SKRIPSI PAI
Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama di Pondok Pesantren Salafiyah Kauman Pemalang
Kata Kunci : Nilai Moderasi Agama, Pondok Pesantren.
Sebagai lembaga pendidikan Islam, tantangan pondok pesantren kini semakin besar. Adanya pergeseran budaya, kenakalan, remaja, sikap intoleran, hingga kepedualian antar umat semakin memudar. Pondok pesantren sebagai lembaga pembentuk karakter generasi bangsa memiliki tugas dalam penanaman nilai-nilai moderasi beragama.
Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Apa saja nilai-nilai moderasi beragama di pondok pesantren salafiyah kauman Pemalang? (2) Bagaimana metode penanaman nilai-nilai moderasi beragama di pondok pesantren salafiyah kauman Pemalang? (3) Apa saja faktor penghambat dalam menanamkan nilai moderasi beragama di pondok pesantren salafiyah kauman Pemalang?.
Tujuan Penelitian ini untuk (1) Mendeskripsikan apa saja nilai-nilai moderat yang ditanamkan di pondok pesantren Salafiyah Kauman Pemalang. (2) mendeskripsikan metode penanaman nilai-nilai moderasi beragama di pondok pesantren Salafiyah Kauman Pemalang (3) Menjelaskan faktorpenghambat dalam menamkan nilai-nilai moderasi beragama di pondok pesantren Salafiyah Kauman Pemalang. Metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dengan informan Kyai dan Para Asatidz. Teknik analisis data yang digunakan model Miles & Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi.
Hasil dari penelitian ini (1) Analisis nilai-nilai moderasi beragama di pondok pesantren salafiyah kauman diantaranya : mengambil jalan tengah (tawwasuth), sikap tegak lurus (i’tidal), toleran atau ramah pada perbedan, berunding (musyawarah), kebiasaan untuk ishlah, kepeloporan (qudwah), cinta tanah air (muwathanah), anti kekerasan, dan ramah terhadap budaya. (2) Metode dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama antara lain: metode pengajaran, metode pembiasaan, metode keteladanan. (3) Faktor penghambat dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama antara lain: masifnya gerakan radikalisme agama dan kurangnya sikap kritis dan menyaring informasi oleh santri remaja.
DAFTAR PUSTAKA :
Amin, Abd. Rauf Muhammad, 2014. Prinsip dan Fenomena Moderasi dalam Tradisi Hukum Isla. Jurnal Al-Qalam.
Anggito, Albi. dan Johan Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi. CV Jejak.
Anshari , M. Redha, dkk. Moderasi Agama di Pondok Pesantren. Yogyakarta : K-Media.
Arza, Azyumardi. Reformasi Pendidikan Islam: Sebuah Pengantar dalam buku Marwan Sanidjo, Jakarta: Departemen Agama.
Departemen Agama RI, 2003. Pondok Pesantren Dan Madrasah Diniyah Pertumbuhan Dan Perkembangannya. Jakarta : Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.
Dimyati, Johni. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan Dan Aplikasinya Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.
Djamaluddin dkk, 1999. Capita Selecta for Islamic Education. Bandung. Pusaka Setia.
Fahri, Mohammad. & Ahmad Zainuri. 2019. Moderasi Beragama di Indonesia,Jurnal Intizar.
Firmansyah, dkk. 2020. Menumbuhkan Nilai Moderasi Beragama.
Galba, Sindu. 1999. Pesantren Sebagai Pusat Komunikasi. Jakarta: PT Renika Cipta.
Hasbullah, Mushaddad, dkk. 2013. Wasatiyah Sang Penggerak Peradaban Negara. Negeri Sembilan Institut Wasatiyyah Malaysia.
Hasyim, Bani. 2021. Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Skripsi PAI UIN Sultan Maulana Hasanudin Kementerian Agama RI, 2019. Moderasi Beragama, Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.
Kuntowijoyo, 2004. Islam sebagai Ilmu: Epistemologi, Metodologi dan Etika Yogyakarta: Teraju.
Mahmud, 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Makskuri. 2020. Mengembangkan Moderasi beragama. Jurnal Pendidikan Agama Islam.
Masturaini, 2021. Menanamkan Nilai-Nilai Moderasi Beragama di Pondok Pesantren ( Kajian Pondok Pesantren Shohifatusshofa NW Rawamangun, Kecamatan Sukamaju, Kabupaten Luwu Utara). Palopo: IAIN Palopo.
Nahrowi, 2008 Amiruddin. Pembaruan Pesantren. Yogyakarta: Gama Media. Nastuhu, Lihat. 1994. Dinamika Sistem Pendidikan Pondok Pesantren; Kajian Unsur dan Nilai Sistem Pendidikan Pondok Pesantren. Jakarta: INS.
Nata, Abuddin. 2016. Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.
Noor, Mahpuddin. 2006. Potret Dunia Pondok Pesantren, Bandung: Humaniora. Nur , Afrizal dan Mukhlis, 2015.. Konsep Wasathiyah dalam Al-Qur’an: (Studi Komparatif antara Tafsir At-Tahrir Wa At-Tanwir dan Aisar At-Tafsir., Jurnal An-Nur.
Nurotun Mumtahanah, 2015. Pengembangan Sistem Pendidikan Pesantren dalam meningkatkan profesionalisme santri. Jurnal Al-Hikmah.
Patilimz, Hamid. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. Alfabeta
Prastowo, Andi . 2014. Metode Kualitatif Dalam perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media.
Putra, Nusa dan Santi Lisnawati, 2012. Penelitian Kualitatif Pendidikan Agama Islam, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rahmawati, Fika. 2021. Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Melalui Kegiatan Mengaji Al-Qur’an Di TPQ Nurul Khikmah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin Adab dan Dakwah.
Sampurna, Putranta Cahaya. 2022. Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama Bagi Santri Ma;Had Al-Jami’ah IAIN Ponorogo. Skripsi PAI IAIN Ponorogo.
Sari, Anjeli Aliya Purnama. 2021. Penerapan nilai-nilai moderasi beragama pada pendidikan anak usia dini melalui pendidikan agama islam. Skripsi PAI. IAIN Bengkulu.
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D Bandung: Alfabeta.
Untung, Slamet. 2019. Metodologi Penelitian. Yogyakarta. Litera
Yasid, Abu . 2014. Islam Moderat . Jakarta : Erlangga.
23SK2321085.00 | SK PAI 23.085 NOV p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain