metode Murojaah dan Tasmi’ untuk Meningkatkan Tahfidz Juz 30 di SDI Al-Barokah Pamekasan Madura”. Malang: Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, No. 3, Desember, II.
Solihin, Rahmat. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Tahfidz al-Qur’an di Sekolah Dasar”. Tangerang: Jurnal Asy-Syukriyah STAI Asy-Syukriyah Tangerang, No. 2, Oktober, XXI.
Subagia, I Nyoman. 2021. Pendidikan Karakter: Pola, Peran, Implikasi dalam Pembinaan Remaja Hindu, Cet. I. Bali: Nilacakra Publishing House.
Sudarto. 2021. Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: Deepublish.
Sugiarto, Rachmat Morado. 2019. Cara Gampang Menghafal al-Qur’an, Cet. I. Jakarta: Wahyuqalbu.
Untung, Moh. Slamet. 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan (Teori dan Pratik Riset Pendidikan dan Sosial, Cet. I. Yogyakarta: Litera.
Wahid, Wiwi Alawiyah. 2014. Cara Cepat Bisa Menghafal al-Qur’an, Cet IV. Yogyakarta: Diva Press.
Wahid, Wiwik Alawiyah. 2015. Panduan Menghafal al-Qur’an Super Kilat. Yogyakarta: Diva Press.
Wahyuni, Suci. 2020. “Manajemen OPDM (Organisasi Pelajar Dayah Al-Muslimun) dalam Mengembangkan Bakat TTQ (Tahfidz Tasmi’ Al-Qur’an) (Studi Kasus di Dayah Terpadu Al-Muslimun Lhoksukon)”. Aceh: Jurnal Al-Madaris Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Jamiatut Tarbiyah Lhoksukon, No. 1, I.
Zahrah, Fatimatus. 2021. “Kegiatan Tahfidzul Quran pada Masa Pandemi Covid-19 di MI Tarbiyatul Athfal Karang Cempaka” (Madura: Mubtadi: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, No. 1, Desember, III.
23SK2321100.00 | SK PAI 23.100 IFF i | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain