SKRIPSI PAI
Kritik Praktik Pendidikan Perguruan Tinggi di Indonesia Menurut Novel Kami (Bukan) Sarjana Kertas Karya J.S. Khairen Dan Relevansinya Pada Pendidikan Islam
Kata kunci: kritik, perguruan tinggi, novel.
Perguruan tinggi memiliki fungsi strategis dalam menggali dan mengembangkan potensi manusia untuk diasah dan berkembang menjadi individu berkualitas. Seiring berjalannya waktu, kehadiran perguruan tinggi justru mendapat banyak tantangan yang tentunya kian kompleks. Tidak sedikit pula terdapat banyak kritikan yang dilontarkan oleh mereka terkait kebijakan-kebijakan yang terjadi didalam perguruan tinggi. Banyak cara yang dapat dilakukan seseorang dalam mengkritik praktik pendidikan terutama perguruan tinggi, yang salah satunya bisa dalam bentuk karya sastra berupa novel. Novel yang ditulis oleh pengarang berusaha mengungkapkan apa yang pernah ia alami atau rasakan dalam berbagai peristiwa yang akan coba ia tuangkan didalamnya.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja kritik praktik pendidikan perguruan tinggi di Indonesia dalam novel Kami (Bukan) Sarjana Kertas karya J.S. Khairen? Apa relevansi kritik praktik pendidikan perguruan tinggi di Indonesia dalam novel Kami (Bukan) Sarjana Kertas karya J.S. Khairen pada pendidikan Islam? Tujuan penelitiannya adalah Untuk mendeskripsikan kritik praktik pendidikan perguruan tinggi di Indonesia dalam novel Kami (Bukan) Sarjana Kertas karya J.S. Khairen dan untuk mendeskripsikan relevansi kritik praktik pendidikan perguruan tinggi di Indonesia dalam novel Kami (Bukan) Sarjana Kertas karya J.S. Khairen pada pendidikan Islam.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research) dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode studi pustaka. Adapun data yang telah diperoleh dianalisis dengan menggunakan model deskriptif dan content analysis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kritik praktik pendidikan perguruan tinggi di Indonesia menurut novel Kami (Bukan) Sarjana Kertas karya J.S. Khairen di antaranya adalah: praktik bullying dalam kegiatan pengenalan kampus (ospek), komersialisasi pendidikan, mahasiswa yang lulus hanya bermodalkan ijazah, dosen memerlukan inovasi dan kreativitas dalam mengajar, gelar sarjana hanya sebuah kertas, esensi universitas membangun jiwa, mental pemimpin, dan kepekaan terhadap lingkungan dan masyarakat, dosen yang masih gagap teknologi, skripsi bukan lagi ajang mempertahankan argumentasi ilmiah, penyalahgunaan narkoba di kalangan mahasiswa, adanya perguruan tinggi harus mampu mengoptimalkan SDM, dan demo mahasiswa yang akhir-akhir ini kurang berbobot.
DAFTAR PUSTAKA :
Buku :
Abidin, Yunus. 2013. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.
Afriantoni dkk. 2016. Isu-Isu Kritis dalam Pendidikan Tinggi. Sleman : Deepublish.
Almaududi, Abu A’la. 2005. Hak-Hak Asasi Manusia Dalam Islam, Penerjemah Bambang Iriana Djajatmadja. Jakarta: Bumi Aksara.
Al-Nahlawy, Abdul al-Rahman. 1979. Ushul al-Tarbiyah al-Islamiyah wa Asalibuha fi al-Bait wa al-Madrasah wa al-Mujtama. Damaskus : Dar al-Fikr.
Al-Uqshari, Yusuf. 2007. Asy-Syakhshiah al-Mubdi’ah: Khaifa Tushbihu Mubdi’ah fi Tafkirika. Semarang: Pustaka Nuun.
Arifin, Zaenal. 2011. Penelitian Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Azizi, Noer. 2012. Konsep Interaksi Edukatif Antara Guru dan Murid Perspektif KH. Hasyim Asyari. Tesis, Univeristas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Azra, Azyumardi dan Idris Thaha. 2020. Membebaskan pendidikan Islam, Cetakan ke-1. Rawamangun, Jakarta: Kencana.
Azra, Azyumardi. 2012. Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Millenium III, II, vol. I. Jakarta: Kencana.
Bagus, Loren. 2015. Kamus Filsafat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Basry, Faisal. 2002. Perekoniman Indonesia. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Buseri, Kamrani. 2016. Dasar, Asas, dan Prinsip Pendidikan Islam. Yogyakarta : AswajaPressindo.
Daradjat, Zakiah dkk. 2014. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Bumi Aksara.
Darmaningtyas. 2004. Pendidikan yang Memiskinkan. Yogyakarta: Galang Press.
Daulay, Haidar Putra. 2014. Pendidikan Islam dalam Perspektif Filsafat. Jakarta: Prenadamedia Group.
Departemen Agama Republik Indonesia. Al-Qur‘an dan Terjemahan. Jakarta: Syamil Cipta Media.
Fajar, M.N. 2010. Mahir Menulis Resensi Buku Sastra. Jakarta: Horizon.
Fatmawati, Nurul. 2020. Kritik Sosial Terhadap Sistem Pendidikan Dalam Novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata (Sebuah Tinjauan Sosiologi Sastra). Undergraduate Thesis Fakultas Ilmu Budaya. Semarang : Universitas Diponegoro.
Fitrah, Muhammad dan Luthfiyah. 2017. Metodologi Penelitian : Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas, dan Studi Kasus. Sukabumi : CV. Jejak.
Fitrianingsih, Dewi. 2011. Kritik Pendidikan Dalam Simbolisasi Film (Sebuah Kajian Analisis Semiotik Dalam Film Sang Pemimpi). Skripsi Komunikasi Bidang Studi Broadcasting. Jakarta : repository Universitas Mercu Buana.
Gasong, Dina. 2018. Kritik Sastra. Sleman : Deepublish.
Hanafi, Halid dkk. 2019. Ilmu Pendidikan Islam. Sleman : Deepublish.
Hendy, Zaidan. 1993. Kasusastraan Indonesia Warisan yang Perlu Diwariskan 2. Bandung : Angkasa.
Istiarti, Tinuk dkk. 2002. Hanifa Maherdani, Cahaya Tri Purnami, Buku Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan Skripsi. Semarang : Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro.
Indonesia. Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Lembaran Negara RI Tahun 2012 Nomor 158. Sekretariat Negara. Jakarta.
Indra P, I Made dan Ika Cahyaningrum. 2019. Cara Mudah Memahami Metodologi Penelitian. Sleman : Deepublish.
Kementrian Pendidikan RI. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) dan Penjelasannya. Jogjakarta : Media Wacana Press.
Khairen, Jombang Santani. 2019. Kami (Bukan) Sarjana Kertas. Jakarta : PT. Bukune Kreatif Cipta.
Mahmud. 2019. Manajemen Pendidikan Tinggi Berbasis Nilai-Nilai Spiritualitas. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Maksum, Ali dan Lilik Yunan Ruhaidi. 2014. Pendidikan Universal di Era Modern dan Post-Modern Mencari “Visi Baru” Atas “Realitas Baru” Pendidikan Kita. Yogyakarta: Ircisod.
Maududi, Abu A’la. 1985. Hak Asasi Manusia Dalam Islam. Bandung: Pustaka.
Nafisyah, Azizatun. 2021. Nilai Edukatif Dalam Novel Kami (Bukan) Sarjana Kertas Karya Jombang Santani Khairen Tinjauan Sosiologi Sastra. Skripsi. Jember : Universitas Muhammadiyah Jember.
Nata, Abuddin. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Prenadamedia Group.
Neolaka, Amos. 2019. Isu-Isu Kritis Pendidikan : Utama dan Tetap Penting Namun Terabaikan. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.
Nizar, Muhammad. 1998. Metodologi Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Pamungkas, Sri. 2012. Bahasa Indonesia dalam Berbagai Perspektif. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Partanto, Pius A. dan M.Dahlan Al-Barry. 1994. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya : Arloka.
Poespowardojo, T.M. Soerjanto dan Alexander Seran. 2016. Disukursus Teori-Teori Kritis (Kritik atas Kapitalisme Klasik, Modern, dan Kontemporer). Jakarta : PT. Kompas Media Nusantara.
Postman, Neil. 2001. Mengajar Sebagai Aktivitas Subversif, I. Yogyakarta: Jendela.
Postman, Neil. 2020. Matinya Pendidikan (Redefinisi Nilai-Nilai Sekolah), II, II, II. Yogyakarta: Immortal Publishing.
Purariyani, Elok Dwi. 2012. Kritik Sosial Terhadap Sistem Pendidikan Formal di Indonesia : Kajian Sosiologis atas Novel Catatan Seorang Novelis karya Maia Rosyida. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia.
Semarang : Universitas Diponegoro.
Raharjo, Hafid Purwono. 2018. Analisis Karya Sastra. Sukoharjo : CV. Sindunata.
Raharjo, Hafid Purwono dan Eko Wiyanto. 2017. Mengenal Struktur Pembangunan Karya Sastra. Sukoharjo : CV. Sindunata.
Rochman, dkk. 2007. Rujukan Filsafat, Teori dan Praksis Ilmu Pendidikan. Bandung: UPI Press.
Salim, Mohammad Hailami dan Syamsul Kurniawan. 2012. Studi Ilmu Pendidikan Islam. Sleman : Ar-ruzz Media.
Samsuddin. 2019. Buku Ajar Pembelajaran Kritik Sastra. Sleman : Deepublish.
Semi, Atar. 2013. Kritik Sastra. Bandung : Penerbit Angkasa.
Shaull, Richard. 2013. Prawacana dalam Paulo Freire, Pendidikan Kaum Tertindas. Jakarta : LP3ES.
Sidi, Indra Djati. 2001. Menuju Masyarakat Belajar: Menggagas Paradigma Baru Pendidikan. Jakarta : Paramadina.
Soegiarto, Eddy. 2018. Metodologi Penelitian dan Penulisan Ilmiah. Jakarta : Indocamp.
Sudaryono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta : Prenadamedia Group.
Suharto, Edi. 2009. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung; Refika Aditama.
Syafril, dan Zelhendri Zen. 2017. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.
Tarigan, Henry Guntur. 1984. Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung : Angkasa Bandung.
Tilaar, H.A.R. 2016. Manifesto Pendidikan Nasional. Jakarta : Penerbit Buku Kompas.
Tobroni. 2008. Pendidikan Islam : Paradigma Teologis, Filosofis, dan Spritualitas. Malang : UMM Press.
Uno, B. Hamzah. 2007. Profesi Kependidikan, Problematika, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara.
Wardhani, Rulyanti Susi dan Suhdi. 2020. Tata Kelola Perguruan Tinggi. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.
Widiasworo, Erwin. 2017. Inovasi Pembelajaran Berbasis Life Skill & Entrepreneurship. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Yasid, Abu. 2005. Fiqh Realitas; Respon Ma’had Aly terhadap Wacana Hukum Islam Kontemporer (Cet. I). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yasmadi. 2002. Modernisasi Pesantren : Kritik Nurcholish Madjid Terhadap Pendidikan Islam Tradisional. Jakarta: Ciputat Press.
Yusanto, Ismail. 2002. Menggagas Bisnis Islam. Jakarta: Gema Insani Press.
Yusuf, A Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta : PrenadaMedia Group.
Zed, Mestika. 2004. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta : Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Jurnal :
Afifah, Nurul. 2015. “Problematika Pendidikan di Indonesia (Telaah dari Aspek pembelajaran)”. Jurnal Elementary Vol. I Edisi 1.
Alparizi, Patur Ach. Nurholis Majid. 2022. “Pendidikan Emansipatoris Dalam Prespektif Paulo Freire dan Muhammad Abduh,” JIP (Jurnal Inovasi Pendidikan) 1, no. 9.
Aminati, Arfiani Yulia dan Budi Purwoko. 2013. “Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori dan Praktik Resolusi Konflik Interpersonal”. Jurnal BK UNESA Vol. 3 No. 1.
Anwas, Oos M. 2011. “Kuliah Kerja Nyata Tematik Pos Pemberdayaan Keluarga Sebagai Model Pengabdian Masyarakat Di Perguruan Tinggi”. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 17, Nomor 5.
Arsyad, Azhar. 2014. “Universitas Islam: Integrasi dan Interkoneksitas Sains dan Ilmu Agama Menuju Peradaban Islam Universal”. Jurnal Tsaqafah, Volume 2, Nomor 2.
Darwis, Maidar. 2015. “Kompetensi Lulusan (Out-put) Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) dalam Menghadapi Era Globalisasi”. Jurnal FITRA, Vol. 1, No. 2.
Fadhlullah, Irfan. 2017. “Kritik atas Pemikiran Humanisme Pendidikan John Dewey”. Jurnal el-Buhuth, Volume 2, No 1.
Habibah, Sulhatul. 2019. “Kritik dan Komentar Pendidikan Esensialis”. Al-riwayah: Jurnal Kependidikan, Volume 11, Nomor 1.
Halim, Syaflin. 2019. “Rehabilitasi Bagi Pengguna Narkoba Dalam Pandangan Hukum Islam”. Jurnal Menara Ilmu Vol. XIII No.4.
Harto, Kasinyo. 2018. “Tantangan Dosen PTKI di Era Industri 4.0”. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Volume 16, No.1.
Hasnadi. 2019. “Perencanaan Sumber Daya Manusia Pendidikan”. Jurnal Bidayah: Volume 10, No. 2.
Ibrahim, Teguh dan Ani Hendriani. 2019. “Kajian Reflektif Tentang Etika Guru Dalam Prespektif Ki Hajar Dewantara Berbalut Filsafat Moral Utilitarianisme” Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia I, no. I.
Ifna, Ruhaisal dkk. 2020. “Peran UKM Berbasis Entrepreneur Dalam Upaya Penanggulangan Pengangguran Terdidik”. Jurnal Mirai Management Volume 5 No.1.
Jauhari, Edi. 2018. “Alat-alat Kesantunan Kritik dalam Masyarakat Jawa Surabaya: Kajian Pragmatik”. Mozaik Humaniora Vol. 18 No. (2).
Karim, Bisyri Abdul. 2020. “Pendidikan Perguruan Tinggi Era 4.0 Dalam Pandemi Covid-19 (Refleksi Sosiologis)”. Education and Learning Journal Vol. 1, No. 2.
Martono, Nanang. 2010. “Kritik Sosial Terhadap Praktik Pendidikan Dalam Film “Laskar Pelangi”. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 16, Nomor 3 FISIP Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto.
Novianti, Hasmi. 2019. “Kritik Sosial dalam Novel Tak Sempurna Karya Fahid Djibran Tinjauan Sosiologi Sastra”. Jurnal Inovasi Pendidikan vol. 6. No 1.
Nurlailiyah, Aris. 2015. “Kritik Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan terhadap Pendidikan Segregasi, Pendidikan Inklusif, dan Pendidikan Integrasi (Studi Pendidikan di Perguruan Tinggi Yogyakarta)”. An-Nûr Jurnal Studi Islam, Vol. VII No. 2.
Nuryatno, Muhammad Agus. 2017. “Kritik Budaya Akademik di Pendidikan Tinggi.”. The Journal of Society & Media Vol. 1 No.1.
Panjaitan, Johanes Kornelius dan Juanda Manullang. 2022. “Relevansi Pendidikan Kritis Henry Giroux dengan Pendidikan Agama Kristen di Indonesia”, Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 4 No 1.
Ramadhansyah, Muhammad dan Mohamad Ali. 2019. “Pendidikan Kritis Dalam Pandangan Mansour Fakih”. Jurnal ISEEDU Volume 3, Nomor 1.
Riskina dkk. 2005. “Gencet-gencetan” di Mata Siswa/Siswi Kelas 1 SMA: Naskah Kognitif tentang Arti, Skenario, dan Dampak ”Gencet-gencetan”. Jurnal Psikologi Sosial 12 (01).
Rustiawan, Hafid. 2015. “KomersiaIisasi Pendidikan (Analisis Pembiayaan Pendidikan)”. Tazkiya Jurnal Keislaman, Kemasyarakatan dan Kebudayaan Vol. 16 No. 1.
Wardhani, Novia Wahyu dan Margi Wahono. 2017. “Keteladanan Guru Sebagai Penguat Proses Pendidikan Karakter” Untirta Civic Education Journal 2, no. 1.
Wibisono, Eric. 1999. “Tinjauan Atas Paradigma Kualitas dalam Pendidikan Tinggi di Indonesia”. Jurnal Unitas Vol. 7 No.2.
Zainiyati, Husniyatus Salamah. 2014. “Filsafat Pendidikan Barat dan Islam: Perspektif Perbandingan (Tinjauan Dari Sudut Tujuan dan Fungsi Pendidikan)”. Jurnal Wacana Vol IV . No. 2.
Zubaedi. 2015. “Urgensi Pendidikan Kewirausahaan di Kalangan Mahasiswa PTKI”. Jurnal Madania Vol. 19, No. 2.
Zuriah, Nurul dkk. 2016. “IbM Guru dalam Pengembangan Bahan Ajar Kreatif Inovatif Berbasis Potensi Lokal ”. Jurnal Dedikasi Volume 13.
Internet :
https://m.kumparan.com/amp/millennial/qna-j-s-khairen-soal-minat-baca-milenial-dan-fenomena-sarjana-kertas-1qFRqspB6nL, diakses pada tanggal 23 Desember 2021 pukul 09.55 WIB.
23SK2321083.00 | SK PAI 23.083 MOC k | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain