SKRIPSI PAI
Pengaruh Perhatian Orang Tua Rantau Terhadap Pendidikan Islam Anak di Desa Susukan Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang
Kata Kunci : Perhatian Orang Tua Rantau, Pendidikan Islam Anak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa perhatian orang tua dapat mempengaruhi pendidikan Islam anak. Perhatian orang tua merupakan salah satu faktor penting dalam proses pendidikan anak termasuk pendidikan Islam anak, Oleh karena itu, sebagai orang tua harus terus memberikan perhatian kepada anak meskipun berada jauh dari anak. Kurangnya perhatian terhadap pendidikan anak akan mengakibatkan proses pendidikan anak kurang optimal dan akhirnya pendidikan Islam anakpun akan berjalan kurang baik. Untuk menjamin pendidikan anak yang baik maka anak harus mempunyai perhatian yang cukup dari orang tua. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana tingkat perhatian orang tua rantau dan pendidikan Islam anak di Desa Susukan Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang, serta untuk mengetahui apakah ada pengaruh perhatian orang tua rantau terhadap pendidikan Islam anak di Desa Susukan Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah anak-anak yang ditinggal merantau orang tuanya di Desa Susukan Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang yang berjumlah 32 anak. Penelitian ini menggunakan penelitian populasi karena jumlah populasinya kurang dari 100. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dengan pengukuran skala likert, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukan 1) Tingkat perhatian orang tua rantau di Desa Susukan Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang termasuk dalam kategori baik. Hal ini dapat diketahui dari hasil perhitungan angket yang berada pada interval kelas 31-33. 2) Tingkat pendidikan Islam di Desa Susukan Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang termasuk dalam kategori baik. Hal ini dapat diketahui dari hasil perhitungan angket yang berada pada interval kelas 31-33. 3) Ada pengaruh antara perhatian orang tua rantau dengan pendidikan Islam anak dibuktikan dengan hasil uji determinasi didapatkan nilai R atau koefisien sebesar 0,288. Hal ini menunjukkan bahwa variabel perhatian orang tua rantau berpengaruh sebesar 28,8% terhadap tingkat pendidikan Islam anak, sedangkan 71,2% disebabkan oleh unsur lain.
DAFTAR PUSTAKA :
AC, Garry Dimas. 2001. Budaya Merantau Pada Suku Di Indonesia. Johor Baru: Universitas Melaka.
Ali, Mohammad Daud. 2008. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Grafindo
Anwar, Choirul. 2014. Hakikat Manusia dan Pendidikan. Yogyakarta: SUKA-Press.
Arikunto, Suharsimi. 1999. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Cet, 15
Asmani, Jamal Ma’mur. 2013. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.
Dakir. 2007. Dasar-dasar Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Daradjat, Zakiah. 1994. Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah. Cet.1. Jakarta: Rineka Cipta
Daradjat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam. 2012. Jakarta: Bumi Aksara. Cet. X, 2.
Daulay, Haidar Putra. 2010. Pendidikan Islam; dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Jakarta. Kencana.
Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. 2010. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2009. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2014. Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga Upaya membentuk Citra Membentuk Pribadi Anak. Jakarta. Rineka Cipta.
Firmanyah, Ata. 2020. Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Peningkatan Akhlak Anak. ALIM Journal Of Islamic Education. Volume 2 (1)
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program (IBM SPSS). Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Edisi 8
Hamid, Abdul, dkk. 2021. Dampak Perkembangan Pendidikan Anak Keluarga TKW di Probolinggo. Probolinggo. Jurnal Al-Muadib. Vol. III, No. 2, Oktober 2021.
Hasan, Fuad. 2008. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Hermawati. 2014. Pendidikan Keluarga Teoritis dan praktis. Bandung: PT Persada Rosdakarya
Indrianto, Nino. 2012. Pendidikan Agama Islam Interdispliner Untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Deepublish
Iskandar. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: Referensi. Cet. 5
Jejak Pendidikan. 2021. Bentuk-Bentuk Perhatian Orang Tua. http://www.jejakpendidikan.com/2018/01/bentuk-bentuk-perhatian-orang tua.html?m=1 (Di akses pada 13 September 2021)
Kahar, Abdul. 2019. Pendidikan Ibadah Muhammad Hasbi Ash-Shiddieqy. Bogor. TAWAZUN Jurnal Pendidikan Islam. Vol.12. No.1. Juni 2019.
Khusni, Moh Faisol. 2018. Fase Perkembangan Anak dan Pola Pembinaannya Dalam Prespektif Islam. Martabat Jurnal Perempuan dan Anak. Vol. 2, No. 2, Desember 2018
Mahmud, Ali Abdul Halim. 2004. Tarbiyah al-Khuluqiyah. Jakarta: Gema Insani
Mansur. 2011. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nasution, Thamrin dan Nurhalijah Nasution. Peranan Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia.
Nata, Abudin. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Prenada Group
Nurmantyas, Muhfaris dan Sri Adi Widodo. Hubungan Antara Perhatian Orang Tua, Kemampuan Awal, dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia.
Priyatno, Duwi. 2013. Mandiri Belajar Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom.
Priyatno, Duwi. 2017. Panduan Praktis Olah Data Menggunakan SPSS. Yogyakarta: Andi.
Purwanto, M. Ngalim MP. 2009. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya Offfset.
Qomar, Mujamil, dkk. 2003. Meniti Jalan Pendidikan Islam. Yogyakarta: P3M STAIN Tulungagung dan Pustakaka Pelajar.
Wardah, Amil Cholisna. 2018. Pengaruh Perhatian Orangtua Terhadap Karakter Anak Desa Gunungteguh Sangkapura Bawean. TADRISUNA Jurnal Pendidikan Islam dan Kajian Keislaman
Saebani, Beni Ahmad dan Abdul Hamid. 2004. Ilmu Akhlak. Bandung: Pustaka Setia Mahmud, Ali Abdul Halim. 2004. Tarbiyah al-Khuluqiyah. Jakarta: Gema Insani.
Saputri, Rafy. 2009. Psikologi Islam Tuntunan Jiwa Manusia Modern. Jakarta: Rajawali Press
Sarwono, Sarlito W. 2010. Psikologi Remaja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Soemanto, Wasty. 2013. Psikologi Pendidikan. Malang: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Cet. 5
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta
Sukardi. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Suryabrata, Sumadi. 2013. Metodologi Penelitian. Jakarta. Pt Raja Grafindo Persada
Suryabrata, Sumadi. 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Syafe’i, Imam. 2015. Tujuan Pendidikan Islam. Lampung: Al-Tadzkiyyah Jurnal Pendidikan Islam. Volume 6 November
Uhbiyati, Nur. 2013. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan Islam. Semarang: PT. Pustaka Rizki Putra
Yanto. 2020. Persepsi Orang Tua Rantau Terhadap Pendidikan Anak, Jurnal Al- Irfan. Vol.3. No.1. Maret 2020
Yusuf, A. Muri. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
23SK2321093.00 | SK PAI 23.093 VAL p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain