SKRIPSI PGMI
Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Siswa pada Kelas VI Melalui Metode Tutor Sebaya di MII Karangsari Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan
Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika siswa melalui metode tutor sebaya yaitu dengan menambahkan jam mata pelajaran matematika saat pulang sekolah dengan memberikan pengerjaan perbaikan. Guru memberikan motivasi belajar agar siswa semangat dan ada kemauan untuk belajar matematika. Penggunaan alat peraga dalam proses pembelajaran matematika sangatlah diperlukan untuk menjelaskan konsep yang abstrak menjadi konkret. Kesulitan belajar merupakan salah satu masalah yang dihadapi siswa dalam proses pembelajaran. Setiap anak memiliki daya tangkap yang berbeda. Ada anak yang memiliki respon cepat dari luar tetapi ada yang lambat dalam menerima respon. Metode tutor sebaya merupakan suatu pembelajaran yang dilakukan dengan cara memperdayakan kemampuan siswa yang memiliki daya serap yang tinggi. Karena, saat guru sedang menyampaikan materi siswa-siswa yang daya serapnya rendah sehingga kurang memahami apa yang disampaikan guru tersebut. Untuk itu siswa tersebut mengajarkan materi pelajaran atau latihan kepada teman temannya yang belum paham atau memiliki daya serap yang rendah. Rumusan masalah pada penelitian adalah 1) Bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika siswa melalui metode tutor sebaya pada kelas VI di MII Karangsari Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan? 2) Apa faktor pendukung dan penghambat upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika siswa melalui metode tutor sebaya pada kelas IV di MII Karangsari Kecamatan Kabupaten Pekalongan? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika siswa melalui metode tutor sebaya pada kelas VI dan untuk meenganalisis faktor pendukung dan penghambat upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika siswa melalui metode tutor sebaya pada kelas IV di MII Karangsari Kecamatan Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan objek penelitian adalah siswa MII Karangsari dengan sumber primer yaitu guru kelas, guru matematika, dan siswa. Proses pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika siswa pada kelas VI melalui metode tutor sebaya di MII Karangsari Karanganyar yaitu guru memberikan motivasi agar siswa tetap semangat dalam belajar, mengatasi atau meminimalisir kesulitan belajar dengan menyiapkan segala sesuatu agar proses pembelajaran yang dilaksanakan berjalan viii dengan baik, efisien, dan efektif. Menggunakan alat peraga atau media pembelajaran yang sesuai dengan materi matematika, agar siswa lebih mudah mencerna infomasi dan rumus-rumus yang sedang dipelajarinya. Jika siswa mendapat nilai dibawah KKM maka akan dilakukan remidi sebagai perbaikan nilai. Sedangkan untuk faktor pendukung yang mendukung upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika siswa melalui metode tutor sebaya yaitu yang pertama siswa yang tadinya kurang paham dengan adanya metode tutor sebaya menjadi paham dan penggunaan media alat peraga. Faktor penghambat untuk upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika siswa melalui metode tutor sebaya yaitu kurangnya pengawasan guru, dan juga sikap acuh siswa.
23SK2323039.00 | SK PGMI 23.039 ARI u | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain