SKRIPSI PAI
Program Kegiatan Keagamaan Dalam Menciptakan Suasana Akademik Religius di SMK N 1 Pemalang
Kata Kunci: Kegiatan Keagamaan, Menciptakan, Suasana Religius
Kegiatan keagamaan mempunyai peranan yang sangat penting dan sangat vital dalam rangka pembentukan manusia yang bertakqa dan tata kepada Allah swt. dalam rangka menjadikan manusia berakhlak mulia sesuai apa yang diperintahkan oleh Allah swt. Kegiatan-kegiatan yang dapat menumbuhkan budaya religius (religious Culture) di lingkungan lembaga pendidikan antara lain: melakukan kegiatan rutin, yaitu pengembangan budaya religius secra rutin berlangsung pada hari-hari belajar biasa di lingkungan lembaga pendidikan. Kegiatan rutin ini dilakukan dalan kegiatan sehari-hari yang terintegrasi dengan kegiatan yang telah diprogramkan. Hal ini mendorong SMK Negeri 1 Pemalang untuk menciptakan suasana akademik religius melalui program kegiatan keagamaan.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan program kegiatan keagamaan dalam menciptakan suasana akademik religius di SMK N 1 Pemalang. 2) untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat program kegiatan keagamaan dalam menciptakan suasana akademik religius di SMK N 1 Pemalang.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru PAI, Pembina Ekstrakurikuler Rohis, dan Siswa SMK Negeri 1 Pemalang. Adapun analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi atau kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program kegiatan keagamaan yang ada di sekolah untuk menciptakan suasana akademik religius yaitu program internal dan program eksternal. Adapun faktor pendukung dalam penelitian ini adalah antusias peserta didik, fasilitas sekolah, dukungan dari lingkungan sekolah, dan sumber dana. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya SDM, waktu yang terbatas, pandemi covid-19, kegiatan yang berbenturan, keluarga, dan kemajuan teknologi.
DAFTAR PUSTAKA :
Abidin, A. Mustika. 2019. “Pengaruh Penerapan Kegiatan Kegiatan di Lembaga Pendidikan Formal Terhadap Peningkatan Kecerdasan Spiritual Anak”. Jurnal Studi Gender dan Anak Vol. 12 No. 1.
Afidah, Oktaveria Lilafi Nur. 2018. “Implementasi Kegiatan Keagamaan dalam Menungkatkan Kualitas Akhlak Siswa di SMK IPTEK Weru Sukoharjo Tahun Ajaran 2018/2019”. Jurnal of Multidisplinary Studies. Vol. 2 No. 1.
Agustinova, Danu Eko. 2015. Memahami Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik, Yogyakarta: Calpulis.
Bajuri, Diding. 2013. “Analisis Kualitas Pelayanan Publik Perangkat Desa Pegandon Kecamatan Kadipaten Kabupaten Majalengka”. Jurnal Ilmu Administrasi Negara. Vol. VI. No. 1.
Bungin, Burhan. 2011. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana.
Burhanudin,Ahmad. 2019. “Dampak Kegiatan Keagamaan Rohis Melalui Kajian Kitab Kuning bagi Akhlak Peserta Didik”. Jurnal Hikmatuna. Vol. 5 No. 1.
Doturroh, Wiwi Mahfu. 2020. “Pengembangan Program Keagamaan Melalui Ekstrakurikuler di MTs Al-Ikhsan Beji Kedungbanteng Kabupaten Banyumas”. Skripsi Jurusan PAI. Banyumas: IAIN Purwokerto.
Fathurrohman, Muhammad. 2015. Budaya Religius dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Yogyakarta: KALIMEDIA.
Hadi, Sutrisno. 1999. Metodologi Research. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.
Haryani, Dewi dan Ainur Rafik.2021. “Pembinaan Kegiatan Keagamaan dalam Membentuk Karakter Religius di Madrasah”. Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol. 2 No. 1.
Irkhamiyati.2017. “Evaluasi Persiapan Perpustakaan Stiker ‘Aisyiyah Yogyakarta dalam Membangun Perpustakaan Digital”. Jurnal Berkah Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Vol. 13. No. 1.
Ma’ruf, Anang. 2020.“Implementasi Kegiatan Keagamaan dalam Mengembangkan Sikap Religius dan Mandiri Beribadah Peserta Didik Kelas XII SMK Negeri 3 Salatiga”. Skripsi Jurusan PAI. Salatiga: IAIN Salatiga.
Matsura dan Abdul Muis. 2017. “Peran Guru dalam Menciptakan SuasanaReligius Peserta Didik”. Jurnal Pemikiran Keislaman. Vol. 01 No. 1.
Musarofah, Siti. 2020. “Evaluasi Program Keagamaan dalam Kelas Khusus di SMK Ma’arif 1 Kroya (Studi Evaluatif Menggunakan Model CIPP)”. Skripsi jurusan PAI. Purwokerto: IAIN Purwokerto.
Mustapa, Akhmad dkk. 2019. “Strategi Kepala Sekolah dalam Menciptakan Budaya Religius di SMK Negeri 1 Samarinda”. Jurnal el-Buhuth. Vol. 1 No. 2.
Muthmainah, Ashfiya dkk. 2018. Pengelolaan Kegiatan Keagamaan Sebagai Upaya Menumbuhkan Spiritual Keagamaan Siswa di SMK N 1 Baleendah. Jurusan PAI. Bandung: Universitas Islam Bandung.
Noor, Zulki Zulkifli. 2015. Metodologi Pnelitian Klualitatif dan Kuantatif. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.
Pelani, Herman, Bahaki Rama dan Wahyuddin Naro. 2018. “Kegiatan Keagamaan sebagai Pilar Perbaikan Perilaku Narapidana diLembaga Pemasyarakatan Wanita Kelas IIA Sungguminasa Gowa”. Jurnal Diskursus Islam Vol. 06 No.3.
Rahayu, Wiranti dkk. 2019. “Analisis Program Kegiatan Keagamaan Terhadap Peningkatan Akhlak Siswa (studi Kasus MtsN Kota Bogor”. Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar. Vol. 2 No. 1.
Rahman, Junaidi Taufiqur. 2021. “Optimalisasi Kegiatan Prapembelajaran dalam Menciptakan Suasana Religius”. Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam Vol. 5 No. 2.
Rahmawati, Ulfa. 2016. “Pengembangan Kecerdasan Spiritual Santri: Studi terhadap Kegiatan Keagamaan di rmah TahfizQu Deresan Putri Yogyakarta”. Jurnal Penelitian. Vol. 10 No. 1.
Rijali, Ahmad. 2018. “Analisis Data Kualitatif”. Jurnal Alhadharah. Vol. 17 No. 33.
Sahlan, Asmaun. 2010. Mewujudkan Budaya Religius di Sekolah Upaya Mengembangkan PAI dari Teori Aksi. Malang: UIN MalikiPress.
Saleh, Khairul. 2013. “Penciptaan Suasana Religius di Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Saarinda”. Jurnal Fenomena. Vol. V No. 1.
Sarwon, Jonathan. 2018.Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Edisi 2. Yogyakarta: Suluh Media.
Simanjuntak, Bungaran Antonius dan Soedjito Sosrodihardjo. 2014. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Siyoto, Sandu dan Ali Sodik. 2015.Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
STAIN Pekalongan,. 2013. Pedoman Penulisan Skripsi Program Strata 1 STAIN Pekalongan. Pekalongan: STAIN Press.
Suprapno. 2018. Budaya Religius sebagai Sarana Kecerdasan Spiritual. Malang:Literasi Nusantara.
Syukri, Icep Irham Fauzan, Soni Samsu Rizal, M. Djaswidi Al Hamdani. 2019. “Pengaruh Kegiatan Keagamaan terhadap Kualitas Pendidikan”. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam Vol. 7 No. 1.
Wahyuni, Indar. 2022. “Peningkatan Religiusitas melalui Kegiatan Keagamaan Bagi Siswa Madrasah Aliyah”. Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol. 1 No. 1.
23SK2321098.00 | SK PAI 23.098 IKE p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain