SKRIPSI PGMI
Implementasi Metode Global dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Menumbuhkan Keterampilan Membaca Kelas 1 di MIS Kadipaten Wiradesa Pekalongan
Penelitian ini dilatar belakangi karena siswa kelas 1 di MIS Kadipaten belum mempunyai keterampilan membaca yang baik. Hal tersebut disebabkan karena adanya beberapa siswa yang tidak menempuh Pendidikan kanak-kanak sebelum memasuki Pendidikan sekolah dasar, sehingga siswa belum bisa mengenali huruf dengan sempurna. Apabila hal tersebut dibiarkan saja, maka dapat menjadi penghambat bagi mata pelajaran yang lain. Berdasarkan latar belakang di atas, maka peneliti akan memaparkan beberapa rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimana implementasi metode global dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk menumbuhkan keterampilan membaca kelas 1 di MIS Kadipaten Wiradesa Pekalongan? 2) Apa saja faktor kendala dan solusi dalam mengimplementasikan metode global dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk menumbuhkan keterampilan membaca kelas 1 di MIS Kadipaten Wiradesa Pekalongan? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Pengumpulan data dari penelitian ini adalah dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi, dengan subyek dan sumber datanya yaitu kepala sekolah, siswa dan guru kelas 1 di MIS Kadipaten Kec. Wiradesa Kab. Pekalongan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Implementasi Metode Global Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Menumbuhkan Keterampilan Membaca Kelas 1 Di MIS Kadipaten Wiradesa Pekalongan terdapat 3 tahapan dalam melaksanakan pembelajaran yaitu: Perencanaan Pembelajaran. Meliputi guru terlebih dahulu mempersiapkan RPP, metode dan media pembelajaran dengan menyesuaikan materi yang akan diajarkan kepada siswa. Pelaksanaan pembelajaran. Terdapat 3 tahapan yaitu pertama, kegiatan pendahuluan (Meliputi mengucapkan salam kepada siswa, menanyakan kabar siswa, presensi, membaca doa untuk memulai pembelajaran, memberi tahu kepada siswa mengenai materi pembelajaran yang akan dipelajari hari ini, mengaitkan materi yang sebelumnya sudah dipelajari dengan materi yang akan dipelajari, menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai). Kedua, kegiatan inti (Peserta didik diajak untuk mengingat kembali susunan huruf abjad dengan menyanyikan lagu A,B,C. Kemudian menjelaskan dan membimbing siswa menggunakan langkah-langkah metode global dalam pembelajaran membaca dengan menggunakan bantuan media gambar). Dan ketiga, kegiatan penutup (guru memberikan tugas yang berupa soal sebagai penguat materi yang telah dipelajarinya, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya atau menyampaikan pendapatnya mengenai pelajaran yang telah dipelajari, guru memberikan tugas rumah dengan tujuan untuk xii mengetahui pemahaman siswa, dan menutup kegiatan akhir pembelajaran dengan doa). Kemudian evaluasi pembelajaran, dapat disimpulkan bahwa guru dalam mengevaluasi pembelajaran membaca dilakukan sebanyak 2 kali penilaian yaitu penilaian tes membaca untuk menumbuhkan keterampilan membaca dan pemberian penilaian pemahaman siswa dilakukan di akhir pembelajaran dengan tujuan sejauh mana siswa dapat memahami materi yang sudah diajarkan. 2) Faktor kendala dan solusi dalam mengimplementasikan metode global dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk menumbukan keterampilan membaca kelas 1 di MIS Kadipaten Wiradesa Pekalongan, faktor kendala tersebut dari siswa, guru kurang dalam mengelola kelas serta lingkungkungan sedangkan solusi untuk meminimalisir kendala diantaranya dengan meningkatkan minat membaca siswa, melakukan pendekatan individual kepada siswa serta sarana dan prasarana yang memadai
23SK2323036.00 | SK PGMI 23.036 RIZ i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain