SKRIPSI PAI
Peran Guru PAI Dalam Penanaman Disiplin Belajar Siswa SMK Syafi'I Akrom Pekalongan
Kata Kunci: Peran Guru PAI, Disiplin Belajar Siswa
Disiplin belajar merupakan serangkaian perilaku seseorang yang taat dan patuh terhadap peraturan, tata tertib, norma kehidupan yang berlaku karena didorong adanya kesadaran dari dalam dirinya untuk melaksanakan tujuan belajar yang diinginkan. Disiplin belajar sangat penting bagi keberhasilan siswa dan guru PAI tentunya juga turut berperan dalam penanaman disiplin belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru PAI dalam penanaman disiplin belajar siswa di SMK Syafi’i Akrom Kota Pekalongan, untuk menjelaskan strategi guru PAI dalam penanaman disiplin belajar siswa di SMK Syafi’i Akrom Kota Pekalongan, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat guru PAI dalam penanaman disiplin belajar siswa di SMK Syafi’i Akrom Kota Pekalongan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis menggunakan metode analisis reduksi data, penyajian data, pengambilan kesimpulan, dan verifikasi data.
Hasil dari penelitian yang disimpulkan adalah: peran guru PAI dalam penanaman disiplin belajar siswa SMK Syafi’i Akrom Kota Pekalongan yaitu peran guru sebagai motivator yaitu memberikan motivasi-motivasi yang membuat siswa menjadi semangat belajar dan selalu menerapkan disiplin belajar, sebagai teladan yaitu guru memberikan contoh-contoh perilaku yang baik kepada siswanya, serta sebagai pendidik dalam hal penerapan disipilin waktu dalam belajar. Strategi guru PAI dalam Penanaman disiplin belajar yang dilakukan oleh guru PAI SMK Syafi’i Akrom Kota Pekalongan yaitu membuat kontrak belajar, mengumpulkan tugas tepat waktu, memberikan reward dan hukuman yang bersifat mendidik. Faktor pendukung yang mempengaruhi dalam penanaman disiplin belajar siswa SMK Syafi’i Akrom Kota Pekalongan diantaranya kesadaran diri siswa, pembiasaan sikap disiplin belajar, adanya kerja sama dengan orang tua. Faktor penghambat dalam penanaman disiplin belajar siswa SMK Syafi’i Akrom Kota Pekalongan antara lain: kurangnya kesadaran siswa, kurangnya motivasi dan perhatian dari orang tua, kurangnya persiapan belajar siswa.
DAFTAR PUSTAKA :
A.M, Sardiman. 1992. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
A. R, Syamsudin. 2006. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Aditya Kurniawan, Wisnu. 2018. Budaya Tertib Siswa di Sekolah (Penguatan Pendidikan Karakter Siswa). Sukabumi: CV Jejak.
Ahmadi, Abu. 2017. Teknik Belajar Yang Efektif. Jakarta: Rineka Cipta.
Akmaludin. 2019. Kedisiplinan Belajar Siswa di Sekolah Dasar (SD) Negeri Cot Keu Eung Kabupaten Aceh Besar. Banda Aceh, Journal of Education Science.
Ali, Muhammad. 2000. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Modern. Jakarta: Pustaka Ahmani.
Ardiansyah, Hanif. 2013. Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Disiplin Belajar Siswa Kelas XII Jurusan Administrasi Pekantoran Di SMK Nu 01 Kendal Tahun Pelajaran 2012/2013. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: Rineka Cipta.
Bagaskorowati, Riana. 2010. Anak Beresiko. Bogor: Ghalia Indonesia.
Bahri Djamarah, Syaiful. 2018. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Br Tarigan, Ernita. 2018. Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Dalam Proses Belajar Mengajar Melalui Layanan Konseling Kelompok Pada Siswa Kelas Vii-3 Smp Negeri 1 Gebang Tahun 2017-2018”. Gebang: Jurnal Tabularasa Pps Unimed, Vol.15 No.3.
Buna’i, Perencanaan Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Surabaya: CV Jakad Media Publishing.
Chandrawaty dkk. 2020. Pendidikan Anak Usia Dini: Perspektif Dosen PAUD Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Jakarta: Edu Publisher.
Departemen Agama RI. 2004. Pedoman Pendidikan Agama Islam Untuk Sekolah Umum. Jakarta: t.p.
Departemen Pendidikan Nasional. 2014. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Danim, Sudarwa. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: CV Pustaka Setia.
Daradjat, Zakiah. 2014 Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: bumi aksara.
Dimyati, Azima. 2019. Pengembangan Profesi Guru. Yogyakarta: CV Gre Publishing.
Fathurohman, Pupuh dkk. 2013. Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.
Fitriyan Pratama Putra, Nanda. 2013 Peranan Komunikasi Interpersonal Orang Tua dan Anak dalam Mencegah Perilaku Seks Pranikah di SMA Negeri 3 Samarinda Kelas XII. Samarinda: E-Journal Ilmu Komunikasi, Volume 1 No. 3.
Gie, Liang Administrasi Sekolah. 2019. Jakarta: CV. Medina Data Publish.
Hadi, Sutrisno. 2006. Metodologi Riseach. Yogyakarta: Fak. Psikologi UGM.
Hamid, Rusdiana. 2006. Reward dan Punishment dalam Perspektif Pendidikan Islam. Banjarmasin: Ittihad Jurnal Kopertis, vol. 4, No. 5, April.
Haniyah, Zida dan Nurul Indana, 2021. “Peran Guru PAI dalam Pembentukan Karakter Islami Siswa di SMPN 03 Jombang”. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaan, Vol. 1, No. 1, April.
Heri Gunawan, Mahmud dan Yuyun Yulianingsih. 2013. Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga. Jakarta: Indeks.
Ibung, Dian. 2009. Mengembangkan Nilai Moral Pada Anak. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Idrus, Muhammad. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial. Yogyakarta: Erlangga.
Indahyati dan Fidya Aric Pratama, Etika Profesi Keguruan. Yogyakarta: K-Media.
Indrawan dkk, Irjus. 2020. Guru Profesional. Klaten: Lakeisha.
Iskandar. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: Gaung Persada Press.
Ismail Makki, Muhammad dan Aflahah. 2019. Konsep Dasar Belajar dan Pembelajaran. Pamekasan: Duta Media Publishing.
Imron, Ali. 2018. Manajemen Siswa Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Imrotun Arifah, Ana. 2018. Penggunaan Metode Pembiasaan Membaca Asmaul Husna Dalam Membentuk Disiplin Siswa di MTs Negeri 01 Pekalongan. Pekalongan: IAIN Pekalongan.
Ivon Indra Prastiti, Yosef. 2019. “Penerapan Kedisiplinan Belajar Siswa di Kelas III B SD Gunung Mulyo Sedayu”. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Izul. 2022. guru PAI kelas XI SMK Syafi’i Akrom Kota Pekalongan, wawancara pribadi.
Julia Fania, Fani. Dkk. 2013. Disiplin Siswa di Sekolah dan Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling, (Jurnal Ilmiah Konseling, Vol.2 No. 23 April.
Julhadi. 2021. Program Pengalaman Lapangan (PPL) di Perguruan Tinggi Teori dan Praktik. Tasikmalaya: Edu Publisher.
Khafid, Muhammad. 2007. “Pengaruh Disiplin Belajar Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Ekonomi”. Semarang: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol. 2 NO. 2.
Khamid, Nur. 2019. “Peran Guru PAI Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di MTS Ishthifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Kota Pekalongan.” Skripsi Sarjana Pendidikan IAIN Pekalongan.
Khotimah. 2022. guru PAI kelas X SMK Syafi’i Akrom Kota Pekalongan wawancara pribadi.
Kiki Yestiani, Dea dan Nabila Zahwa. 2020. Peran Guru Dalam Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, No. 1, IV.
Kurniawan, Benny. 2012. Metodologi Penelitian. Tangerang: Jelajah Nusa.
Lupi Tania, Aditya dkk. 2021. Usaha Pemberian Layanan yang Optimal Guru BK Pada Masa Pandemi Covid-19 (Antologi Esai Mahasiswa Bimbingan dan Konseling). Yogyakarta: UAD Press.
Maemunawati, Siti dan Muhammad Arif. 2020. Peran Guru, Orang Tua, Metode dan Media Pembelajaran: Strategi KBM di Masa Pandemi COVID-19. Banten: 3M Media Karya Serang.
Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustakan Setia.
Mirdanda, Arsyi. 2018. Motivasi Berprestasi & Disiplin Peserta Didik Serta Hubungannya dengan Hasil Belajar. Pontianak: Yudha English Gallery.
Muhtar, Jauhari. 2005. Fiqih Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Rosdakarya.
Mulyasa, Manajemen Pendidikan Karakter. 2017. Jakarta: Bumi Aksara.
Mustakim, Zaenal. 2011. Strategi & Metode Pembelajaran. Pekalongan, Stain Press.
Mustari, Mohamad. 2014. Nilai Karakter: Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Musyafa. 2022. guru PAI kelas XII SMK Syafi’i Akrom Kota Pekalongan wawancara pribadi.
Nurbukada Abu Ahmadi, Cholid. 2003. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Nata, Abuddin. 2001. Persfektif Islam Tentang Pola Hubungan Guru Murid. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Puput Raharjo, Himawan. 2017. Strategi Guru Pendidikan Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas XI IPS 1 (Studi Kasus Di SMP MUHAMMADIYAH 5 Karanganyar, Jaten,Karanganyar) Tahun Pelajaran 2026/2027. Skripsi Sarjana Pendidikan, IAIN Surakarta.
Ramayulis. 2014. Metodologi Pendidikan Agama Islam.Jakarta: Kalam Mulia.
Rizema Putra, Sitiatava. 2014. Prinsip Mengajar Berdasarkan Sifat-Sifat Nabi, Jogjakarta: Diva Press.
Saifuddin. 2018. Pengelolaan Pembelajaran Teoretis dan Praktis. Yogyakarta: DeePublish CV Budi Utama.
Sapendi, 2015. “Internalisasi Nilai-Nilai Moral Agama Pada Anak Usian Dini”. Pontianak: Jurnal IAIN Pontianak: At-Turats.
Setiawan, Wahyudi. 2018. “Reward and Punishment dalam Perspektif Pendidikan Islam”. Ponorogo: Al-Murabbi, Vol. 4, No. 2, Januari.
Setyaningrum, Yayuk dkk. 2020. “Peran Guru Kelas dalam Pembentukan Karakter Disiplin pada Siswa”. Semarang: Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, No. 3, Desember, III.
Septia Amini, Yulinda. 2021. Penerapan Kontrak Belajar Anak Usia 4-6 Tahun di PAUD Jogja Green School. Jogja: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Siwi. 2022. siswi kelas X SMK Syafi’i Akrom Kota Pekalongan, wawancara pribadi.
Suaib. 2022 siswa kelas XII SMK Syafi’i Akrom Kota Pekalongan, wawancara pribadi.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsaputra, Uhar. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif , Kualitatif dan Tindakan. Bandung: PT. Refika Aditama.
Surahmat, Winarno. 1991. Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung: Tarsito.
Sukmadinata, 2015. Landasan Psikologi Proses Pendidkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suprihatin. 2019. Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlaqul Karimah Siswa. At-Tajdid: No. 01, Januari – Juni, III.
Sopian, Ahmad. 2016. Tugas, Peran, Dan Fungsi Guru Dalam Pendidikan. RAUDHAH Proud To Be Professionals Jurnal Tarbiyah Islamiyah No. 1, Juni, I.
Syah, Muhibbin. 2013. Psikologi Pendidikan, Suatu Pendekatan Baru. Bandung Remaja Rosda Karya Offset.
Tu’u, Tulus. 2016. Peran Disiplin Pada Perilaku & Prestasi Siswa. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Umar. 2019. Pengantar Profesi Keguruan. Depok: Rajawali Pers.
Utami Aziz, Rini. 2006. Jangan Biarkan Anak Kita Berbohong dan Mencuri. Solo: Tiga Serangkai.
Wahyuni Adiningtiyas, Sri. 2017. Program Bimbingan Pribadi Untuk Meningkatkan Perilaku Disiplin Siswa. Batam, Jurnal Kopasta.
Wahyuni, Reza. 2016. “Peranan Guru dalam Menanamkan Nilai Kedisiplinan dan Kegiatan Belajar Siswa Penderita Tuna Rungu di Sekolah Luar Biasa PKK Bandar Lampung Tahun 2016” Skripsi Sarjana Pendidikan Universitas Lampung, Bandar Lampung.
Wahyudi. 2022. Kepala SMK Syafi’i Akrom Kota Pekalongan, wawancara pribadi.
Wali, Kader. 2019. “Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik di Kelas VII SMP Persiapan Tomi-tomi Kecamatan Waesala Kabupaten Seram Bagian Barat”. Ambon: Kuttab: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, No. 2, Oktober, I.
Wijaya, Cece dan Tabrani Rusyam. 1991. Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Wijaya, David. 2014. Pendidikan Antikorupsi. Jakarta: Indeks.
Yanti, Deby dkk. 2021. Urgensi Komunikasi Efektif Guru dengan Orang tua dalam Kedisiplinan Belajar Siswa di Era Pandemic Covid, Prosiding SEMAI.
23SK2321099.00 | SK PAI 23.099 ZUL p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain