SKRIPSI PGMI
Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Formal Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SD N 11 Mulyoharjo Pemalang
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya hasil belajar siswa yang bervariasi, mulai dari adanya dorongan stimulasi tindakan anak, adanya gairah anak yang merasa senang dan semangat serta tertantang dalam kegiatan pembelajaran di kelas, bahkan timbul perasaan ketidaksukaan terhadap pembelajaran dikelas. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil akademik siswa adalah motivasi belajar yang dimiliki oleh setiap individu. Banyak yang mempengaruhi motivasi belajar siswa, selain dari faktor internal terdapat juga faktor eksternal. Hal ini menimbulkan keluarga, terutama peran orang tua memegang andil dalam mendorong motivasi belajar siswa. Tingkat pendidikan orang tua secara sadar mempengaruhi pola asuh dan pola didik terhadap anaknya. Demikian juga hasil dari cara mendidik anak pun sangat bervariasi ragamnya. Mulai dari yang sangat peduli terhadap masalah anak, ada yang hanya cukup peduli, bahkan ada yang sangat tidak peduli terhadap perkembangan anak. Berdasarkan latar belakang di atas, maka peneliti akan memaparkan beberapa masalah yaitu: 1) Bagaimana latar belakang pendidikan orang tuanya?, 2)Bagaimana motivasi belajar siswanya?, 3) Adakah Pengaruh latar belakang pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar siswa di sana?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pendidikan orang tua, motivasi belajar siswa, dan seberapa pengaruhnya latar belakang pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar siswa di SD N 11 Mulyoharjo Pemalang. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi sumbangan dibidang ilmu pengetahuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD N 11 Mulyoharjo Pemalang dengan sampel berjumlah 37 siswa pada kelas VI dan kelas V. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dengan pengukuran skala likert dan dokumentasi. Untuk teknis analisis datanya menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil peneilitian ini, menunjukan: 1) Latar belakang tingkat pendidikan orang tua di SD N 11 Mulyoharjo ini masuk ke dalam kategori cukup. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan berdasarkan dari besarnya rata-rata perolehan skor angket tingkat pendidikan orang tua sebesar 3,51 yang terletak pada interval lebih dari 3,33. 2) Motivasi belajar siswa di SD N 11 Mulyoharjo Pemalang ini masuk ke dalam kategorisasi baik, hal ini berdasarkan pehitungan rata-rata perolehan skor angket motivasi belajar siswa sebesar 48,32 yang terletak pada interval lebih dari xiii 41,25. 3) Berdasarkan uji t diperoleh tingkat signikfikan variabel latar belakang pendidikan orang tua (x) adalah 0,007 < 0,05 (signifikansi pada delta 5%) dan nilai thitung 47,416 >1.68957. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel latar belakang pendidikan orang tua berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil perhitungan R Square (R2) , koefisien disimbolkan dengan huruf R. nilai korelasi sebesar 0. 230 Pengujian koefisien determinasi atau R Square (R2 ) diperoleh hasil sebesar 0,770, artinya presentase sumbangan dari variable latar belakang pendidikan orang tua (X) terhadap motivasi belajar siswa (Y) sebesar 77% sedangkan 23% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitian ini.
23SK2323040.00 | SK PGMI 23.040 WIN p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain