SKRIPSI PGMI
Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Metode Suku Kata Melalui Media Kartu Kata di Kelas 1 MI Salafifah Sengon Batang
Kemampuan membaca merupakan kemampuan dasar pada jenjang pendidikan dasar dan Sekolah Dasar merupakan satuan pendidikan yang memberikan kemampuan dasar tersebut. Namun, pada kenyataanya masih banyak peserta didik mengalami berbagai kesulitan dalam proses membaca pada kelas rendah terutama pada kelas 1 MI/SD.Terutama masalah kemampuan membaca permulaan di kelas 1 MI Salafiyah Sengon Batang. Berdasarkan latar belakang di atas, maka peneliti akan memaparkan beberapa masalah yaitu: 1) Bagaimana kemampuan membaca permulaan di kelas 1MI Salafiyah Sengon sebelum memakai metode suku kata melalui media kartu kata?, 2) Bagaimana penerapan metode suku kata melalui kartu kata terhadap kemampuan membaca permulaan di kelas 1MI Salafiyah Sengon ?, 3) Berapa persen peningkatan kemampuan membaca permulaan di kelas 1MI Salafiyah Sengon setelah menggunakan metode suku kata melalui media kartu kata?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan menggunakan metode suku kata melalui media kartu kata. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaborasi. Objek penelitian ini adalah siswa kelas 1 MI Salafiyah Sengon Batang dengan sampel berjumlah 22 siswa dengan kolaboratornya adalah wali kelas 1. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes unjuk kerja dan dokumentasi. Untuk teknis analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil peneilitian ini ,menunjukan bahwa kemampuan membaca peserta didik sebelumnya masih banyak yang belum lancar membaca pada tahap permulaan. Penerapan metode suku kata melalui media kartu kata dilaksanakan dengan beberapa langkah sesuai dengan jenis penelitian PTK dengan daur ulang siklus yang terdiri dari langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan(observasi) dan refleksi. penggunaan media suku kata melalui kartu kata dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Hal tersebut dibuktikan dari hasil setiap siklusnya mengalami kenaikan persentase Pada kondisi Pra siklus rata-rata ketercapaiannya sebesar 69,66% dan mengalami peningkatan sebesar 5,68% sehingga pada Siklus I mencapai 75,34% dan pada Siklus I sampai Siklus II mengalami peningkatan sebesar 7,41% sehingga pada Siklus II mencapai skor 82,75%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa dengan metode suku kata melalui media kartu kata dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan
23SK2323029.00 | SK PGMI 23.029 NUR p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain