SKRIPSI PGMI
Implementasi Kelas Takhasasus dalam Membentuk Kedisiplinan dan Motivasi Menghafal Juz 30 Kelas 1 di MI Islamiyah Pringlangu 01 Pekalongan
Program kelas takhassus merupakan sebuah program khusus yang bertujuan untuk memfasilitasi anak yang hendak menghafal Al-Qur’an serta Diniyah langsung yang di masukkan dalam KBM setiap harinya, dalam program kelas takhassus ini siswa di wajibkan untuk menghafal dan menyetorkan bacaan ayat suci Al Qur’an secara berkala. Dalam menjalankan program ini, para siswa diharuskan menerapkan keteraturan dan kedisiplinan. Selain disiplin dalam menghafal Al Qur’an juga dibutuhkan motivasi. Namun dalam perjalanannya menerapkan kedisiplin dan motivasi dalam menghafal Al-Qur’an yang utamanya yaitu juz 30 ini tentunya terdapat faktor-faktor pendukung dan penghambatnya. Berdasarkan latar belakang di atas, maka dirumuskan permasalah berikut; 1) Bagaimana implementasi kelas takhassus dalam membentuk kedisiplinan dan motivasi menghafal juz 30 Kelas I di MI Islamiyah Pringlangu 01 Pekalongan, 2) Apa faktor penghambat dan pendukung dalam Implementasi Kelas Takhassus dalam membentuk kedisiplinan dan motivasi menghafal juz 30 Kelas I di MI Islamiyah Pringlangu 01 Pekalongan. Adapaun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi kelas takhassus dalam membentuk kedisiplinan dan motivasi menghafal juz 30 kelas I di MI Islamiyah Pringlangu 01 Pekalongan dan menganalisis apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam implementasi kelas takhassus dalam membentuk kedisiplinan dan motivasi menghafal juz 30 kelas I di MI Islamiyah Pringlangu 01 Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini dilakukan di MI Islamiyah Pringlangu 01 Pekalongan, metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan metode dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kelas takhassus di MI Islamiyah Pringlangu 01 Pekalongan sesuai dengan tahapan pengimplementasian kurikulum menurut Oemar Hamalik yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, dan berdasarkan tahapan tersebut implementasi ini terbukti dapat meningkatkan kedisiplinan dan motivasi siswa dalam menghafal juz 30. Serta untuk faktor penghambat dan pendukungnya yaitu, faktor penghambatnya peserta didik yang belum begitu lancar dalam membaca dan menghafalkan Al-Quran Juz 30 dan kurangnya waktu untuk kegiatan membaca dan menghafalan Al-Quran Juz 30, sedangkan faktor pendukungnya yaitu dukungan dari semua pihak baik kepala sekolah, wali kelas dan orangtua wali murid, Sarana prasarana yang mendukung, Tenaga pengajar yang kompeten, Antusiasme siswa saat pembelajaran.
23SK2323030.00 | SK PGMI 23.030 RIZ i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain