SKRIPSI PGMI
Implementasi Reward dan Punishment dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MI Nurul Islam Banjaranyar Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal
Kemampuan setiap siswa untuk belajar merupakan karakteristik penting yang membedakan setiap individu dengan individu yang lainnya. Faktor yang mempengaruhi proses belajar siswa adalah faktor psikologis (kepribadian siswa) sehingga wajar jika siswa dalam suatu kelas memiliki berbagai macam karakteristik yang berbeda-beda antar siswa. Ada beberapa siswa yang rajin, ada yang siswa yang patuh terhadap guru, ada juga siswa yang sering melakukan pelanggaran baik yang di sengaja ataupun yang tidak disengaja. Perhatian perhatian dan motivasi merupakan salah satu syarat utama dalam proses belajar- mengajar. Tanpa adamya perhatian dan motivasi hasil belajar yang capai siswa tidak akan optimal, seorang guru dalam memberikan penguatan pada siswa yaitu dengan memberikan reward dan punishment, yang merupakan suatu cara dalam pendidikan yang berfungsi sebagai motivasi siswa dalam proses pembelajaran. Dari permasalahan tersebut penelitian ini fokus pada: (1) implementasi reward dan punishment dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Banjaranyar Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal, (2) faktor pendukung dan penghambat implementasi reward dan punishment dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Banjaranyar Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui implementasi reward dan punishment pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Banjaranyar, (2) untuk mengetahui factor pendukung dan penghambat impelementasi reward dan punishment pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Banjaranyar. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitan lapangan (field research) yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sedangkan analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Adapun hasil penelitian ini pertama Implementasi reward diberikan kepada siswa berprestasi dan berprilaku baik berupa kata pujian, tepuk tangan, dan hadiah, punishment sendiri ada untuk menertibkan aturan dalam kelas jika ada siswa melanggar akan diberikan punishment berupa teguran, pandangan sinis, dan hafalan surat pendek didepan. Kedua, faktor pendukung, adanya inisiatif guru, adanya kesadaran siswa, penggunaan alat media kemudian faktor penghambatnya, adanya siswa yang tidak sportif, sarana dan prasarana kurang lengkap, minimnya perhatian orang tua.
23SK2323035.00 | SK PGMI 23.035 TAU i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain